Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaBerita TasikmalayaPrihatin Tinggal di Rutilahu, Warga Tasikmalaya Ini Dapat Bantuan

Prihatin Tinggal di Rutilahu, Warga Tasikmalaya Ini Dapat Bantuan

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),– Yayah (44) warga Dusun Sukarapih, Desa Karangjaya, Kecamatan Karangjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat terpaksa hidup di rumah tak layak huni (rutilahu).

Pantauan HR Online, kondisi rumah Yayah sangat memprihatinkan. Rumah Yayah merupakan rumah panggung dengan ukuran 2 meter persegi. Sementara dinding rumahnya terbuat dari bilik bambu. Pada beberapa bagian terlihat bolong-bolong dan rapuh. 

Rumahnya pun hampir roboh dan lapuk dimakan usia. Bahkan bangunan rumah Yayah terlihat miring.

“Sudah hampir tiga tahun tinggal di rumah ini. Atapnya bolong-bolong, kalau hujan turun pasti air masuk, saya ingin juga seperti orang lain rumahnya kokoh. Namun apa daya tidak punya biaya untuk merenovasinya,” kata Yayah, Selasa (22/9/2021).

Janda beranak satu ini sempat mengeluh tentang kehidupan sehari-hari yang dijalaninya. “Iya jangankan untuk biaya renovasi rumah, sudah dapat makan untuk sehari-hari saja sudah untung alhamdulillah,” ucapnya.

“Tapi kalau untuk sekarang sih alhamdulillah, rumah saya mau direnovasi. Dapat bantuan dari swadaya warga masyarakat dan pihak muspika Kecamatan Karangjaya Tasikmalaya,” lanjutnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Karangjaya Jajang Kamal, mengakui memang ada warganya yang tinggal di rumah tidak layak huni.

“Alhamdulillah berkat bantuan dari swadaya masyarakat akan direnovasi. Kami pun dari pihak Desa bekerja sama dengan masyarakat gotong royong membangun rumah. Sehingga Mak Yayah juga bisa hidup di rumah yang memang layak,” katanya. (Apip/R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img