Pemuda Pelopor Jabar Asal Ciamis, Lolos ke Tingkat Nasional

Pemuda Pelopor Jabar Asal Ciamis, Lolos ke Tingkat Nasional
Samsul Zuhri, pemuda pelopor Jabar asal Ciamis saat menggendong mesin perontok padi minimalis. Foto: Muhafid/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pemuda Pelopor Jawa Barat asal Desa Baregbeg, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Samsul Zuhri lolos seleksi di tingkat Provinsi Jawa Barat dan berhak masuk ke tingkat Nasional.

Zuhri lolos dari bidang inovasi teknologi, ia berhasil mengembangkan teknologi tepat guna berbasis kearifan lokal berupa perontok padi minimalis.

Kabid Kepemudaan dan Pramuka, Dinas Kebudayaan dan Olahraga Ciamis, Muharam Ahmad Zazuli mengucapkan selamat kepada Samsul Zuhri yang berhak melaju ke tingkat Nasional dalam pemuda pelopor Jawa Barat.

“Samsul lolos dan nanti di tingkat Nasional, pemuda asal Baregbeg, Lakbok itu akan melaju dan membawa nama provinsi Jawa Barat, untuk berkompetisi dengan provinsi lain di Indonesia,” ucapnya, Jumat (10/9/2021).

Baca Juga: Pemuda Pelopor Jabar Asal Ciamis Kembangkan Mesin Perontok Padi Minimalis

Menurutnya, teknologi inovasi yang Samsul Zuhri kembangkan ini memang sangat bermanfaat dan meningkatkan hasil pertanian.

Kemudian, dapat meningkatkan kesejahteraan para petani.

“Kekuatan sebuah negara itu dapat dilihat dari bagaimana ketahan pangan di suatu negara tersebut, apakah bagus atau tidak kalau hasil panen melimpah dan petani sejahtera itu baru ketahanan negaranya kuat,” tuturnya.

Muharam menambahkan, maka dari itu Samsul Zuhri ini telah berinovasi mengembangkan mesin perontok padi minimalis, dan mesin tersebut berteknologi tepat guna berbasis kearifan lokal.

“Kami selalu mendukung penuh, semoga saja Samsul Zuhri bisa juara pemuda pelopor di tingkat Nasional dan membawa harum Jawa Barat serta Tatar Galuh Ciamis,” pungkasnya. (Ferry/R8/HR Online)

Editor: Jujang