Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita TerbaruPerbedaan Klorofil dan Kloroplas pada Tanaman yang Perlu Diketahui

Perbedaan Klorofil dan Kloroplas pada Tanaman yang Perlu Diketahui

Perbedaan klorofil dan kloroplas pada tanaman penting diketahui. Klorofil merupakan penghasil makanan sel pada tumbuhan hijau. Klorofil ini berada di dalam kloroplas.

Sedangkan kloroplas adalah organel unik yang berada di semua tanaman hijau dan menjadi tempat fotosintesis terjadi. Keduanya memiliki perbedaan dari beberapa segi. Simak perbedaan berikut ini untuk melihatnya secara jelas.

Ketahui Perbedaan Klorofil dan Kloroplas pada Tumbuhan Hijau

Untuk melihat secara detail, perbedaan keduanya maka dibedakan menjadi beberapa faktor yaitu :

Definisi

Klorofil merupakan komponen yang berperan menghasilkan makanan sebagai fotosintesis. Sementara kloroplas merupakan organel pada sel tanaman yang jadi tempat fotosintesis berlangsung.

Meskipun keduanya sama-sama bagian maupun komponen penting dalam proses suatu fotosintesis tumbuhan, namun dari segi definisi cukup berbeda.

Baca Juga: Contoh Kingdom Monera, Didasarkan pada Klasifikasinya

Struktur Klorofil dan Kloroplas

Klorofil dan kloroplas memiliki komposisi struktur yang berbeda. Jika klorofil adalah pigmen hijau yang berupa ekor hidrofobik juga kepala hidrofilik.

Karena merupakan pigmen, maka ia mampu merubah warna cahaya yang awalnya dipantulkan melalui proses penyerapan selektif panjang gelombang tersebut.

Sementara perbedaan klorofil dan kloroplas pada struktur, bagian klorofil yang menyerap cahaya mencakup ikatan ganda maupun tunggal yang saling bergantian.

Untuk kloroplas, organel selnya memiliki klorofil yang cukup banyak. Sehingga secara struktural kloroplas memiliki lipatan dalam, bisa juga disebut retikulasi yang ditutup oleh membran komposit yang memiliki sel ganda. Pada dasarnya, ia terdiri dari cairan yang padat atau stroma dan tilakoid yang memiliki kandungan klorofil.

Jenis

Klorofil memiliki dua jenis utama yakni klorofil Chl a dan klorofil Chl b. Pada klorofil Chl a merupakan agen fotosintesis utama, sementara klorofil Chl b sebagai pigmen dari fotosintetis aksesori.

Lalu kloroplas tidak dibagi kategori bagian. Kloroplas sudah merupakan jenis plastida atau organel membran yang ganda. Biasanya ditemukan di alga dan tumbuhan.

Baca Juga: Contoh Simbiosis Parasitisme Dalam Kehidupan dan Penjelasannya

Pigmen

Perbedaan klorofil dan kloroplas pada pigmen. Klorofil mengandung karotenoid, nuansa merah serta kuning yang bisa dijumpai pada tumbuhan.

Karotenoid ini ada dalam buah serta bunga seperti wortel dan tomat. Sementara pada kloroplas tidak memiliki pigmen semacam itu karena berupa membran tanaman.

Fungsi Dalam Proses Fotosintesis

Apabila kita pelajari secara lanjut, klorofil maupun kloroplas berperan dalam fotosintesis. Namun keduanya memiliki fungsi cukup berbeda.

Klorofil memiliki keterlibatan dalam konversi energi cahaya yang berubah menjadi energi kimia. Selain itu, menyerap energi dari matahari untuk mengubah air dan karbon dioksida menjadi oksigen serta karbohidrat.

Kloroplas sebagai media menampung semua reaksi selama fotosintesis. Selain itu, berisi semua ruang dan enzim yang butuh untuk reaksi proses fotosintesis.

Keterlibatan dari segi fungsi adalah secara detail, kloroplas tempat makanan terproduksi dan tersimpan. Sementara perbedaan dengan kloroplas, klorofil sebagai pekerja menyiapkan produk berkat bantuan matahari.

Sinar tersebut sebagai bahan bakar untuk menyediakan sumber energi klorofil. Fungsi dari karbondioksida dan air adalah sebagai bahan baku proses produksi makanan.

Lokasi

Perbedaan lainnya dari klorofil dan kloroplas adalah letak atau posisi. Klorofil terletak pada tumpukan tilakoid dalam kloroplas. Sementara kloroplas merupakan bagian dari sel yang ada pada tumbuhan.

Segi DNA

Selanjutnya perbedaan berada di DNA masing-masing. Klorofil berupa pigmen dan tidak memiliki DNA. Sedangkan kloroplas terdiri dari DNA. DNA dari kloroplas namanya dengan cpDNA.

Kandungan

Kloroplas ada pada sel tumbuhan, eukariotik fotosintetik, dan lainnya namun hanya berada dalam tumbuhan dan protista. Perbedaan klorofil dan kloroplas berdasarkan kandungan.

Kloroplas mengandung klorofil dan berevolusi dari prokariota atau bakteri. Selain itu, kloroplas mengandung karotenoid yang terdiri dari dua jenis yakni karotein dan xantofil.

Kloroplas mencangkup membran ganda dan memiliki kantong yang berisi cairan tilakoid. Tilakoid tersebut berupa lamellae dan grana yang mengandung pigmen fotosintesis. Kloroplas juga memiliki stroma yang terdiri dari enzim, ribosom, DNA sirkuler, dan produk fotosintetik.

Sementara klorofil merupakan pigmen hijau. Tumbuhan, prokariota, dan alga semuanya mensintesis klorofil. Molekul klorofil tersebut memiliki kepala hidrofilik dan ekor hidrofobik.

Bagian molekul menangkap cahaya, memiliki ikatan tunggal, dan rangkap yang saling bergantian. Ikatan tersebut memiliki kandungan elektron yang bisa terpindah ke tingkat energi tinggi dengan menyerap cahaya matahari.

Perbedaan klorofil dan kloroplas tersebut semakin jelas. Meskipun pada dasarnya memiliki keterlibatan yang sama dalam fotosintesis. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -