spot_imgspot_img
BerandaBerita TerbaruScan dokumen dengan Google Drive Manfaatkan Kamera HP, Ini Caranya

Scan dokumen dengan Google Drive Manfaatkan Kamera HP, Ini Caranya

- Advertisement -

Scan dokumen dengan Google Drive sebenarnya dapat kita lakukan dengan cara yang cukup mudah. Caranya hanya tinggal dengan menggunakan perangkat HP dalam beberapa tahapan saja.

Perlu Anda ketahui, pada Google Drive terdapat berbagai fitur menarik yang dapat kita manfaatkan, salah satunya adalah fitur scanner. Melalui fitur ini, maka para pengguna dapat men-scan dokumen dengan mudah tanpa harus mendatangi tempat foto copy lagi.

Namun sangat disayangkan, untuk dapat menikmati manfaat fitur scanner pada Google Drive. maka Anda harus menggunakan smartphone dengan spesifikasi menengah ke atas.

Baca Juga : Aplikasi Scan Tanda Tangan CamScanner, Ketahui Cara Menggunakannya

Sedangkan untuk para pengguna ponsel lawas masih belum dapat merasakan fitur ini. Pengguna HP versi lawas harus menggunakan aplikasi tambahan untuk dapat men-scan dokumen tersebut.

Cara Scan Dokumen dengan Google Drive Mudah

Scanning atau kegiatan memindai dokumen atau gambar adalah aktivitas umum yang dilakukan oleh sebagian orang. Terutama bagi mereka yang bekerja di kantor, guru, dosen, mahasiswa, hingga pelajar sudah sangat sering melakukan kegiatan ini.

Proses scan memiliki fungsi untuk mengubah dokumen atau gambar ke dalam format digital sehingga akan lebih mudah untuk disimpan, dikirim hingga Anda cetak.

Pada awalnya, untuk dapat melakukan aktivitas scanning, seseorang memerlukan alat khusus yang berwarna scanner. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, seseorang dapat dengan mudah melakukan aktivitas scanning dengan menggunakan perangkat HP saja.

Baca Juga : Aplikasi Scan Foto Terbaik pada Android, Wajib Dicoba!

Hal ini tentunya akan sangat mempermudah dalam proses scanning yang dapat Anda lakukan kapan dan dimana saja. Smartphone tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, akan tetapi juga sebagai alat scanner.

Dalam hal ini para pengguna tidak perlu menginstall aplikasi tambahan, karena dapat memanfaatkan Google Drive yang telah tersedia pada perangkat HP.

Proses Scan Dokumen dengan Google Drive

Google Drive merupakan salah satu aplikasi esensial yang terdapat pada smartphone baik Android atau iPhone. Saat ini Google Drive memiliki fitur scan dokumen yang disematkan secara bawaan. Dengan demikian para pengguna tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga dalam proses memindai dokumen.

Adapun cara scan dokumen dengan menggunakan Google Drive antara lain:

  • Pertama, install aplikasi Google Drive pada perangkat HP melalui layanan Google Play.
  • Setelah Google Drive berhasil terpasang, maka Anda dapat mulai proses scanning dengan mengakses tombol plus (+) yang terdapat pada bagian kanan bawah layar Google Drive. Hal ini bertujuan untuk membuat data file baru.
  • Cara scan dokumen dengan Google Drive selanjutnya adala akan muncul beberapa pilihan yang akan Anda gunakan sebagai sumber media dalam memasukkan data file. Dalam tahap ini, maka Anda dapat memilih opsi yang berupa tombol scan dengan tanda gambar kamera.
  • Selanjutnya Google Drive akan mengakses serta mengaktifkan kamera smartphone yang Anda gunakan.
  • Ketika kamera telah menyala, Anda dapat mengarahkan kamera ke dokumen yang akan Anda scan. Kemudian, Anda dapat memulai proses scanning dengan memotret gambar atau dokumen tersebut.

Cara Simpan Hasil Scan Dokumen dengan Google Drive

Setelah proses scanning menggunakan kamera HP dengan Google Drive berhasil, maka Anda dapat langsung menyimpan data dokumen tersebut dengan format PDF.

Caranya cukup mudah, Anda tinggal mengakses tanda centang yang terdapat pada bagian bawah gambar. Atau Anda juga dapat menyunting data dokumen yang telah Anda scan terlebih dahulu.

Seperti melakukan crop atau mengubah ukuran pada dokumen tersebut. Selanjutnya dapat Anda simpan dalam format PDF sesuai dengan yang Anda inginkan.

Ketentuan Scan Dokumen dengan Google Drive

Sebenarnya tidak ada ketentuan khusus dalam proses scan dengan menggunakan aplikasi Google Drive. Karena dalam proses scan ini Anda tidak perlu adanya koneksi internet.

Akan tetapi pada saat Anda ingin mendownload atau berbagi link hasil scan tersebut, maka Anda hanya dapat melakukannya ketika terhubung dengan jaringan internet. 

Selanjutnya hasil scan sangat tergantung dengan kualitas kamera dari pencahayaan pada saat Anda mengambil gambar.

Demikianlah tutorial scan dokumen dengan Google Drive yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Apabila hasil scan kurang maksimal, pastikan Anda melihat pengaturan pada aplikasi Google Drive terlebih dahulu. Caranya dengan mengatur kualitas gambar ke high serta pastikan untuk mengatur ukuran kertas dengan benar. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -