Penyebab Setir Mobil Berat dan Tindakan Pencegahannya

Penyebab Setir Mobil Berat dan Tindakan Pencegahannya
Ilustrasi Penyebab Setir Mobil Berat. Foto: Ist/Net

Penyebab setir mobil berat bisa kita periksa dan service kembali. Karena hal ini tentu akan mengganggu kenyamanan berkendara selama dalam perjalanan.

Komponen terpenting dari sebuah mobil salah satunya adalah setir. Karena bagian ini akan membantu untuk mengarahkan tujuan selama perjalanan.

Baca Juga : Penyebab Setir Mobil Speleng yang Harus Kalian Ketahui

Oleh karena itu, akan lebih baik jika kita selalu mengeceknya untuk keamanan dan nyaman berkendara. Kinerja kendaraan juga akan terganggu dari beratnya setir.

Maka dari itu, selalu rasakan beberapa hal ini. Jika terjadi hal yang akan kita bahas berikut ini, segera masukkan ke bengkel atau bila paham mengenai mesin langsung cek saja.

Berbagai Penyebab Setir Mobil Berat

Akibat dari setir berat tentu akan menyulitkan perjalanan bukan? Karena hal ini akan membuat kendaraan kaku dan mengganggu, maka simak beberapa penyebabnya berikut ini.

Posisi Roda

Hal yang sering menjadi penyebab beratnya setir adalah posisi roda. Karena jika posisinya tidak sejajar dengan tepat pada tempatnya, maka akan terasa langsung.

Oleh karena itu, posisi tidak tepat akan membuat kendaraan tertarik ke samping. Hal inilah yang akan membuat mobil terasa berat untuk kita setir. Bahkan lama-kelamaan akan berpengaruh pada keausan, karena oli bisa bocor dan kekurangan menerima cairan untuk beroperasi.

Tekanan pada Ban

Penyebab setir mobil berat selanjutnya adalah kondisi tekanan udara pada ban. Karena ban menjadi bagian kendaraan yang menyangga selama perjalanan berlangsung.

Maka kita sebaiknya segera menyadari jika terjadi kelebihan atau kekurangan pasokan udara ini. Karena tentu akan berpengaruh pada kondisi kemudi yang terasa berat. Hal ini akan terasa semakin jelas ketika cengkraman ban terasa tidak seperti biasanya.

Pompa Power Steering

Bagian ini menjadi tempat untuk memindah cairan sistem kemudi ke unit rack dan pinion. Selain itu, untuk fungsi utamanya adalah mempertahankan tekanan optimal sistem. Maka dari itu, kemudi akan terasa ringan tanpa ada beban.

Jika terjadi masalah pada bagian ini, tentu kita akan terganggu dalam bagian kemudinya. Usahakan selalu memeriksakan kondisi ini jika terjadi tanda-tanda kerusakannya.

Kondisi Minyak

Selanjutnya hal yang akan jadi penyebabnya adalah kondisi minyak. Pada sistem operasi mesin yang di dalamnya dialiri minyak atau oli ini harus selalu dicek oleh ahlinya. Pasalnya, jika tidak terawat dengan baik, akan membuat kotoran yang justru menghambat mesin.

Baca Juga : Penyebab Setir Mobil Oblak, Segera Cek dan Ketahui Cara Mengatasinya

Misalnya ketika minyak menjadi lebih kental daripada biasanya. Tentu hal ini akan membuat operasi semua sistem terganggu dan tidak lancar bukan? Nah, selalu lakukan pengecekan secara berkala.

Sabuk Serpentine

Penyebab setir mobil berat selanjutnya adalah sabuk serpentine yang bisa jadi rusak atau patah. Biasanya kita akan merasakan hal ini ketika usia dari bagian ini sudah tua dan aus.

Karena itu segera lakukan perbaikan untuk membuatnya normal. Namun jika sudah tidak tertolong, segera lakukan pergantian saja. Jika tidak, bahkan komponen lain akan ikut terdampak. Misal pada sistem Kompresor AC, pompa air, dan alternatornya.

Service Kendaraan

Penyebab setir mobil berat yang terpenting ini menjadi hal yang sering orang sepelekan. Padahal cukup penting untuk kondisi kendaraan yang memiliki performa baik.

Baca Juga : Penyebab Setir Mobil Bergetar yang Sering Terjadi pada Kecepatan Tinggi

Oleh karena itu, akan lebih baik jika kita selalu memeriksakan secara berkala. Minimal satu bulan sekali untuk mengetahui kondisi kendaraan terkini. Tentu dalam perjalanan kita akan lebih tenang jika memiliki kepastian dari kondisi kendaraan tersebut.

Tindakan Agar Setir Tidak Berat

Penyebab setir mobil berat yang kita bahas tadi cukup jelas terasa ketika sedang menggunakan mobil. Nah, agar tidak terjadi beberapa hal tersebut, akan lebih baik jika kita melakukan tindakan tepat.

Pertama selalu memeriksa kondisi mobil pada tekanan ban. Selain itu, pada cairan kendaraan yang tadi mempengaruhi kondisi kekentalan. Posisi roda yang jelas memberatkan setir kemudi.

Lalu selalu melakukan service secara berkala. Karena pada dasarnya perawatan oleh tenaga ahli akan membuat keawetan semua suku cadang kendaraan lebih baik.

Penyebab setir mobil berat tadi semoga bisa membantu untuk menjaga kondisi kendaraan Anda. Hal ini untuk mendapatkan kualitas perjalanan yang aman dan tenang. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto