spot_imgspot_img
BerandaBerita TerbaruPenyebab Wiper Mobil Macet, Coba Periksa Beberapa Bagian Ini

Penyebab Wiper Mobil Macet, Coba Periksa Beberapa Bagian Ini

- Advertisement -

Penyebab wiper mobil macet biasanya terjadi akibat dari beberapa hal. Awalnya bisa dari usia wiper, bagian lain yang mengalami kerusakan dan minta diganti.

Bagian mobil yang satu ini sangat membantu ketika kita sedang berkendara dalam kondisi hujan. Karena pada intinya ia membantu kita untuk menghalau air dari pandangan ketika berkendara.

Maka dari itu jika ia berhenti untuk bergerak hal ini akan jadi masalah. Fungsi utamanya akan terganggu dan membuat perjalanan jadi berbahaya.

Nah, untuk Anda yang sedang mengalami hal ini tidak perlu cemas lagi. Kita akan membahas dan menculiknya lebih dalam dan rinci khusus untuk Anda.

Ketahui Penyebab Wiper Mobil Macet

Beberapa penyebab berikut ini bisa jadi pengaruh yang berdampak pada perjalanan Anda. Karena mereka tentu akan membuat kita jadi bingung, hujan lebat dan pandangan jadi terganggu dan membahayakan keselamatan. Berikut ini kemungkinan besar dari masalah wiper macet kalian.

Karet Rusak

Pertama penyebab dari macetnya wiper biasanya dari bagian karetnya. Ketika bergerak untuk menghalau air pada kaca wiper dilengkapi dengan karet yang berfungsi untuk tidak merusak kaca.

Maka dari itu ketika kaca yang jadi tumpuan mengalami rusak bahkan sobek hal ini akan berpengaruh. Pergerakan dari wiper mobil akan terhambat dan macet tidak mulus seperti biasanya.

Maka dari sini air juga tidak akan terhapus secara sempurna. Proses pengemudian jadi berbahaya untuk Anda. Jika hal ini terjadi maka segera lakukan penggantian saja.

Sekring Terbakar

Selanjutnya, kemungkinan pada bagian sekring terbakar. Hal ini akan secara otomatis membuat wiper mobil jadi tidak berfungsi karena bagian intinya mengalami kerusakan yang bisa berbahaya.

Penyebab dari terbakarnya sekring sendiri biasanya berasal dari beban wiper. Misalnya pembersihan terlalu berat, seperti salju maka mesin bekerja terlalu keras dan berbahaya.

Motor Tidak Bekerja

Penyebab wiper mobil macet yang satu ini jadi kunci. Karena jika motor dari sistemnya tidak bekerja dengan baik seperti biasanya maka terjadi kerusakan.

Coba cek pada bagian kabel sirkuitnya terlebih dahulu. Biasanya hal ini juga mempengaruhi cukup penting pada performa wiper, kelonggaran kabel misalnya.

Jika terjadi segera mengganti bagian rusak tersebut. Namun jika tidak memiliki keterampilan bengkel sebaiknya segera bahwa saja ke tenaga ahlinya agar tidak menambah kerusakan semakin dalam.

Mur Pivot Longgar

Selanjutnya bagian terpenting yang sering tidak terlihat oleh kita. Mur pivot ini menjadi penghubung dari bagian lengan wiper mobil ke transmisi.

Maka jika hasilnya longgar akan membuat gerakan macet dan tidak mulus seperti biasanya. Gerakan masih tetap bisa, hanya saja lengan wiper mobil stats bahkan hanya salah satunya yang bergerak.

Oleh karena itu coba cek bagian ini terlebih dahulu untuk memastikannya. Siapa tahu jadi Penyebab wiper mobil macet yang bisa kita tangani sendiri.

Tidak perlu keluar dana untuk pergi ke bengkel. Bahkan terlanjur mengganti wiper yang baru padahal yang perlu kita kencangkan hanya mur pivotnya saja.

Cuaca Buruk

Pada saat-saat tertentu kita sering menjadi lebih memperhatikan kondisi kendaraan. Misalnya ketika terjadi hujan lebat yang mengganggu penglihatan kala perjalan. Maka kita jadi memperhatikan gerakan wiper yang terlihat tidak semulus biasanya.

Terlihat macet dan ada kerusakan yang menyebabkan hal ini bisa terjadi. Padahal bisa jadi hal ini diakibatkan oleh air yang terlalu lebat atau bahkan salju kencang.

Maka wajar jika gerakan gesekan dari lengan wiper mobil jadi cenderung terhambat. Mereka sedang melawan beban yang tidak biasanya terjadi karena pengaruh cuaca buruk.

Maka dari situasi dan kondisi ini bukan karena terjadi kerusakan pada wiper. Namun bisa jadi karena beban muatan berbeda dari biasanya.

Dari cuaca ini terkadang barulah wiper yang mulanya baik-baik saja jadi mengalami gangguan. Oleh karena itu kita bisa memastikan masalahnya terlebih dahulu.

Beberapa keadaan situasi dan kondisi bisa jadi pengaruh yang cukup berarti bagi mobil. Selalu pastikan dan berikan service agar tidak mengalami kerusakan yang berarti.

Penyebab wiper mobil macet yang sauh kita bahas tersebut bisa kita pastikan sendiri. Jika terjadi kerusakan mendalam baru hubungi bengkel terdekat.

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -