Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBerita TerbaruPenyebab Sering Masuk Angin, dari Penyakit hingga Kebisaaan Buruk

Penyebab Sering Masuk Angin, dari Penyakit hingga Kebisaaan Buruk

Penyebab sering masuk angin umumnya karena sering keluar malam. Namun gangguan yang sering terjadi ini ternyata juga bisa akibat kebiasaan buruk. Karena itu kenali berbagai faktor yang memicunya agar terhindar dari penyakit ini.

Masuk angin sebenarnya menjadi suatu kondisi wajar yang bisa terjadi pada siapa saja. Terlebih ketika musim hujan atau musim dingin tiba. Namun jika intensitasnya sering, ada beberapa faktor yang menyebabkan gangguan ini.

Biasanya orang yang mengalami masuk angin kita kenali dengan beberapa gejala. Seperti tidak enak badan, kedinginan, meriang, nyeri otot, sakit kepala atau tidak nafsu makan.

Faktor Penyebab Sering Masuk Angin

Sering mengalami masuk angin bisa terjadi karena faktor dari luar atau faktor dari dalam. Termasuk kebiasaan buruk saat menjalankan aktivitas sehari-hari. Apalagi jika tubuh kekurangan nutrisi yang penting untuk menjaga imunitas tubuh.

Mengenal faktor pemicunya sangat penting untuk mencegah penyakit ini datang. Informasi selengkapnya mengenai penyebab sering masuk angin bisa Anda simak dalam ulasan berikut.

Baca Juga : Obat Masuk Angin Alami, Cobalah Resep Ramuan Simpel Ini!

Tubuh Terinfeksi Virus atau Bakteri

Tubuh akan jauh lebih mudah terinfeksi bakteri karena imunitas atau sistem kekebalan tubuh yang menurun. Oleh sebab itu, beragam jenis bakteri dan virus mampu masuk dan menginfeksi tubuh Anda.

Infeksi seperti ini dapat membuat orang yang mengalami masuk angin. Tubuh menjadi lemah dan merasakan berbagai gejala. Seperti pusing, sakit kepala sebelah, batuk, pilek, nyeri otot, badan pegal – pegal, sendawa, perut kembung dan sebagainya.

Kurangnya Paparan Sinar Matahari

Orang yang bekerja dalam ruangan akan lebih rentan mengalami masuk angin. Ini juga bisa menjadi penyebab sering masuk angin.

Hal ini terjadi karena tubuh jarang berinteraksi dengan sinar matahari pagi. Sinar matahari sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh karena memiliki vitamin D yang tinggi.

Tentunya ini sangat berbeda dengan orang yang sering bekerja di luar ruangan dan selalu mendapatkan asupan sinar matahari cukup setiap harinya.

Baca Juga : Penyebab Sering Sendawa, dari Makanan dan Minuman hingga Alergi

Oleh sebab itu, agar tidak mudah mengalami masuk angin, utamanya ketika musim hujan tiba, ada baiknya Anda selalu berinteraksi dengan sinar matahari pagi.

Lakukan berjemur setiap hari utamanya pada jam-jam terbaik seperti dari pukul 05.30 sampai pukul 07.00. Ini waktu ketika matahari sedang bersinar sangat baik.

Gangguan Pencernaan

Orang yang menderita gangguan pencernaan juga menjadi penyebab sering masuk angin, bahkan mengalami demam. Seperti heartburn yang sering terjadi pada orang-orang dengan gangguan pencernaan seperti mengalami maag atau sakit lambung.

Anda sebaiknya segera meredakan kondisi tersebut dengan beberapa cara, termasuk dengan mengonsumsi sup dan ramuan madu.

Namun sebaiknya segera memeriksakan ke dokter jika ada tanda-tanda masuk angin yang tak terkendali dan tidak bisa reda dalam beberapa hari. Apalagi jika gangguan ini berpotensi mengakibatkan Anda demam yang semakin parah.

Mengalami Beberapa Penyakit

Masuk angin dapat menjadi salah satu tanda bahwa ada penyakit lain dalam tubuh Anda. Berikut terdapat beberapa jenis penyakit yang bisa menjadi penyebab sering masuk angin.

Baca Juga : Cara Mengatasi Angin Duduk Lengkap Dengan Gejala dan Penyebab
1.Malaria dan Demam Berdarah

Penyakit yang terjadi karena infeksi virus ini menular dari gigitan nyamuk. Beberapa tanda atau gejala orang yang mengalami demam berdarah atau malaria antara lain seperti nyeri sendi, demam, pegal-pegal, sampai badan lemas.

2.Penyakit Jantung

Gangguan kesehatan ini terjadi akibat jantung tidak mendapatkan pasokan darah serta oksigen dalam jumlah cukup. Ini biasanya terjadi akibat kondisi penyempitan pembuluh darah pada jantung.

Beberapa gejala yang terasa pada penderita penyakit ini antara lain nyeri dada, nyeri leher, sesak nafas, dan tubuh lemas.

3.Infeksi Saluran Pernapasan Atas

Gangguan kesehatan ini terjadi karena serangan infeksi virus dan bakteri. Penyakit ini seringkali menyerang saluran pernapasan. Penderitanya akan mengalami beberapa gejala seperti pilek, batuk atau demam.

Pada kondisi yang lebih parah, penyakit ini dapat menyebabkan terjadinya komplikasi gangguan pernapasan yang cukup berbahaya.

Itulah beberapa penyakit maupun faktor lain yang bisa menjadi penyebab sering masuk angin. Pastikan selalu menjaga kesehatan Anda dengan mengonsumsi makanan bergizi, dan menggunakan pakaian hangat saat udara dingin untuk mencegah masuk angin. (R11/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img