Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBerita TerbaruPerbuatan Baik yang Mendatangkan Pahala, Kunci Jadi Penghuni Surga

Perbuatan Baik yang Mendatangkan Pahala, Kunci Jadi Penghuni Surga

Perbuatan baik yang mendatangkan pahala dalam Islam, tentunya ada banyak sekali. Sudah menjadi kewajiban untuk kita, terus melakukan amal kebaikan dalam kehidupan sehari-hari. Sudahkah hari ini Anda berbuat baik?

Dalam satu hari, 24 jam tentunya kita bisa melakukan banyak amal kebaikan. Bahkan, seharusnya hal tersebut bukan tidak mungkin untuk kita lakukan.

Terkadang juga kita kurang begitu sadar, akan adanya hal baik dalam lingkungan sekitar kita. Pemahaman kita itu, sebatas, melakukan kebaikan kemudian dilihat oleh banyak orang. hal itu sekarang ini memang sangat nyata.

Mungkinkah diri kita sendiri ini malah yang jadi pelakunya? Sungguh, naudzubillahi mindzalik. Pada dasarnya, kita memang berbuat baik.

Akan tetapi, jika kita ingin melakukannya untuk dilihat banyak orang atau mendapatkan banyak pujian, jatuhnya nanti sombong. Bukan pahala yang Anda dapatkan. Pasalnya, pahala tersebut sudah rusak.

baca juga: Dampak Negatif Perbuatan Riya yang Merugikan di Dunia Maupun Akhirat

Beberapa Perbuatan Baik yang Mendatangkan Pahala Bisa Kita Lakukan

Alangkah lebih baiknya, jika kita hendak melakukan amal kebaikan, jangan sampai ada orang yang mengetahuinya. Hal tersebut juga merupakan salah satu anjuran dalam agama Islam.

Sedangkan berbuat kebaikan sendiri, juga menjadi perintah untuk umat Islam. Sebagaimana terdapat dalam firman Allah surat Al A’raf ayat 56.

Dari ayat tersebut, kita bisa sedikit mengambil kesimpulan bahwa siapapun yang berbuat kebaikan dengan niat yang ikhlas dan tulus, maka rahmat Allah itu sangatlah dekat baginya. Siapa yang tidak ingin menjadi kekasih Allah?

Ketika kita melakukan amal kebaikan, sebenarnya hal yang demikian itu juga untuk diri kita sendiri. Bagaimana bisa? Memang kita melakukan hal tersebut untuk orang lain, akan tetapi pahalanya diri kita sendiri yang akan mengantonginya.

Pahala, merupakan salah satu kunci yang menyebabkan kita menjadi penghuni surga.

Nah, supaya kita menjadi penghuni surga Allah, penting sekali untuk menyimak beberapa informasi berikut ini, berkaitan dengan amal kebaikan yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

baca juga: Contoh Perbuatan Zalim Terdekat di Kehidupan yang Kita Sepelekan

Menjenguk Orang Sakit

Untuk perbuatan baik yang mendatangkan pahala pertama adalah, menjenguk orang yang sedang sakit. Apakah hal tersebut merupakan amal kebaikan? Tentu saja iya.

Biasanya ketika kita menjenguk orang sakit, kita membawakan parsel yang berisi buah-buahan, makanan ataupun uang. 

Dengan demikian, hal tersebut merupakan amal kebaikan. Asalkan, kita melakukannya dengan ikhlas dan hanya berharap dengan Ridho dari Allah.

Selain merupakan amal kebaikan Allah akan memberikan kita pahala sebagai imbalannya. Seperti halnya hadits riwayat Tirmidzi, apabila seorang muslim menjenguk muslim lainnya pada waktu pagi, ia akan didoakan 70 malaikat sampai waktu sore. 

Akan tetapi, apabila mereka menjenguk pada waktu sore, maka malaikat tersebut akan mendoakannya kembali sampai pada pagi hari berikutnya. Bahkan, kelak di surga mereka akan mendapatkan buah-buahan yang siap dipetik.

baca juga: Kandungan Surat At-Tin Menjelaskan Perbuatan Manusia dan Balasannya

Mendoakan Orang Lain

Mendoakan orang lain, juga merupakan perbuatan baik yang mendatangkan pahala. Apabila kita mendoakan orang lain berupa hal yang baik-baik, maka doa bak tersebut tentunya akan kembali kepada kita.

Bukan hanya doa tersebut akan kembali kepada kita, melainkan kita juga akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Selalu Bersabar

Bersabar juga termasuk dalam perbuatan baik yang mendatangkan pahala paling besar. Hal ini terjadi karena, hal ini terjadi karena, sabar itu merupakan hal yang paling sulit untuk kita lakukan.

Memang mudah pengucapannya, akan tetapi sangat susah untuk mengamalkannya.

Dalam Al-quran surat Al-baqarah ayat 153 menjelaskan, orang yang beriman itu menjadikan sabar dan shalat sebagai penolongnya. Karena sesungguhnya, Allah itu bersama orang-orang yang sabar. Selain mengajarkan kepada diri kita untuk tidak terburu-buru emosi, sabar juga menyebabkan kita mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Sedekah

Tidak hanya itu saja, akan tetapi bersedekah juga merupakan perbuatan baik yang mendatangkan pahala kepada siapapun yang melakukannya. Kenapa kita harus bersedekah? Karena sebagian harta yang kita miliki itu terdapat hak mereka.

Quran surat Al-munafiqun ayat 10 menjelaskan, infakkanlah sebagian harta yang sudah Kami berikan kepadamu sebelum datangnya kematian. Lalu mereka berkata menyesali, Wahai Allah, apabila Engkau berkenan menunda kematianku, maka aku akan bersedekah dan menjadi orang-orang yang shaleh.

Mungkin sebagian orang mempunyai anggapan, sedekah itu mengurangi jumlah harta yang kita miliki. Akan tetapi, tanpa kita sadari, Allah akan melipatgandakannya. Bahkan, kita juga akan mendapatkan pahala dan rezeki yang datangnya tidak pernah kita sangka-sangka sebelumnya.

Nah, beberapa perbuatan baik yang mendatangkan pahala tersebut, bisa kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari, sebagai salah satu kunci yang menyebabkan kita masuk ke surga Allah SWT. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img