Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaBerita BanjarProgram DKM Bergerak Diluncurkan di Kota Banjar, Percepat Vaksinasi

Program DKM Bergerak Diluncurkan di Kota Banjar, Percepat Vaksinasi

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Program DKM bergerak diluncurkan Kementerian Agama (Kemenag) bersama Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Banjar, Jawa Barat. Program ini untuk mempercepat pelayanan vaksinasi Covid-19 terhadap masyarakat.

Upaya mencegah penyebaran virus Covid-19, selain ikhtiar dengan mematuhi protokol kesehatan, vaksinasi juga sangat penting untuk meningkatkan kekebalan imunitas tubuh.

Kegiatan vaksinasi dalam program DKM Bergerak tersebut pertama kali dilaunching oleh Kemenag Kota Banjar bersama DMI Kota Banjar di Masjid Baitussholihin, Dusun Citangkolo, Desa Kujangsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar.

Kepala Kementerian Agama Kota Banjar, H. Badruzaman mengatakan, program Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Bergerak tersebut menjadi distinctive, atau pembeda dari gerakan-gerakan vaksinasi di tempat lain.

“Dewan Kemakmuran Masjid Bergerak ini menjadi distinctive gerakan percepatan vaksinasi, khususnya di Kota Banjar. Serta menjadi pembeda dengan daerah kabupaten atau kota yang lainnya,” katanya, Jumat (17/09/2021).

Menurut Badruzaman, dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tidak ada unsur pemaksaan terhadap masyarakat. Akan tetapi yang terjadi antusiasme masyarakat sangat tinggi.

“Tentunya kita tidak melakukan pemaksaan. Malah yang terjadi kesadaran dan antusiasme masyarakat sangat luar biasa untuk mendapatkan vaksin,” paparnya.

Program tersebut, lanjut Badruzaman, berlangsung setiap hari Jumat. Lokasinya di 18 tempat yang tersebar di beberapa desa dan kelurahan yang ada di wilayah Kota Banjar.

“Sekarang serentak ada 18 titik lokasi untuk melaksanakan program DKM Bergerak ini. Sasarannya masyarakat yang belum mendapatkan vaksin,” terang Badruzaman.

Baca Juga : Vaksinasi Tahap 3, Nakes di Kota Banjar Gunakan Vaksin Moderna

Program DKM Bergerak di Kota Banjar Gunakan Vaksin Sinovac

Sementara itu, Ketua DKM Baitussholihin, Mujahid mengatakan, dengan adanya usaha dalam meningkatkan kekebalan imunitas tubuh tersebut dapat menangkal segala sumber penyakit berbahaya.

“Mudah-mudahan dengan adanya vaksin ini sebagai usaha dari pemerintah untuk menangkal segala penyakit yang membahayakan. Dan wabah ini lekas diangkat oleh Allah SWT,” harapnya.

Mujahid menambahkan, semua harus bersatu dalam menangani pandemi Covid-19 ini. ia pun mengimbau masyarakat untuk mengikuti anjuran dari pemerintah.

“Ikhtiar itu wajib hukumnya. Jadi ikutilah anjuran dari pemerintah ini. Karena untuk kebaikan semua di tengah situasi yang kita hadapi seperti sekarang ini,” tandasnya.

Dalam pelayanan vaksinasi program DKM Bergerak di Dusun Citangkolo, Desa Kujangsari itu menggunakan vaksin jenis Sinovac. Sebanyak 114 orang sudah mendapatkan vaksin yang terdiri dari 95 vaksin dosis ke satu, dan 9 orang dosis kedua. (Sandi/R3/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img