Rabu, Desember 1, 2021
BerandaBerita TerbaruSekat Ruangan Bahan Fiber dan Jenis Lain dengan Beragam Keunggulan

Sekat Ruangan Bahan Fiber dan Jenis Lain dengan Beragam Keunggulan

Sekat ruangan bahan fiber bisa dibilang cukup menarik untuk dijadikan pilihan. Pada umumnya sekat ruangan memiliki fungsi untuk memberikan perantara atau pembeda antara satu ruang dengan yang lainnya.

Dengan menggunakan sekat, tentu bisa dengan mudah Anda pindahkan dari tempat satu ke yang lainnya. Sehingga sekat tersebut lebih fleksibel dan portable.

Untuk Anda yang menginginkan tampilan baru pada interior rumah tidak ada salahnya jika menggunakan sekat yang lebih fleksibel. Bahkan Anda bisa merubah posisinya ke bagian ruangan mana saja.

Selain lebih hemat sekat fiber juga memiliki tampilan interior yang menarik. Cukup dengan meletakkan penyekat Anda sudah akan mendapatkan ruang yang baru.

Baca Juga: Model Sekat Tembok Ruang Tamu Inspirasi Menarik untuk Rumah Anda

Banyaknya jenis material sekat yang ada membuat Anda bebas untuk memilih. Berbagai pilihan material yang ada, sekat ruangan bahan fiber banyak menjadi pilihan karena keunggulannya.

Akan tetapi, dari sekian banyaknya jenis sekat semua memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Agar bisa lebih jelas, simak uraiannya berikut ini.

Mengenal Sekat Ruangan Bahan Fiber dan Jenis Lainnya

Partisi adalah penyekat ruangan yang memiliki sifat berbeda daripada tembok atau sejenisnya. Berbeda dengan tembok permanen yang tidak bisa Anda ubah tempatnya.

Berbeda dengan partisi yang memiliki sifat lebih fleksibel. Sehingga dapat membantu Anda lebih mudah dalam meletakkannya pada berbagai ruangan.

Ada banyak sekali jenis material yang biasa Anda gunakan untuk penyekat ruangan. Semua hadir dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Partisi atau sekat ruangan yang lebih fleksibel ini justru akan memberikan kesan lebih luas. Bagi Anda yang menginginkan mengganti interior ruangan lebih futuristik, bisa menggunakan berbagai material sekat yang cocok.

Sebab ada beberapa material sekat yang bisa Anda jadikan pilihan. Termasuk sekat ruangan bahan fiber dengan keunggulannya masing-masing. Berikut beberapa jenis sekat yang bisa Anda jadikan rekomendasi pilihan, antara lain:

Fiber

Pada jenis material sekat yang pertama yaitu fiber. Jika Anda lihat, mungkin fiber tampak seperti kaca. Hanya saja memiliki warna agak buram dengan tekstur halus.

Adapun karakter dari fiber yaitu berbentuk lembaran, mudah dibersihkan, mudah disesuaikan, lentur, dan pastinya tahan lama. Jika Anda memilih sekat yang satu ini, padukan dengan tambahan pencahayaan lampu dengan aturan tertentu. Sebab, jika Anda bisa mengaturnya dengan tepat, ruangan akan tampak lebih mengesankan.

Baca Juga: Bahan Plafon Terbaik Mampu Memberikan Kualitas Hasil yang Maksimal

Kaca

Berbeda dengan fiber, material kaca cukup populer saat ini sebagai sekat ruangan di rumah. Dengan material sekat yang satu ini mampu memberikan kesan interior ruangan tampak lebih berkelas, futuristik, dan modern.

Itulah bedanya dengan sekat ruangan bahan fiber. Apabila Anda bisa menggunakan kaca dan cermin dengan tepat, maka kesan ruangan akan semakin maksimal.

Kayu

Sekat tembok permanen memang tidak bisa Anda pindahkan. Sehingga kesan ruangan Anda akan tampak begitu-begitu saja. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika Anda memilih sekat fleksibel yang bisa berpindah tempat dengan mudah. Misalnya saja sekat ruangan bahan fiber.

Selain bahan fiber dan kaca, material kayu juga banyak dijadikan pilihan. Dengan material yang satu ini, Anda bisa memasangnya secara permanen maupun non permanen.

Pada ruangan yang lebih besar biasanya partisi kayu akan jadi lebih fleksibel. Bahkan bisa buka maupun tutup sesuai dengan keinginan pemiliknya.

Gisum

Ada banyak pilihan selain sekat ruangan bahan fiber. Pilihan yang selanjutnya yaitu dari material gipsum. Gipsum memiliki bahan yang ringan dan tahan lama.

Meski tidak seperti batu bata, namun jenis sekat satu ini dapat terpasang secara presisi yang tinggi. Hanya saja untuk membuatnya terpasang, Anda membutuhkan baja hollow agar lebih kokoh.

Besi

Besi menjadi salah satu material yang banyak berperan untuk proyek bangunan. Bahkan selain itu, material yang satu ini juga banyak berfungsi untuk sekat ruangan.

Besi memiliki corak dan desain yang unik, bahkan detailnya tampak jelas. Hal ini karena sekat jenis yang satu ini terbuat menggunakan metode laser cutting.

Anda bisa mendapatkan motif yang diinginkan menggunakan metode tersebut. Untuk tingkat kekuatannya sendiri, tentu besi sudah terjamin.

Hanya saja, Anda perlu melakukan perawatan secara rutin. Bersihkan agar kotoran dan debu tidak lagi menempel. Itulah keunggulan material besi dari sekat ruangan bahan fiber. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -