Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBerita TerbaruPerbedaan Kelajuan dan Kecepatan yang Penting Diketahui

Perbedaan Kelajuan dan Kecepatan yang Penting Diketahui

Perbedaan kelajuan dan kecepatan sekilas mungkin tidak ada bedanya. Setelah meninjau lebih dalam terlihat perbedaan yang nyata. Keduanya merupakan bagian dari ilmu fisika yang berhubungan dengan gerak lurus yang beraturan.

Hal tersebut baik dari kecepatan maupun laju yang masuk dalam materi perubahan gerak. Gerak sendiri merupakan perubahan posisi terhadap titik acuan dalam waktu tertentu. Seperti apa perbedaan laju dan kecepatan? Simak penjelasan berikut.

Pengertian dan Perbedaan Kelajuan dan Kecepatan Hingga Rumus Masing-Masing

Sebelum kita membahas lebih jauh, mengetahui pengertian dari masing-masing gerak tersebut adalah sangat penting.

Kelajuan merupakan cepat ataupun lambatnya perubahan jarak terhadap waktu. Kelajuan ini termasuk dalam jenis besaran skalar yang memiliki besar tanpa memperhitungkan arah.

Sementara pengertian dari kecepatan merupakan kemampuan melakukan gerakan sejenis yang dilakukan berturut-turut dalam jangka waktu sesingkat-singkatnya. Selain itu kemampuan menempuh jarak dalam waktu singkat.

Sehingga dari pengertian tersebut terlihat perbedaanya bahwa kelajuan adalah cepat lambatnya jarak benda yang memiliki nilai.

Perbedaan kelajuan dan kecepatan, kecepatan adalah cepat lambatnya perpindahan benda yang memiliki nilai juga arah.

Baca Juga: Perbedaan Konduktor dan Isolator dalam Lingkup Terdekat Kita

Kelajuan

Besarnya kelajuan biasanya bernilai positif untuk setiap arah yang dihasilkannya. Misalkan bermula benda melaju ke arah barat dan balik ke timur, hal ini bernilai selalu positif.

Pada kelajuan sebuah benda dapat dilakukan pengukuran dengan alat speedometer. Kelajuan pada dasarnya dibagi menjadi dua bagian yaitu kelajuan sesaat dan kelajuan rata-rata.

Kelajuan sesaat yakni kelajuan rata-rata. Lalu, untuk waktu tempuhnya adalah menempati atau mendekati nol.

Perbedaan kelajuan dan kecepatan, pada kelajuan rata-rata merupakan jarak total dari perpindahan yang ditempuh oleh benda yang bergerak dalam selang waktu yang tidak menentu.

Kelajuan ini hanya memiliki nilai, hanya saja tidak memiliki arah. Sebagai contoh saja mobil yang bergerak dengan kelajuan 50 km/jam.

Pada intinya kelajuan menyatakan seberapa jauh benda berpindah dan merupakan salah satu besaran turunan yang tidak bergantung arah.

Baca Juga: Perbedaan Proton dan Elektron yang Jelas Bertolak Belakang

Kecepatan

Dalam ilmu fisika kecepatan merupakan besaran vektor atau besaran yang memiliki besar serta arah.

Hal ini diperoleh dari perbedaan kelajuan dan kecepatan , perpindahan sebagai atau penentu waktu. Seperti kelajuan, kecepatan ini juga terbagi menjadi 2 bagian. Yaitu kecepatan sesaat dan kecepatan rata-rata.

Kecepatan sesaat yakni kecepatan rata-rata dengan waktu tempuh mendekati nol. Kecepatan ini terjadi pada waktu yang terbatas.

Maka kelajuan sesaat ini adalah besarnya dari kecepatan sesaat. Sementara kecepatan rata-rata merupakan jarak total perpindahan yang dapat ditempuh oleh benda yang bergerak dalam waktu tertentu.

Kecepatan merupakan besaran vektor. Hal ini berbeda dengan kelajuan yang besarannya dengan skalar.

Perbedaan kelajuan dan kecepatan, Kecepatan memiliki besar dan arah. Sementara kelajuan hanya memiliki nilai namun tidak memiliki arah.

Alat untuk menentukan atau mengukur kecepatan adalah dengan velocimeter. Velocimeter mirip dengan speedometer. Hanya saja jenis speedometer jenis linear yang memiliki pencacah angka yang negatif.

Sebagai contoh kecepatan yang memiliki arah adalah bola yang terlempar ke atas dengan kecepatan 30 km/jam.

Rumus Kecepatan dan Kelajuan

Perbedaan kelajuan dan kecepatan memiliki rumus masing-masing yang berbeda. Biasanya kecepatan dan kelajuan dalam bentuk atau simbol (v).

Sedangkan jarak maupun perpindahan dengan lambang (s). Untuk waktu tempuh dengan pernyataan (t).

Rumus Kelajuan Rata-rata yakni v=s/t. Keterangan dari rumus tersebut adalah v kelajuan dalam meter/sekon, s perpindahan dalam meter dan t waktu tempuh dalam sekon.

Perbedaan pada rumus, sementara kecepatan rata-rata dengan rumus v = Δx/Δt yakni v kecepatan rata-rata (m/s), Δx perpindahan x akhir, dan Δt perubahan waktu (s).

Dalam kehidupan sehari-hari banyak orang yang menganggap bahwa kecepatan dan kelajuan adalah sama.

Padahal keduanya cukup berbeda. Sebagai contoh teman maupun keluarga Anda mengendarai sepeda motor kemudian menyatakan bahwa sepeda motor tersebut bergerak 60 km/jam.

Dalam hal ini yang dimaksudkan adalah kelajuan dari sepeda motor teman. Namun jika pernyataan sepeda motor tersebut bergerak 60 km/jam ke arah timur berdasar acuan Anda berdiri, maka kecepatan yakni dari sepeda motor teman. Perbedaan kelajuan dan kecepatan di sini cukup terlihat. Sehingga Anda dapat membedakan melalui alur cerita tersebut. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img