Petani Porang di Pangandaran akan Dapat Bantuan Modal Tanpa Agunan

Petani Porang di Pangandaran akan Dapat Bantuan Modal Tanpa Agunan
Launching penanaman porang di Desa Cintakarya, Parigi, Kabupaten Pangandaran, Kamis (02/9/2021). Foto : Enceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Ratusan petani porang di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, akan mendapatkan suntikan modal tanpa agunan. Modal tersebut berasal dari Bank bjb.

Ketua KADIN Pangandaran, Yayan Sugiantoro mengatakan, selain menggandeng Bank bjb, pihaknya juga bekerjasama dengan eksportir dari Semarang yaitu PT. Joglosemar Karangsari Makmur.

“Ini bentuk keseriusan kami dalam upaya untuk mensukseskan budidaya porang di Pangandaran,” katanya usai launching penanaman porang di Desa Cintakarya, Parigi, Kabupaten Pangandaran, Kamis (02/9/2021).

Menurutnya, program kerjasama dengan bjb dan PT. Joglosemar Karangsari Makmur tersebut, akan sangat membantu dan mendorong para petani porang, yang rata-rata terkendala modal.

“Jadi, program ini nantinya petani akan mendapatkan permodalan tanpa agunan. Sementara untuk pengembaliannya nanti setelah panen dengan bunga 6 persen,” tuturnya.

Lebih lanjut Yayan menegaskan, bahwa para petani porang yang ikut dalam program ini tidak mempunyai resiko. Sebab, semua resiko sudah ditanggung.

“Meski pas panen harganya Rp 7.000 per kilogram, petani tidak akan rugi. Apalagi kalau harganya lebih dari Rp 10.000,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Pangandaran, H Jeje Wiradinata, mengapresiasi dan mendukung upaya KADIN Pangandaran dan semua yang terlibat.

Lebih lanjut Jeje menuturkan, para petani porang yang akan mendapatkan bantuan permodalan tanpa agunan tersebut sebanyak 158 orang.

“Mereka akan mendapatkan kredit permodalan tanpa agunan, dan cicilannya dikembalikan setelah panen,” katanya. (Enceng/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto