Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBerita TerbaruPencegahan Penyakit Liver, Lakukan Upaya Penting Ini!

Pencegahan Penyakit Liver, Lakukan Upaya Penting Ini!

Pencegahan penyakit liver merupakan upaya yang penting dan berguna mencegah kondisi menjadi semakin parah. Kita bisa melakukan hal berguna untuk kesehatan hati dan menjauhi berbagai pantangan yang pemicu penyakit ini.

Sebelum membahas langkah penanganan penyakit liver, penting mengenal organ liver itu sendiri. Liver, mengutip dari Wikipedia, merupakan organ kedua terbesar dalam tubuh manusia. Organ ini terletak pada bagian perut sebelah kanan atas.

Fungsi organ liver sangat banyak, dan jika terjadi malfungsi tentu dampaknya sangat besar bagi hidup penderitanya. Salah satu fungsi organ in adalah untuk menghasilkan cairan empedu.

Cara Pencegahan Penyakit Liver

Langkah pencegahan yang penting sebelum terkena penyakit liver tentunya harus menjaga kesehatan dan organ ini sebaik mungkin. Nah, berikut ini sejumlah cara pencegahan penyakit liver yang penting Anda lakukan.

Mengonsumsi Sayuran Sebagai Detoks

Sayuran hijau kaya dengan kandungan sulfur. Kandungan sulfur yang terdapat pada sayuran ini terkenal sebagai suatu zat yang mampu membantu mendetoksifikasi organ liver, dari segala macam jenis racun yang masuk.

Baca Juga : Obat Penyakit Liver dan Hati Alami yang Paling Ampuh

Selain dapat menjadi unsur detoks, sayuran hijau juga mempunyai kandungan yang dapat memicu produksi empedu hati dan kandung empedu. Ini berguna untuk mendukung sistem pencernaan dan penyerapan lemak agar jauh lebih baik.

Beberapa sayuran hijau yang sangat penting kita konsumsi secara rutin untuk mencegah penyakit liver antara lain kale dan kol. Sayuran ini juga berguna untuk mencegah penyakit hati lainnya seperti sirosis hati

Rajin Mengonsumsi Air Putih

Selain dapat membantu mengatasi masalah penyakit ginjal, minum air putih secara rajin juga menjadi salah satu cara yang bisa kita lakukan sebagai tindakan pencegahan penyakit liver atau hati. 

Hal ini karena fungsi air terhadap proses detoksifikasi hati dapat membantu membuang segala macam racun dalam hati melalui kelenjar kulit, dan sistem pencernaan manusia.

Untuk menjaga fungsi hati agar tetap sehat, Anda harus mengonsumsi air putih secara rutin. Sebaiknya minum setidaknya 2 liter air setiap hari.

Menjaga Berat Badan Ideal

Baca Juga : Tanda Gejala Penyakit Liver yang Harus Diwaspadai, Jangan Abaikan!

Bagi Anda yang mengalami lonjakan kenaikan berat badan terlalu banyak padahal tidak sedang hamil, atau baru melahirkan, maka Anda harus berhati-hati. Begitu juga jika berat badan turun terlalu drastis  

Lonjakan berat badan yang terlalu tinggi atau malah menurun tajam dapat menjadi salah satu tanda adanya penyakit dalam tubuh Anda. Salah satu kemungkinannya adalah penyakit liver.

Salah satu bentuk tindakan pencegahan penyakit liver yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan secara teratur. Pastikan jam makan Anda teratur dan hindari juga makan sebelum tidur, atau makan yang terlalu berlemak.

Selain dapat menjadikan tubuh lebih ideal, menjaga pola makan tentunya juga sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda untuk jangka panjang.

Bagi yang Mengonsumsi Alkohol, Hentikan Segera

Untuk Anda yang memiliki masalah dengan liver, sebaiknya Anda menghindari alkohol. Jika saat ini Anda masih mengonsumsinya pastikan Anda hentikan segera.

Minuman yang mengandung alkohol dapat merusak sel-sel hati. Ini juga dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan jaringan parut. Sehingga berpotensi menimbulkan terjadinya sirosis yang mematikan.

Baca Juga : Badan Lemas dan Ngantuk, Waspadai Adanya Gejala Penyakit Serius

Namun jika Anda tetap ingin mengonsumsi alkohol, sebaiknya tidak lebih dari satu gelas kecil per hari untuk pria, dan setengah gelas untuk wanita. Jika lebih dari itu tentu akan berdampak buruk pada kesehatan liver Anda.

Berolahraga Secara Teratur

Sama halnya dengan organ tubuh yang lain, liver juga dapat terjaga kesehatannya jika Anda olahraga secara teratur. Ini juga merupakan langkah pencegahan penyakit liver yang penting.

Berbagai jenis aktivitas fisik penting untuk mengurangi risiko terjadinya akumulasi lemak pada sekitar area hati yang berbahaya bagi penderita liver.

Anda bisa olahraga ringan, seperti jalan-jalan pagi atau lari-lari kecil setidaknya 15 menit sampai 30 menit setiap hari.

Kurangi Mengonsumsi Obat

Setiap obat tentu punya efek samping, termasuk obat untuk kolesterol. Obat penghilang rasa sakit seperti acetaminophen juga dapat melukai hati jika Anda mengonsumsi terlalu banyak dan sering.

Beberapa jenis obat yang biasa kita temukan di toko atau warung juga perlu kita hindari atau kurangi. Seperti obat sakit kepala, obat migrain, obat pereda nyeri dan sebagainya.

Apalagi jika tanpa resep dokter dan terlalu sering. Karena obat bukan termasuk vitamin dan memiliki efek samping yang buruk untuk tubuh.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai tindakan pencegahan penyakit liver yang bisa Anda lakukan. Pastikan jaga selalu kesehatan Anda. (R11/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img