Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBerita TerbaruPenyebab Motor Tidak Dapat Digas Tinggi dari Beberapa Aspek, Apa Saja?

Penyebab Motor Tidak Dapat Digas Tinggi dari Beberapa Aspek, Apa Saja?

Penyebab motor tidak bisa digas tinggi ada beberapa aspek. Seperti yang kita ketahui, motor menjadi salah satu kendaraan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat.

Pasalnya, motor merupakan kendaraan paling praktis. Terutama bagi masyarakat perkotaan yang sering menghadapi kemacetan sehingga motor dapat menjadi alternatif tepat.

Baca juga: Gas Motor Nyangkut, Berikut Ini Penyebab Sekaligus Cara Mengatasinya

Sama halnya dengan jenis alat transportasi lainnya, sepeda motor juga dapat menghadapi suatu masalah atau gangguan. Adanya gangguan tersebut dapat menyebabkan performanya menjadi kurang maksimal. Salah satu hal yang sering pengguna alami adalah adanya gangguan pada gas motor.

Beberapa Penyebab Motor Tidak Bisa Digas Tinggi

Sebagai pemilik sepeda motor, tentu kita mengusahakan supaya kendaraan yang kita gunakan selalu dalam keadaan yang prima. Hal ini bertujuan sepeda motor yang kita gunakan dapat berfungsi maksimal.

Oleh karena itu, wajib bagi kita untuk selalu merawatnya. Sebab, sepeda motor yang tidak terawat justru akan mengalami banyak masalah. Tentunya hal ini akan membuat fungsi dari alat transportasi tersebut menjadi tidak maksimal.

Selain itu, juga dalam berkendara pun menjadi tidak nyaman bagi para penggunanya. Selain sering mengalami kondisi brebet, masalah lain yang sering terjadi pada sepeda motor adalah ketidakmampuannya untuk memacu gas sehingga motor tidak dapat kita gas dengan tinggi. 

Terdapat beberapa aspek yang menyebabkan masalah tersebut terjadi. Namun, sebagian besar pengguna sepeda motor sering kurang memahami apa penyebab terjadinya masalah tersebut.

Oleh karena itu, untuk memahami penyebab masalah tersebut secara lebih jauh, berikut ini beberapa alasan atau penyebab motor tidak bisa gas tinggi.

Saringan atau Filter Udara yang Tidak Berfungsi

Salah satu penyebab terjadinya masalah motor yang tidak dapat kita gas tinggi adalah berhubungan dengan saringan udara pada motor. Saringan udara pada sepeda motor memiliki fungsi sebagai alat penyaring udara yang masuk ke dalam ruang bahan bakar.

Hal ini bertujuan agar bahan bakar tidak tercampur dengan partikel debu atau kotoran. Apabila kondisi filter udara dalam keadaan kotor, maka akibatnya tarikan gas motor akan menjadi lebih berat serta cenderung tidak stabil.

Dengan demikian, nantinya motor tidak dapat Anda gas tinggi. Bahkan motor juga akan mengalami mati mendadak apabila filter udara yang kotor kita biarkan begitu saja.

Selain karena debu yang masuk ke dalam ruang bahan bakar, penyebab lain filter udara kotor adalah usia pemakaian. Sehingga memang sudah waktunya Anda mengganti filter tersebut.

Maka dari itu, cek bagian ini dan segera ganti apabila memang sudah tidak berfungsi. Namun apabila masih memungkinkan, dapat Anda bisa bersihkan dan gunakan kembali.

Penggunaan Bahan Bakar yang Tidak Sesuai

Pada setiap jenis kendaraan bermotor, terutama pada keluaran terbaru, selalu memberikan saran pemakaian bahan bakar yang sesuai dengan motor tersebut.

Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan jenis sepeda motor dalam jangka waktu lama dapat menjadi penyebab motor tidak bisa gas tinggi.

Baca juga: Tenaga Motor Hilang Saat Mesin Panas, Cari Tahu Penyebabnya

Hal ini juga dapat terjadi pada sepeda motor yang seharusnya menggunakan RON tinggi, akan tetapi kita malah menggunakan RON rendah. Masalah tersebut pun dapat terjadi.

Kondisi tersebut memang sering terjadi pada beberapa jenis motor baru dengan teknologi terkini. Namun cukup jarang terjadi pada motor keluaran lama yang dalam pabrikasi untuk bahan bakar RON rendah.

Oleh karena itu, sebelum memilih bahan bakar, maka pastikan kelebihan serta kekurangan dalam menggunakan premium dan pertalite apakah telah sesuai dengan motor yang Anda gunakan.

Tangki Kemasukan Air dan Bercampur dengan Bahan Bakar

Hal lain yang dapat menjadi penyebab motor tidak bisa digas tinggi adalah tangki bahan bakar kemasukan air. Bercampurnya air ataupun cairan lain dengan bahan bakar yang terdapat di dalam tangki dapat menyebabkan masalah serius pada motor.

Salah satunya kondisi motor yang tidak dapat kita gas tinggi, bahkan dapat berisiko mati total. Dalam hal ini, air dapat masuk ke dalam tangki bahan bakar melalui rembesan dari luar atau uap air yang berada dalam tangki.

Sebenarnya air bisa terpisah pada waktu memasuki karburator. Akan tetapi, ketika gas motor kita naikkan, maka RPM mesin secara otomatis akan naik. Hal inilah yang membuat aliran bensin menuju intake manifold menjadi semakin cepat.

Air akan terhisap serta ikut masuk ke dalam intake manifold. Namun, karena air bukanlah bahan bakar mesin, maka air justru akan membuat mesin mengeluarkan suara yang aneh serta menjadi salah satu penyebab motor tidak dapat digas tinggi bahkan mati.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menguras ruang pelampung karburator. Caranya dengan membuka sekrup yang terdapat pada mangkuk karbu. Anda dapat menguras tangki bahan bakar apabila air yang ada di dalamnya terlalu banyak.

Busi Kotor atau Rusak

Karena memiliki peranan penting pada tahapan pengapian atau saat pembakaran bahan bakar, busi yang kondisinya rusak atau kotor dapat menjadi penyebab motor tidak dapat digas tinggi. Hal itu karena proses pembakarannya terganggu. Bahkan sama sekali proses pembakarannya tidak berfungsi dengan baik. 

Oleh karena itu, Anda dapat memeriksa busi dengan dua cara melihat ujungnya. Apabila ujung busi berwarna hitam pekat, maka hal ini menunjukkan bahwa busi motor perlu segera Anda ganti.

Cara cek busi motor yang kedua adalah dengan melihat secara langsung api dari komponen busi tersebut untuk mengetahui apakah busi masih kuat atau sudah melemah. Kondisi tersebut dapat Anda atasi dengan membersihkannya atau menggantinya dengan busi yang baru.

Setelan Klep yang Tidak Sesuai

Motor yang tidak dapat digas tinggi salah satu penyebabnya adalah karena setelan klep pada mesin motor tidak sesuai. Tekanan kompresi yang terjadi pada ruang bahan bakar akan berpengaruh terhadap penyetelan klep atau valve pada motor.

Baca juga: Tarikan Motor Berat, Bisa Disebabkan Karena Beragam Faktor Berbeda

Apabila setelan klep terlalu rapat serta tidak sesuai dengan standarnya, maka klep akan cepat terbuka atau lebih lama tertutup. Pada saat klep terlalu lama terbuka, hal ini dapat menjadi penyebab gas yang masuk akan jauh lebih banyak.

Sedangkan setelan klep yang terlalu renggang, maka klep terlambat terbuka dan tertutup dengan cepat. Apabila hal tersebut terjadi pada klep, maka pemasukan campuran bahan bakar udaranya akan berlangsung cepat.

Dengan demikian, nantinya jumlah campuran yang ada pada area pembakaran mesin akan sangat sedikit. Hal inilah yang sering menjadi salah satu penyebab motor tidak dapat kita gas dengan tinggi.

Sensor Injeksi Rusak

Pada sepeda motor injeksi, tentu mempunyai sensor yang bermanfaat untuk mengatur injektor dalam mengalirkan bahan bakar ke dalam mesin saat proses pembakaran.

Jika sensor injeksi tidak berfungsi dengan baik, otomatis aliran bahan bakar saat menuju ke mesin tersendat atau tidak berfungsi dengan baik.

Dengan kondisi tersebut dapat menjadikan motor sering tersendat bahkan sulit untuk melaju dengan cepat dan lancar pada saat tuas gas motor Anda tarik.

