Penyebab Freon AC Mobil Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

Penyebab Freon AC Mobil Cepat Habis
Penyebab Freon AC Mobil Cepat Habis: IST/NET

Penyebab freon AC mobil cepat habis memang banyak faktornya. Apapun penyebabnya, tentu membuat Anda kesal dan panik.

Freon AC sendiri merupakan cairan yang memiliki cara kerja dengan melewati receiver dryer. Kemudian langsung difilter jika ada kotoran yang banyak menumpuk.

Baca Juga : Penyebab AC Mobil Bau Apek dan Tak Sedap, Tenyata Ini Biang Keladinya

Jika freon Anda tiba-tiba tidak dingin, maka terjadi masalah pada freon Anda. Hal ini tentu mengganggu aktivitas dan perjalanan Anda, terutama pada kenyamanan pengemudi dan penumpang di dalam mobil.

Ini Penyebab Freon AC Mobil Cepat Habis dan Solusinya

AC mobil merupakan bagian terpenting ketika Anda sedang berkendara, terutama pada cuaca panas dan di tengah kemacetan. Biasanya freon hanya mengeluarkan udara namun tidak terasa dingin dan habis padahal belum lama ganti. Untuk mengetahui penyebabnya, berikut ini ulasannya.

Saluran Pembuangan Air Drain Hose Tersumbat

Biasanya saluran pembuangan air AC terdapat kotoran dan rentan mampet. Air tersebut akan terkumpul karena adanya sumbatan. Penumpukan air tersebut jika dibiarkan semakin lama, maka akan terjadi kebocoran pada beberapa titik.

Hal tersebutlah yang membuat AC tidak bekerja dengan semestinya dan tak dingin. Sementara cara mengatasinya adalah Anda cek semua bagian sistem AC mulai dari kebocoran sistem, kondisi freon, dan kompresor lemah atau rusak.

Sistem Tekanan AC Berlebihan

Penyebab freon AC mobil cepat habis selanjutnya adalah sistem tekanan AC berlebihan. Hal tersebut biasanya karena pengisian oli kompresor yang terlalu banyak membuat tekanan AC meningkat. Sehingga itulah yang memicu kompresor menjadi panas. Maka akan berimbas pada kondensasi terhambat sehingga AC tidak dingin.

Kerusakan pada Magnetic Clutch

Magnetic clutch atau katup magnet adalah bagian dari kompresor AC kendaraan berfungsi menghubungkan putaran mesin dengan kompresor melewati drive belt.

Biasanya terjadi kerusakan pengoperasian AC yang kurang tepat. Hal ini berupa menyalakan suhu terlalu rendah sehingga putus nyambung.

Baca Juga : Cara Membersihkan AC Mobil, Bisa Anda Lakukan di Rumah

Sebaiknya ketika mobil melaju dengan kecepatan tinggi, maka pengaturan suhu AC berada pada pengaturan terdingin. Komponen AC mobil juga pilih asli untuk meminimalisir kerusakan yang terjadi terlalu sering.

Evaporator Unit Indoor Bocor

Sama halnya kondensor pipa, evaporator unit indoor juga memiliki masalah yang sama yakni kebocoran. Hal ini jadi penyebab freon AC mobil cepat habis.

Usia tua dan penggunaan terlalu lama, membuatnya berkarat dan fatalnya adalah kebocoran. Cara mengatasinya adalah melakukan pengelasan pada titik yang bocor tersebut.

Extra Fan Mati

Selanjutnya yang mempengaruhinya adalah extra fan mati. Hal ini mempengaruhi AC sehingga tidak dingin. Jika komponen ini mati, maka mempengaruhi kondensator. Extra fan yang mati, maka tidak ada penurunan suhu sehingga freon akan terasa panas dan masuk ke dalam kabin.

Drive Belt atau Fan Belt Putus

Pada masalah ini sebenarnya setiap pengemudi sering mengalami. Fan belt yang copot dari sambungan antara putaran mesin dan kompresor AC membuat kompresor tidak berputar. Sehingga kondensator tidak bekerja dengan baik.

Penyebab freon mobil cepat habis membuat AC hanya mengeluarkan angin saja dan tidak dingin. Sebaiknya Anda mengganti fan belt dengan yang berkualitas dan tahan lama. Selain itu, cari yang bisa tahan panas. Hal ini penting untuk Anda perhatikan dengan baik.

Cara Mengatasi Freon yang Cepat Habis

Cara tepat mengatasi freon AC mobil yang cepat habis adalah dengan menyelidiki penyebabnya sesuai petunjuk di atas. Namun untuk memastikan adanya kebocoran secara pasti, Anda bisa menggunakan air sabun.

Coba dalam kondisi mesin nyala dan AC tersebut on, Anda oleskan air sabun secara merata di saluran AC. Jika ada kebocoran, maka muncul gelembung. Selain itu, dapat dengan memperhatikan setiap centi saluran apakah ada air yang merembes.

Nah, jika memang ada kebocoran, maka Anda dapat mengganti dengan yang baru. Selain itu, Anda juga dapat membawa ke tempat yang dapat menangani freon secara tepat.

Jika memang ingin menangani sendiri ,maka Anda bisa melakukan pengisian ulang. Anda juga harus mengetahui cara merawatnya agar freon tersebut dapat bekerja maksimal dan optimal. Dengan penjelasan terkait penyebab freon AC mobil cepat habis, kini Anda mengetahui faktor penyebab pastinya. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto