spot_imgspot_img
BerandaBerita TerbaruPengertian Fluida Statis Beserta Bahasan Hukum dan Sifat-Sifatnya

Pengertian Fluida Statis Beserta Bahasan Hukum dan Sifat-Sifatnya

- Advertisement -

Pengertian fluida statis memiliki penyebutan lain yaitu hidrostatika. Dalam sains ketika membahas ini, maka fluida diam lalu akan mendapatkan tekanan atau ditekan agar tenggelam.

Termasuk ke dalam Fisika yang cenderung mempelajari sebuah zat. Dengan karakteristik dapat mengalir dari satu tempat ke tempat lain.

Terjadi dalam beberapa peristiwa penting di kehidupan sehari-hari. Materi ini akan mudah kita pelajari jika mengibaratkannya pada sebuah contoh.

Maka sebelumnya, mari kita bahas secara rinci dari awal. Hal ini agar tidak salah paham terkait dengan fenomena dalam kejadian sehari-hari.

Baca Juga: Fungsi Mesofil Palisade, Pengertian dan Struktur Penyusun

Mengenal Pengertian Fluida Statis

Secara umum pengertian fluida statis sering disebut sebagai hidrostatika. Pengertian fluida ini termasuk ke materi Fisika yang mempelajari zat cair dalam kondisi statis. Ketika mempelajari materi ini, kita akan mendapatkan pemahaman mengenai sebuah kejadian.

Misalnya ketika tekanan atmosfer dalam mengukur permukaan laut. Karena air dan gas merupakan zat yang masuk ke golongan fluida.

Terkait dengan pengukuran kedalaman dan kenaikan tekanan air, maka hal ini akan terlihat bahwa mengalirnya air terjadi dari sebuah hembusan angin atau gas tertentu.

Hukum Fluida Statis

Nah, selanjutnya kita akan mempelajari terkait dengan hukum yang ada di dalamnya. Karena memiliki pengaruh pada materi Fisika yang bisa kita pelajari dengan sederhana.

Baca Juga: Pengertian Laju Reaksi dan Faktor yang Mempengaruhinya

Hukum Pascal

Hadir karena Blaise Pascal sebagai penemunya. Memberikan pernyataan bahwa sistem ruang tertutup, tekanan diteruskan ke semua arah dan fluida memiliki tekanan.

Terkait dengan hukum zat cair/fluida juga gaya dalam zat tersebut. Penjelasannya menggunakan bejana atau pipa U.

Pkeluar = Pmasuk atau P1 = P2

Hukum Archimedes

Sedangkan untuk hukum yang satu ini akan menjelaskan mengenai gaya tekan dalam zat cair. Jika bejana berisikan air, maka akan tumbuh jika batu dengan volume sekian dicelupkan.

Nanti rumus akan menghitung volume dari sebuah batu tersebut. Dari gaya apung benda bisa melayang atau bahkan tenggelam.

Sifat Fluida Statis

Pengertian fluida statis yang merupakan keadaan dari keadaan diam, maka kita akan membahas mengenai sifatnya secara lebih baik.

Massa Jenis

Untuk menyebut sebuah ukuran dari benda padat yang homogen, maka ketika pengukuran massa sebuah satuan dalam volume benda atau tingginya, massa benda tersebut akan semakin besar.

Pengukuran dari massa benda yang dapat mengapung pada permukaan air, maka secara otomatis benda memiliki berat besar akan mudah tenggelam. Begitu pula sebaliknya.

Kapilaritas

Selanjutnya adalah sebuah percobaan menggunakan pipa kaca dengan diameter kecil. Permukaan air naik setelah dimasukkan ke bejana berisi air.

Sedangkan pipa lain masuk ke bejana isi air raksa, maka kita bisa membandingkan naiknya permukaan air tersebut. Hal ini termasuk ke gejala kapilaritas.

Lain lagi jika terjadi gejala dengan adanya kohesi dan adhesi. Dari daya tarik menarik ini, akan membuat sebuah zat menunjukkan tertariknya atau tidak.

Contohnya dalam sebuah penyerapan air dari bawah tanah melalui akar menuju ke pohon. Bisa juga dari sebuah zat cair yang merambat ke kain dan sebagainya.

Tegang Permukaan

Pengertian fluida statis yang merujuk pada zat diam. Memiliki keterkaitan dengan sifatnya, seperti ketika permukaan cair yang terdapat molekul lalu mempunyai molekul tarik menarik.

Terdapat molekul yang menjaga agar benda tidak ikut tenggelam. Menggunakan gaya pemulih ke atas sebagai penopangnya, seperti zat cair sedang menegang untuk menahannya.

Viskositas

Terjadi proses untuk mengukur ketahanan, baik tekanan atau tegangannya. Maka ketika terjadi sebuah pergerakan dalam keseharian, kita bisa mengatasinya.

Dari viskositas tinggi, akan membuat pergerakan lambat. Namun jika viskositas rendah, terjadi pergerakan yang besar dari fluida tersebut.

Tekanan

Selanjutnya adalah sebuah tekanan untuk mengukur kekuatan sebuah zat. Terdapat tekanan mutlak yang merupakan nilai dari seluruh tekanan dari benda.

Sedangkan pengertian tekanan hidrostatis merupakan tekanan dari berat fluida yang statis. Terjadi dalam kegiatan berenang yang sering orang lakukan.

Karena berat fluida dari manusia, maka ketika melakukan gerakan berenang, secara otomatis telinga justru malah akan sakit. Hal ini karena adanya tekanan dari air tersebut.

Pengertian fluida statis yang kita bahas dari mulai hukum dan sifat tadi memberikan kita gambaran. Agar jika terjadi sebuah fenomena terkait dengan keadaan tertentu, kita bisa memiliki pemikiran berkaitan dengan reaksi Fisika tersebut. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -