Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBerita TerbaruPengertian Rantai Makanan pada Makhluk Hidup Serta Jenisnya

Pengertian Rantai Makanan pada Makhluk Hidup Serta Jenisnya

Pengertian rantai makanan ini merupakan perpindahan energi makanan. Setiap makhluk hidup memerlukan energi untuk tetap bertahan hidup. Untuk memperoleh energi tersebut, salah satunya dengan mengonsumsi makanan.  

Rantai makanan ini seringkali penggunaannya sebagai ilustrasi. Untuk dapat mengetahui proses makan dan dimakan yang terjadi pada setiap makhluk hidup. Hal itu berarti pada prosesnya sebagai tingkatan atau urutannya dalam makan dan dimakan antara makhluk hidup.

Baca juga: Contoh Hewan Insektivora Beserta Ciri-Ciri dan Klasifikasinya

Biasanya, siklus tersebut dalam ekosistemnya memberikan penjelasan mengenai organisme yang berbeda. Namun juga akan saling memangsa satu sama lainnya. Aktivitas tersebut tujuannya agar keseluruhan ekosistem mampu bertahan hidup. Namun rusaknya proses tersebut juga mengakibatkan kerusakan ekosistem yang ada.

Ketahui Pengertian Rantai Makanan

Rantai makanan yakni perpindahan energi makanan. Mulai dari sumber daya tumbuhannya melalui seri organisme ataupun lewat jenjang makannya. Melansir Wikipedia, rantai makanan merupakan bagian dari jaring-jaring makanan.

Rantai makanan tersebut yang bergerak secara linear dari produsen ke konsumen teratas. Adanya peristiwa makan dan dimakan antara sesama makhluk hidup. Namun juga dengan urutan-urutan tertentu. Rantai makanan menjadi bagian dari jaring-jaring makanan yang terdiri dari makhluk hidup.

Makhluk hidup yang memiliki peran sebagai produsen, konsumen, serta dekomposer atau pengurai. Hal itu yang terjadi karena hubungan saling ketergantungan antar makhluk hidup. Tentunya sesuai dengan urutan-urutan tertentu dari setiap tingkatannya.

Pada suatu ekosistem yang menyebutnya dengan tingkat trofik. Suatu rantai makanan terjadi perpindahan energinya. Mulai dari penggunaan sinar matahari oleh tumbuhan. Setiap tingkatan pemindahan energinya 80% hingga 90% energi potensial kimia. Nantinya akan berubah menjadi panas.

Sehingga dalam pengertian rantai makanan umumnya hanya terdapat 4 hingga 5 langkah atau tingkatannya. Kesimpulannya semakin pendek rantai makanan, maka semakin besar energi yang tersedia pada setiap tingkatannya.

Jenis Rantai Makanan

Berdasarkan jenis organisme yang terdapat pada tingkatan trofik pertama, rantai makanan terbagi menjadi dua macam, rantai makanan perumput dan rantai makanan detritus. Berikut ini penjelasan mengenai jenis rantai makanan tersebut.

Rantai Makanan Perumput

Pada rantai makanan ini biasanya mulai dari tumbuhan. Tumbuhan tersebut sebagai produsen pada tingkat trofik pertamanya. Urutannya rantai makanan ini mulai tumbuhan > herbivora > karnivora > omnivora > detrivor.

Baca juga: Contoh Kingdom Plantae, Pengertian, Ciri-ciri, dan Klasifikasi Lengkap

Hal tersebut yang menyebutnya rerumputan karena awalnya dengan rumput yang bersifat autotrof. Selain itu, juga memiliki peran sebagai produsen.

Rantai Makanan Detritus atau Sisa

Berbeda dengan pengertian sebelumnya, rantai makanan ini tidak mulai dari tumbuhan. Namun untuk memulainya dari detritivor. Detritivor adalah suatu organisme heterotrof yang mendapatkan energi. Namun caranya dengan memakan sisa-sisa makhluk hidup.

Detritus ini yang akan menjadi bahan makanannya untuk beberapa hewan kecil. Seperti cacing, crustacean, lipan, dan makhluk sejenis lainnya. Urutannya dalam pengertian rantai makanan ini dari detritivor > herbivora > karnivora > omnivora.

Rantai Makanan Pokok

Terdapat tiga macam rantai makanan pokok yang perlu diketahui dalam pengertian ini. Untuk itu ketahui beberapa macam rantai makanan pokok berikut ini.  

Rantai Pemangsa 

Hal yang utama dari rantai pemangsa mengenai peran tumbuhan. Tumbuhan memiliki sebagai produsen. Rantai pemangsanya mulai dari hewan herbivora sebagai konsumen tingkat I.

Baca juga: Perbedaan Fotosintesis dan Kemosintesis Dalam Organisme

Kemudian melanjutkannya dengan hewan karnivora sebagai konsumen tingkat II. Nantinya akan berakhir dengan dimakan oleh hewan karnivora atau omnivora. Hewan tersebut dalam pengertian rantai makanan berperan sebagai konsumen III.

Rantai Parasit 

Suatu organisme parasit merupakan organisme yang hidup. Namun caranya dengan merugikan organisme yang lainnya. Sehingga rantai parasit ini merupakan jenis rantai saat organisme kecil memakan organisme besar. Parasit tersebut seperti halnya bakteri, benalu, dan cacing.

Rantai Saprofit

Suatu organisme saprofit merupakan organisme yang mampu mengurai sisa-sisa organisme yang telah mati. Organisme ini seperti halnya bakteri, lumut kerak, serta jamur. Sehingga rantai sporofit merupakan jenis rantai yang mulai dari penguraian bangkai makhluk hidup.

Organisme ini mampu mengurai bahan organiknya sisa bangkai makhluk hidup. Kemudian akan menjadi bahan anorganik atau mineral. Bahkan nantinya oleh tumbuhan akan menyerapnya kembali.

Pengertian rantai makanan tersebut adalah proses makan dan dimakan antara makhluk hidup. Hal itu karena memerlukan energi untuk tetap bertahan hidup. (R10/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img