Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBerita TerbaruPenyebab Lampu Rem Mobil Nyala Terus dan Cara Mengatasinya

Penyebab Lampu Rem Mobil Nyala Terus dan Cara Mengatasinya

Penyebab lampu rem mobil nyala terus karena banyak faktor. Lampu rem merupakan komponen penting pemberi informasi berbentuk visual bagi pengendara lain yang berada di sekitarnya.

Secara normal lampu rem akan menyala ketika pengendara menyalakan mobil atau ketika ingin memfungsikannya dalam kondisi tertentu. Namun beberapa kasus, banyak sekali yang mengeluhkan lampu rem yang terus menyala meskipun tidak digunakan.

Ketahui Penyebab Lampu Rem Mobil Nyala Terus Beserta Cara Mengatasinya

Lampu rem yang terus menyala cukup membuat panik pengguna karena tidak bisa memberikan peringatan kepada pengendara lain. Sehingga sangat berisiko dan membuat tidak nyaman dalam berkendara.

Switch Rem Rusak

Penyebab pertama adalah switch rem rusak. Fungsi switch adalah untuk menyambung dan memutuskan listrik dari aki yang menyalur ke lampu rem.

Baca Juga : Lampu Mobil Mati Sebelah, Jangan Panik Segera Periksa Kerusakan 

Ketika pedal rem diinjak, maka tangkai switch akan terdorong keluar oleh komponen per. Sekaligus memerintah arus listrik untuk menyalakan lampu rem. Nah ketika pedal tersebut dilepaskan oleh pengendara, maka aliran listrik akan terputus dan lampu dengan sendirinya mati.

Hal tersebut merupakan cara kerja secara normal. Namun ketika kinerja per melemah untuk menekan tangkai switch, maka lampu rem bisa menyala terus. Jika terjadi seperti ini, maka sebaiknya mengganti switch dengan yang baru.

Memperbaiki penyebab lampu rem mobil nyala terus dengan menggunakan obeng kembang dan membuka cover di bawah dashboard, putar dengan tangan pada penguncinya.

Lepas dua baut dan simpan semua cover di kolong mobil. Sementara untuk posisi switch tersebut berada di atas pedal rem. Anda lepas soket yang tersambung dengan piranti, pastikan semua terlepas tinggal tekan ke depan sambil diputar ke kiri.

Terjadi Masalah pada ABS

Pada beberapa kejadian, lampu indikator terus menyala karena adanya masalah pada sistem ABS. ABS sendiri memiliki fungsi mencegah rem terkunci saat menginjak pedal rem.

Namun ketika ABS tidak bekerja dengan baik, maka sistem tersebut mengalami kerusakan. Mengatasinya dengan membawa mobil ke bengkel untuk mendapatkan penanganan sehingga Anda tak usah panik.

Karet Penahan Rem Lepas

Pada mobil yang terdapat penahan karet pada switch rem maupun saklar remnya bisa menjadi salah satu penyebab lampu rem menyala.

Penyebab utamanya karet penahan switch rem terlepas dan jatuh, sehingga switch masih terhubung meski pedal rem telah lepas. Akibatnya lampu stop lamp menyala dan tidak mati.

Baca Juga : Lampu Kabin Mobil Mati, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara mengatasi penyebab lampu rem mobil nyala terus dengan melepas soket pada switch rem maupun saklar rem di atas pedal. Selain itu, juga dapat dengan melepas bohlam rem.

Tujuan dari pelepasan tersebut adalah agar tidak terjadi aki tekor akibat lampu rem terus menyala ketika parkir. Selain itu, Anda bisa membuat penahan dari karet sendiri untuk menahan switch rem saat pedal rem dilepas.

Gunakan baut ukuran 8 mm dengan panjang 1 cm sebagai pengganti pengganjal karet. Setelah itu, lakukan pemasangan penahan karet tersebut. Lepas dek yang menghalangi saklar rem dan hidupkan mesin, sehingga proses pendorongan pedal rem tidak begitu berat.

Kemudian masukkan baut 8 mm atau karet penahan dan kancing menggunakan mur. Anda pastikan bahwa posisi baut menghadap switch rem. Penyebab lampu rem mobil nyala terus tersebut dapat teratasi dengan baik.

Adanya Masalah Dudukan Rem

Seringnya lampu rem menyala dan tidak mati akibat dari dudukan switch rem yang bermasalah. Pada umumnya dudukan switch rem tersebut sudah keluar jalur. Untuk mengatasinya adalah dengan menggantinya dengan yang baru.

Selain itu, ada cara untuk mengatasinya sebelum Anda memutuskan untuk membeli yang baru. Caranya dengan melakukan penyetelan. Langkahnya dengan mengendorkan baut pengunci switch rem yang terpasang di mobil Anda.

Silahkan putar switch rem ke arah luar sehingga switch rem mendekati pedal rem. Lakukan dengan hati-hati untuk merangkainya kembali seperti di awal. Lakukan uji coba terlebih dahulu dengan menginjak atau melepas pedal rem dengan perlahan.

Ketika uji coba tersebut berhasil dan kondisinya telah normal, maka Anda bisa menyusun kembali seperti semula. Penyebab lampu rem mobil nyala terus tersebut menjadi pengetahuan Anda. Ketika Anda mengalami hal serupa sehingga dapat mengatasinya dengan cepat. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img