Penyebab IC Baseband iPhone Rusak, Akibatkan Hilang Sinyal pada HP

Penyebab IC Baseband iPhone rusak
Ilustrasi Penyebab IC Baseband iPhone rusak Foto: Ist/Net

Penyebab IC baseband iPhone rusak cukup beragam. Sebagai sarana penerima sinyal, IC baseband dapat menunjang keamanan para pengguna ponsel.

Hal ini karena IC baseband terhubung secara langsung dengan GSM Card. IC baseband atau dengan nama lain IC sinyal, merupakan sebuah microchip yang terdapat pada logic board mesin perangkat iPhone.

Microchip merupakan sebuah network interface yang berfungsi untuk mengatur keseluruhan fungsi penerima sinyal atau radio. Oleh karena itu, apabila bagian ini mengalami kerusakan, maka segala aktivitas mobile Anda pun akan terhambat.

Mengetahui Penyebab IC Baseband iPhone Rusak

Mungkin para pengguna iPhone pernah mengalami iPhone No Service, No SIM, atau Tidak Ada Layanan. Dengan adanya masalah tersebut, tentu para pengguna tidak dapat menggunakan kartu perdana operator dalam jenis apapun.

Baca Juga : Split Screen iPhone Alternatif Buka Dua Aplikasi Bersamaan, Ini Caranya

Salah satu penyebab dari terjadinya masalah tersebut kemungkinan karena iPhone IMEI terblokir atau adanya IC baseband yang mengalami kerusakan.

Sebelum adanya pemberlakuan peraturan IMEI di Indonesia mulai April 2020 lalu, jika terjadi adanya masalah No Service, maka dapat dipastikan penyebab terjadinya masalah tersebut adalah IC baseband rusak.

Mungkin beberapa kalangan belum paham dengan istilah IC baseband. Ini merupakan salah satu komponen yang memiliki fungsi untuk menerima sinyal pada perangkat iPhone.

Penyebab IC Baseband yang Rusak pada iPhone

Banyak sekali faktor penyebab IC baseband iPhone rusak. Mulai dari adanya benturan, terkena air, jatuh, hingga terlalu lama melakukan adanya pembaharuan iOS yang menyebabkan gagal update. Masalah ini sebenarnya dapat diatasi. Meskipun demikian, biaya perbaikan cukup mahal, terutama pada perangkat iPhone ini.

Solusi efektif untuk mengatasi IC baseband iPhone yang rusak adalah menggantinya dengan baru. Dapat juga Anda bawa ke tempat layanan servis iPhone.

Dalam perbaikan IC baseband iPhone yang rusak sebaiknya memperoleh penanganan dari orang yang ahli. Jasa layanan service terbaik dapat menjadi alternatif terakhir bagi para pengguna iPhone yang mengalami masalah pada komponen IC baseband.

Akibat IC Baseband iPhone Rusak

Selain mengetahui penyebab IC baseband iPhone rusak, Anda juga perlu mengetahui dampak yang akan terjadi. Seperti yang telah kita sebutkan sebelumnya, apabila IC baseband iPhone rusak, maka perangkat iPhone tersebut tidak dapat menampilkan sinyal lagi hingga kerusakan tersebut dapat teratasi dengan baik.

Perangkat iPhone akan mendadak searching secara terus-menerus untuk mencari sinyal. Pasalnya, IC baseband merupakan komponen yang berhubungan dengan sinyal kartu GSM pada perangkat.

Lalu berfungsi sebagai penerima sinyal. Komponen ini sebenarnya berhubungan dengan semua fungsi antena serta radio, akan tetapi tidak ada hubungannya dengan WiFi serta Bluetooth.

Baca Juga : Menghidupkan Hotspot di iPhone, Solusi Berbagi Data ke Perangkat Lain 

Oleh karena itu, kedua hal ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan IC baseband. Sebuah prosesor chipset IC baseband pada umumnya berhubungan dengan firmware tersendiri.

Cara Lain Mengatasi Sinyal iPhone Hilang

Seperti yang telah kita ulasan sebelumnya, salah satu penyebab hilangnya sinyal pada perangkat iPhone adalah IC baseband yang rusak.

Namun, selain masalah pada komponen ini, ternyata ada faktor lain yang dapat menyebabkan sinyal iPhone hilang. Lalu apa saja penyebab tersebut dan bagaimana cara mengatasinya?

SIM Card yang Bermasalah

Salah satu sumber masalah yang menyebabkan iPhone hilang sinyal, salah satunya adalah SIM Card yang memang error. Tindakan yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengeluarkan SIM tray pada perangkat iPhone Anda, lalu diamkan beberapa saat.

Selanjutnya masukkan kembali SIM Card tersebut. Agar lebih maksimal, maka Anda dapat restart iPhone Anda setelah memasukkan ulang SIM tray.

Soft iOS yang Bermasalah

Masalah lain yang mungkin bisa menyebabkan perangkat iPhone hilang sinyal adalah berasal dari iOS Anda. Dalam hal ini, Anda dapat melakukan reset networking setting pada perangkat iPhone yang Anda gunakan.

Caranya pilihlah Settings > General > Reset > Reset Network Settings. Tunggu dalam beberapa waktu, kemudian restart iPhone supaya memperoleh hasil yang lebih maksimal.

Setelah mengetahui penyebab IC baseband iPhone rusak serta faktor lain yang mengakibatkan ponsel Anda hilang sinyal, maka Anda pun dapat melakukan tindakan sesuai yang diperlukan. Dengan demikian, masalah hilang sinyal pada perangkat iPhone dapat teratasi dengan baik. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto