Pencegahan dan Pengobatan Pneumonia, Gunakan Cara Alami Ini!

pencegahan dan pengobatan pneumonia
Begini cara pencegahan dan pengobatan pneumonia. Foto: Ist/Net

Pencegahan dan pengobatan pneumonia sangat penting, mengingat bahaya dari akibat penyakit ini. Ada sejumlah langkah yang bisa kita lakukan untuk menangkal penyakit ini menjadi semakin parah. Apa saja caranya?

Pneumonia merupakan jenis penyakit peradangan yang terjadi pada paru-paru atau bagian kantung udara. Karena itu penyakit ini juga popular dengan sebutan radang paru-paru.

Umumnya pneumonia masuk ke dalam kategori penyakit yang berbahaya. Karena penyakit ini bisa mengakibatkan orang yang menderita mengalami kondisi yang sangat menyiksa. Bahkan dapat meningkatkan risiko meninggal dunia.

Pneumonia, menurut laman Smarter Health, merupakan pembengkakan yang terjadi pada jaringan dalam salah satu atau kedua bagian paru-paru. Gangguan ini juga termasuk bentuk infeksi paru-paru dengan gejala dari ringan hingga berat.

Saat seseorang menderita pneumonia, alveoli atau kantung udara dalam paru-paru akan penuh dengan cairan atau nanah karena infeksi.

Maka dari itu penting untuk mengenal penyebab, gejala, maupun penanganan penyakit yang satu ini.

Baca Juga : Gejala Flu Burung yang Menyerang Manusia dan Pengobatannya

Cara Pencegahan dan Pengobatan Pneumonia

Biasanya penyebab yang paling sering terjadi penyakit pneumonia adalah akibat infeksi yang menyerang organ paru-paru. Kantung udara yang terinfeksi akan berisi cairan seperti nanah.

Adanya cairan inilah yang akan mengakibatkan terjadinya sesak nafas, batuk berdahak, demam menggigil, dan kesulitan untuk bernafas. Nah, berikut ini beberapa cara pencegahan dan pengobatan pneumonia yang perlu Anda tahu.

Menghirup Udara Bersih

Masalah pneumonia adalah paru-paru yang teriritasi, sehingga menghirup udara kotor akan memperburuk keadaan tubuh. Bahkan mampu meningkatkan frekuensi dan intensitas batuk semakin meningkat.

Oleh karena itu, penting melakukan pencegahan dengan menghindari tubuh dari area dan lingkungan yang terpolusi. Termasuk menjauh dari ruangan yang penuh asap rokok.

Apabila memungkinkan, pasang penyaring udara dalam ruangan rumah. Gunakan masker jika berada dalam udara terbuka guna membantu melindungi organ paru-paru.

Baca Juga : Penyebab Penyakit Paru-paru Basah, dan Cara Menghindarinya

Menggunakan Obat Alami

Cara pencegahan dan pengobatan pneumonia alami juga bisa menjadi solusi yang aman. Ada beberapa obat alami yang dapat membantu mengobati pneumonia agar segera sembuh.

Salah satu jenis herbal yang baik untuk mengatasi radang paru-paru adalah kunyit. Bahan dapur yang satu ini mengandung sifat sebagai mukolitik. Kunyit sendiri dapat menghilangkan lendir dalam tubuh yang merupakan gejala pernapasan akibat pneumonia.

Selain itu, kunyit juga mengandung sifat antibakteri dan antivirus yang berguna untuk melawan infeksi. 

Untuk cara penggunaanya juga mudah. Anda perlu mencampurkan bubuk kunyit dan mustard hangat, lalu aduk menjadi pasta. Barulah oleskan pada area dada agar pernafasan terasa lega.

Beristirahat dengan Cukup

Sistem imunitas penderita pneumonia memang telah bertarung cukup lama terhadap serangan infeksi. Secara langsung maka tubuh membutuhkan istirahat yang cukup dalam proses penyembuhan.

Baca Juga : Napas Terasa Berat? Waspadai Adanya Penyakit yang Mengancam

Istirahat juga merupakan langkah penting pencegahan dan pengobatan pneumonia. Jangan biarkan tubuh memaksakan diri untuk bangkit dari tempat tidur, walaupun merasa sudah membaik.

Pastikan penderita juga beristirahat di siang hari sebagai tambahan untuk tidur minimal delapan jam di malam hari agar badan terasa lebih enak.

Berada dalam Ruang yang Lembab

Pada umumnya penderita pneumonia akan menghindari udara yang lembab. Meski begitu, udara lembab ternyata juga baik untuk mereka yang sedang menjalani proses penyembuhan dari penyakit pneumonia.

Setidaknya penderita bisa gunakan humidifier untuk mengatur kelembaban udara, jika memang memungkinkan dan kita butuhkan.

Selain itu, cobalah mandi dengan air hangat. Hal ini karena suhu hangat saat mandi akan menyejukkan paru-paru sekaligus mengurangi batuk rejan.

Tetap Berkonsultasi dengan Dokter

Dengan pencegahan dan pengobatan pneumonia yang cepat dan tepat, penyakit pneumonia bisa segera sembuh. Meski sudah terbebas dari radang paru-paru, sebaiknya tetap rutin melakukan pemeriksaan sampai semua gejalanya bisa hilang total.

Hal ini karena risiko terkena infeksi sekunder sangat besar bagi penderita pneumonia. Akan lebih baik bila  menjalani rontgen dada sekali lagi guna memastikan bahwa penyakit pneumonia hilang.

Kenali jika anak-anak Anda terlalu sering mengantuk, sulit bernapas, tampak mengalami dehidrasi, maka segera bawa ke dokter. Pencegahan dan pengobatan pneumonia yang cepat saat gejala muncul juga penting. (R11/HR-Online)

Editor : Eva