spot_imgspot_img
BerandaBerita TerbaruPerbedaan Proton dan Elektron yang Jelas Bertolak Belakang

Perbedaan Proton dan Elektron yang Jelas Bertolak Belakang

- Advertisement -

Perbedaan proton dan elektron sebenarnya cukup mendasar dan jelas. Keduanya berlawanan, elektron bermuatan negatif, sedangkan proton bermuatan positif.

Dari sini saja kita sudah mendapatkan perbedaannya bukan? Nah jika membedahnya semakin dalam kita akan mendapatkan dua sisi dari elektron maupun proton.

Materi kali ini akan berhubungan dengan berbagai fenomena dengan penjelasan secara fisika. Misalnya dari peristiwa magnetisme, listrik, dan masih banyak lagi.

Sejak dahulu orang berpikir bahwa dari sebuah fenomena akan ada penjelasan secara kimia maupun fisika. Oleh karena itu, materi mengenai keduanya muncul untuk ini.

Baca Juga: Perbedaan Unsur dan Senyawa dari Berbagai Sisi Termasuk Sifatnya

Ketahui Perbedaan Proton dan Elektron

Dari keduanya kita akan membahasnya lebih dalam satu per satu. Karena perbedaanya cukup menarik dan menjadi hal yang sangat berbeda bahkan menimbulkan sesuatu jika bercampur.

Proton

Sebuah partikel subatomik, menggunakan simbol “p”. Kandungan atom yang ada di dalamnya bermuatan positif. Dahulunya ditemukan oleh ilmuwan bernama Goldstein.

Partikel ini kabarnya berasal dari sebuah gas dengan muatan positif. Maka ketika proton bertemu dengan sebuah neutron akan bersama membentuk inti dari atom tersebut pada pusat inti atom.

Letaknya yang berada dalam inti atom tidak membuat proton berputar mengelilingi. Sedangkan menentukan sebuah massa proton dengan cara 2000 kali elektron hasilnya akan lebih tinggi daripada elektron. Maka dari sinilah untuk menghapuskan proton memerlukan waktu yang cukup lama dan tidak mudah tentu saja.

Dalam sebuah atom hidrogen memiliki kandungan satu proton. Maka istilah kimianya adalah ion H+.H+. Uniknya semua unsur bisa memiliki proton lebih dari satu namun hidrogen tidak.

Baca Juga: Perbedaan Listrik Statis dan Dinamis dari Muatan Listrik di Dalamnya

Elektron

Menjadi salah satu subatomik yang paling ringan. Dengan muatannya negatif (-), menjadi sebuah penemuan yang membuka penjelasan mengenai listrik dan banyak hal seputarnya.

JJ Thomson yang menjadi penemunya, akhirnya memberikan penjelasan mengenai ikatan kimia dan berbagai fenomena. Letaknya berbeda dengan proton yang ada di inti atom, elektron beredar mengelilingi atom dengan orbit yang berlawanan.

Ketika memperhatikan atom, maka kita akan mendapatkan sebuah spin bersama dengan sepasang elektron mengitarinya. Nah, elektron ternyata memiliki dua jenis.

Pertama, elektron inti dan kedua elektron valensi. Letaknya berbeda, jika valensi pada orbit terluar dengan ikatan kimia, maka inti akan berada di bagian lebih dalam dan tidak bersinggungan langsung dengannya.

Perbedaan proton dan elektron, terlihat ketika elektron pada kulit atom mudah bebas dan memberikan energi. Dengan massa yang lebih rendah daripada proton, maka menghilangkan elektron tidak lebih sulit daripada proton.

Contoh Fenomena

Perbedaan proton dan elektron akan terlihat jika kita membahas mengenai fenomenanya langsung. Dari sebuah muatan listrik tentu akan memiliki elektron dalamnya.

Sering terjadi dalam listrik, konduktivitas termal dan magnetisme. Medan ini akan bergerak dalam lintasan elektron bersama dengan inti atom.

Penggunaan dari elektron membantu dalam perkembangan studi pengetahuan. Misalnya pada terapi radiasi, mikroskop elektron, dan pemercepat partikel.

Beberapa peralatan dari laboratorium menggunakan perkembangan elektron. Karena teori dari terbentuknya elektron berasalkan dari sebuah ledakan besar atau Big Bang. Selain itu, juga bisa melalui peluruhan beta isotop sebuah radioaktif dan tumbukan dari energi yang besar.

Dari sebuah gaya tarik Coulomb yang melibatkan proton dan elektron sehingga membuat terikat pada atom. Pertukaran dari elektron dan atom sendiri membuat sebuah ikatan kimia.

Ringkasan Perbedaan Proton dan Elektron

Dari pembahasan secara rinci tersebut kita bisa membayangkan bahwa keduanya merupakan komponen berbeda. Dengan orbit dan letak jelas berbeda, apalagi muatan yang bertolak belakang.

Proton yang berada di inti atom dan elektron terletak pada luar mengorbitnya. Proton yang hanya diam. Berbeda dengan elektron yang selalu bergerak mengorbit secara berlawanan.

Misalnya dalam sebuah reaksi kimia, kita bisa memperhatikannya. Elektron akan membantu sebuah reaksi secara aktif dan menjadi pemeran utama. Hal ini berbeda dengan proton yang cenderung diam dan tidak membantu sebuah reaksi kimia tersebut.

Sebagai partikel dasar atom, proton hampir selalu hadir di berbagai pembentukan inti atom lainnya. Pengambilan nama proton yang memiliki arti pertama dalam bahasa Yunani terlihat menegakkannya.

Perbedaan proton dan elektron yang kita bahas terlihat jelas bukan bahwa keduanya bertolak belakang. Namun saling berkaitan dan berpengaruh dalam sebuah atom. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -