Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBerita TerbaruPenyebab Kuku Rusak yang Jarang Orang Tahu, Waspadai Penyakit!

Penyebab Kuku Rusak yang Jarang Orang Tahu, Waspadai Penyakit!

Penyebab kuku rusak ternyata banyak, tapi kurang kita informasi dalam perawatan kuku. Kita lebih sering memotongnya saat kuku terlalu panjang. Oleh karena itu penting mengenal bagian tubuh yang sering luput dari perhatian ini.

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan kuku rapuh atau rusak, ada berbagai hal yang sebenarnya bisa menyebabkan gangguan kuku rusak.

Seperti halnya tulang dan gigi, kuku juga juga membutuhkan asupan nutrisi yang cukup. Mencukupi kebutuhan nutrisi dan perawatan yang baik akan membuat kuku bisa menunjang penampilan Anda, khususnya kaum wanita.

Mulai dari penyebab ringan sampai dengan yang serius perlu Anda ketahui. Karena jika faktor yang menyebabkannya adalah hal yang serius, kesehatan Anda juga akan ikut terganggu.

Kenali Faktor Penyebab Kuku Rusak

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa saja faktor yang bisa menjadi penyebab kuku rusak. Ini penting untuk menghindari terjadinya kerusakan pada kuku yang terlalu cepat. Jadi, silahkan simak informasi selengkapnya berikut ini!

Baca Juga : Penyakit Kulit Psoriasis Kronis, Penyebab dan Cara Pengobatan

Kekurangan Kalsium

Tubuh yang mengalami kekurangan kalsium tidak hanya dapat menyebabkan kepadatan tulang menurun dan menyebabkan osteoporosis saja. Kekurangan kalsium juga dapat menjadi salah satu penyebab kuku menjadi rusak.

Oleh sebab itu, mencukupi pemenuhan kebutuhan kalsium harian tubuh sangat penting Anda perhatikan. Beberapa jenis makanan yang perlu Anda konsumsi secara rutin untuk memenuhi kebutuhan kalsium tubuh meliputi:

  • Susu
  • Yoghurt
  • Sayuran hijau
  • Oatmeal
  • Roti gandum
  • Biji-bijian

Kekurangan Vitamin A atau C

Penyebab kuku rusak yang pertama adalah karena kurangnya mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A atau C.

Padahal vitamin A atau C selain menjadi sumber antioksidan dan menjaga kesehatan mata, juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kuku. Nutrisi ini juga penting untuk mencegah kuku mengalami kerusakan.

Baca Juga : Ciri-ciri Penyakit Thalasemia, Bahaya dan Cara Mencegahnya

Beberapa sumber vitamin A yang Anda perlu tahu dan harus konsumsi secara rutin antara lain:

  • Wortel
  • Kacang polong
  • Ikan salmon atau ikan makarel
  • Minyak hati ikan kod
  • Telur ikan atau caviar
  • Keju
  • Telur rebus

Sementara untuk sumber vitamin C yang sebaiknya Anda konsumsi secara rutin untuk memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh Anda antara lain:

  • Paprika
  • Buah jeruk
  • Kiwi
  • Brokoli
  • Strawberry
  • Jambu merah, dan masih banyak lagi

Terdapat Gelembung Horizontal dan Vertikal Pada Kuku

Faktor penyebab kuku rusak lainnya yang jarang orang tahu adalah adanya gelembung horizontal dan vertikal pada kuku. Gelembung horizontal pada kuku biasanya kita kenali dengan rambut kulit tangan yang memutih.

Baca Juga : Jenis Pensil Alis yang Tepat untuk Kesempurnaan Riasan Wajah

Selain itu, kemunculan kerutan pada kulit tangan juga dapat menjadi salah satu tanda normal penuaan. Untuk menghindari terjadinya gelembung horizontal pada kuku dan kulit sebagai tanda penuaan, Anda bisa melakukan pencegahan dengan manikur.

Akan tetapi jika gelembung pada kuku bukan gelembung horizontal melainkan gelembung vertikal, sebaiknya Anda berhati-hati.

Gelembung vertikal pada kuku menjadi salah satu tanda bahwa ada masalah kesehatan dalam tubuh Anda. Tanda ini bisa menjadi sinyal adanya penyakit hati, diabetes, ataupun infeksi.

Sebaiknya jika mengalami gelembung vertikal, Anda harus berhati-hati dan konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Jamur Kuku

Faktor lainnya yang juga bisa menjadi penyebab kuku rusak adalah karena adanya serangan jamur. Sebagaimana yang selama ini kita tahu bahwa jamur dapat tumbuh dengan subur dalam lingkungan yang hangat dan lembab.

Nah, area bawah kuku merupakan area hangat dan lembab sekaligus yang sangat jamur sukai. Bagi Anda yang abai terhadap kebersihan kuku sebaiknya berhati-hati.

Hal ini karena berbagai macam jenis jamur bisa berkembang biak dengan sangat pesat dan cepat pada area tersebut.

Beberapa jenis jamur yang dapat menjadi penyebab jamur kuku antara lain dari jenis dermatofita, jamur candida, dan jamur non dermatofita.

Ketiga jenis jamur tersebut merupakan kelompok jamur yang sudah ada dalam tubuh. Namun ini berpotensi menyebabkan infeksi kuku atau jamur kuku jika kebersihan kuku kurang terjaga.

Kondisi tubuh yang menurun imunitasnya juga dapat menyebabkan jamur bisa muncul setiap saat.

Itulah beberapa penyebab kuku rusak yang harus diwaspadai. Jagalah kebersihan dan kesehatan untuk menghindari berbagai masalah kesehatan, termasuk kerusakan pada kuku. (R11/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img