Masalah pada Rantai Roda Motor

Penyebab motor tidak dapat digas tinggi selanjutnya adalah kondisi yang kurang ideal pada rantai roda. Hal ini sering terjadi pada motor bebek atau vanblet pada motor matic.

Dengan terjadinya permasalahan pada rantai penggerak tersebut, bisa menyebabkan performa dari mesin tidak dapat tersalurkan secara baik pada roda.

Sehingga motor sulit melaju kencang pada saat kita gas tinggi. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya Anda bersihkan rantai motor secara berkala sehingga dapat mencegah masalah tersebut terjadi.

Fuel Pump yang Kotor

Tidak hanya busi motor kotor, ternyata fuel pump yang kotor atau bermasalah juga bisa menjadi salah satu penyebab motor tidak dapat gas tinggi.

Fuel pump merupakan salah satu komponen bagian mesin yang memiliki fungsi untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki ke dalam komponen bahan bakar. Fuel pump yang kotor dapat menyebabkan kondisi motor menjadi brebet serta tidak dapat kita gas tinggi.

Tekanan Bahan Bakar yang Masih Kurang

Dalam setiap sepeda motor injeksi selalu memperoleh kelengkapan pompa bahan bakar atau fuel pump. Tekanan pada pompa bahan bakar ini dapat kita ukur dengan menggunakan suatu alat yang bernama fuel pressure gauge.

Baca juga: Penyebab Motor Brebet Ketika Digas yang Sering Diabaikan

Selanjutnya ukuran tekanan bahan bakar sendiri nantinya akan menyesuaikan dengan tipe masing-masing jenis sepeda motor. Apabila tekanan bahan bakar kurang dari standar, maka hal ini bisa menjadi penyebab motor tidak dapat digas.

Pasalnya, dengan kondisi tersebut, tarikan gas pun menjadi tidak stabil. Oleh karena itu, tekanan bahan bakar harus sesuai dengan ketetapan standar yang berlaku.

Putaran Stasioner Bermasalah

Putaran stasioner pada gas adalah salah satu hal yang dapat memberikan pengaruh cukup besar pada tarikan yang akan terjadi pada motor.

Pengaturan putaran stasioner yang tidak memenuhi standar dapat menyebabkan tarikan motor menjadi terganggu. Tenaga yang motor hasilkan pun tidak maksimal serta menjadikan kondisi motor kurang kuat saat Anda tarik gas dengan tinggi.

Filter Bensin yang Buntu

Salah satu penyebab motor tidak dapat gas tinggi adalah kondisi filter bensin yang mengalami kebuntuan. Sebelum masuk ke dalam bensin, maka bensin dari tangki harus melalui filter bensin terlebih dahulu.

Baca juga: Penyebab Motor Mati Saat Panas Bisa Diakibatkan Beberapa Hal Sepele

Filter ini berfungsi untuk membantu menyaring berbagai jenis kotoran yang cukup berisiko terhadap kinerja mesin. Karena itu, jika filter bensin terdapat kendala kebuntuan, maka akan berdampak pada aliran bensin tidak berfungsi dengan baik.

Dengan demikian, tenaga yang mesin hasilkan dalam proses pembakaran pun tidak dapat lebih maksimal. Kondisi ini pun dapat menjadikan motor tersendat serta tidak bisa kita gas tinggi.

Penyebab Lain Motor Tidak Bisa Gas Tinggi

Selain beberapa kondisi di atas, terdapat beberapa hal lain yang juga dapat menjadi pemicu motor tidak bisa gas tinggi. Beberapa kendala tersebut terdiri dari masalah klep serta beberapa komponen pembakaran yang terdapat dalam mesin motor.

Untuk memastikannya, maka Anda perlu membongkar motor secara keseluruhan apabila penyebab belum Anda temukan secara pasti. Hal yang pasti, dengan tahu penyebabnya, akan memudahkan Anda dalam mengatasi permasalahannya.

Dengan mengetahui beberapa penyebab motor tidak dapat digas tinggi di atas, maka penting bagi Anda untuk selalu memperhatikan kondisi motor secara baik. Perawatan motor yang baik tentu dapat memberikan kenyamanan saat berkendara bahkan menghindarkan risiko cukup membahayakan para pengemudinya. (R10/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img