Perawatan Kulit Wajah Berminyak Sebelum Tidur, Ini Langkahnya

Perawatan Wajah
Perawatan wajah sebelum tidur untuk kulit berminyak. Foto: Net/Ist.

Perawatan kulit wajah berminyak sebelum tidur penting kamu lakukan karena hal ini kerap menjadi masalah bagi kecantikan wanita. Bukan saja mengganggu penampilan, namun kulit berminyak juga bisa menjadi awal munculnya jerawat maupun masalah gangguan kulit lainnya.

Kulit yang berminyak bisa datang akibat menumpuknya kotoran di bagian pori-pori wajah. Menurut laman womenshealthmag.com, terjadinya penumpukkan polusi dan makeup pada pagi maupun siang hari bisa menyebabkan pori-pori wajah tersumbat.

Oleh karena itu, merawat kulit berminyak memang butuh perawatan ekstra. Bahkan, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan sebelum tidur bagi pemilik kulit berminyak.

Langkah-langkah yang perlu kamu perhatikan mulai dari cara membersihkan sampai menghidrasi kulit wajah.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa langkah yang harus dilakukan dalam proses perawatan kulit wajah berminyak.

Baca Juga : Cara Perawatan Wajah Berjerawat dan Berminyak yang Efektif dan Mudah

Cara Perawatan Kulit Wajah Berminyak Sebelum Tidur

Pilih Sabun Wajah dengan Kandungan Tepat

Untuk melakukan perawatan kulit wajah yang berminyak, biasakan sebelum tidur malam kamu harus rutin membersihkannya.

Karena, debu atau kotoran yang menumpuk pada kulit wajah dapat memicu munculnya jerawat, serta pori-pori menjadi tersumbat.

Memilih sabun pencuci wajah dengan kandungan yang tepat bisa membantu mengeksfoliasi kulit wajah. Ini merupakan pilihan tepat bagi kamu yang memiliki kulit berminyak.

Kandungan salicylic acid dapat membersihkan kulit wajah secara tepat hingga ke bagian dalam pori-pori.

Dilansir healthline.com, Dr. Sandra Lee menyatakan, kandungan salicylic acid bisa membantu membersihkan kulit wajah dari minyak yang berlebih. Serta penumpukan sel kulit yang mati.

Selain itu, Dr. Sandra juga menganjurkan bagi pemilik kulit berminyak untuk melakukan double cleansing menggunakan pembersih wajah micellar water.

Baca Juga : Perawatan Wajah Alami, Cara Mudah dan Murah untuk Terlihat Cantik

Mengaplikasikan Toner

Langkah selanjutnya dalam proses perawatan kulit wajah berminyak sebelum tidur yaitu mengaplikasikan toner. Pilih toner yang memiliki kandungan tepat untuk kulit berminyak.

Mengaplikasikan toner ini sebagai langkah berikutnya setelah kamu membersihkan wajah menggunakan micellar water serta sabun wajah.

Manfaat menggunakan toner ini untuk membantumu merawat bagian pori-pori wajah. Oleh karena itu, kamu harus memilih toner yang bisa mengeksfoliasi kulit secara halus.

Gunakan toner yang mengandung salicylic acid, lactic acid, dan glycolic acid supaya dapat membersihkan sel kulit yang mati dengan tepat.

Aplikasikan toner ini satu sampai tiga kali sehari. Namun, kamu juga harus berhati-hati saat menggunakannya agar kulit wajahmu tidak teriritasi.

Menggunakan Masker

Langkah berikutnya yang harus kamu lakukan dalam proses perawatan kulit wajah berminyak sebelum tidur yaitu menggunakan masker.

Penggunaan masker tak hanya bisa membantu kamu merelaksasikan kulit, tapi masker juga akan membantumu dalam merawat kulit yang berminyak.

Baca Juga : Produk Masker Wajah Terbaik untuk Perawatan Kulit Kusam

Memakai masker wajah dua hingga tiga kali dalam satu minggu dapat membantu kamu saat proses perawatan kulit berminyak.

Pilih masker jenis charcoal atau clay untuk membersihkan wajah. Kandungan tea tree oil bisa membantu wajah kamu terhindar dari jamur dan bakteri yang dapat memicu munculnya jerawat.

Antiseptik yang terdapat pada tea tree oil telah terbukti baik untuk mengatasi masalah jerawat maupun kulit berminyak.

Aplikasikan Pelembab Wajah

Semua jenis kulit wajah butuh hidrasi serta pelembab. Begitu juga dengan kulit berminyak. Selama ini banyak informasi yang salah karena menyatakan kalau kulit berminyak tak butuh pelembab.

Padahal jenis kulit yang berminyak justru membutuhkan hidrasi secara tepat supaya produksi minyak dapat berkurang.

Untuk perawatan kulit wajah berminyak sebelum tidur, kamu bisa menggunakan pelembab muka yang ringan, dan tidak memiliki kandungan minyak. Serta terbuatnya dari kandungan air atau water-based.

Aplikasikan pelembab berupa gel saat malam hari pada wajah hingga leher. Namun, hindari penggunaan pelembab yang memiliki tekstur tebal seperti halnya cream.

Pasalnya, pelembab yang berupa cream bisa membuat pori-pori wajah tersumbat, dan mengakibatkan munculnya jerawat.

Itulah 4 langkah dalam melakukan perawatan wajah sebelum tidur bagi kamu yang memiliki jenis kulit berminyak. (R3/HR-Online)

Editor : Eva