Setting HP Android Baru dengan Tepat, Maksimalkan Kinerja Ponsel

setting hp Android baru
Ilustrasi setting hp Android baru. Foto: Ist/Net

Setting HP Android baru merupakan hal penting yang harus Anda perhatikan. Smartphone saat ini telah menjadi salah satu perangkat wajib bagi setiap orang. Seperti yang kita ketahui, masing-masing HP tentu mempunyai sistem, tampilan serta pengaturan yang berbeda-beda.

Bagi Anda yang telah membeli ponsel baru, tentunya akan mengutak-atik perangkat tersebut untuk dapat beradaptasi dengan berbagai fitur yang tersemat di dalamnya. Selain itu Anda juga perlu memaksimalkan fungsi dari smartphone yang telah Anda beli.

Baca Juga : Setting Mikrotik Lewat HP Android Atau iOS Dengan Mudah, Ini Caranya

Mungkin untuk sebagian orang, masih kurang paham, apa yang harus dilakukan pada smartphone baru yang mereka miliki. Berikut ini beberapa tips yang harus dilakukan dalam melakukan pengaturan pada HP Android baru Anda.

Cara Setting HP Android Baru

Di era digital saat ini, seakan-akan memaksa orang membeli HP dengan spek mumpuni. Dalam menggunakan perangkat HP yang baru, tentu langkah awal yang harus kita lakukan adalah menyeting perangkat tersebut agar dapat berfungsi secara maksimal.

Langkah-langkah Setting Awal HP Android Baru

Namun terkadang, tidak semuanya dapat  melakukan proses setting pertama kali pada HP baru. Pada umumnya mereka akan membutuhkan bantuan pegawai konter HP untuk melakukan proses setting pertama kali setelah mereka membeli HP.

Sebenarnya setting HP Android baru dapat kita lakukan sendiri dengan mudah. Berikut ini beberapa langkah yang harus kita lakukan saat melakukan penyetingan pada perangkat HP Android yang baru antara lain:

  • Pertama, masukkan kartu SIM yang akan Anda gunakan
  • Selanjutnya masukkan memori internal apabila Anda perlukan
  • Atur bahasa, untuk mempermudah Anda dalam mengoperasikan HP baru Anda
  • Kemudian Sambungkan dengan WiFI, karena dalam proses setting HP Android baru sangat memerlukan jaringan internet dalam memudahkan proses. Atau Anda juga dapat menggunakan kuota internet dengan jaringan yang lancar.
  • Langkah berikutnya, buat akun Google baru supaya dapat menikmati layanan Google.
  • Kemudian, harus menambahkan email sebagai alternatif jaminan keamanan pada perangkat smartphone Android yang Anda gunakan.
  • Proses selanjutnya, verifikasi akun, lalu atur profil dasar seperti waktu, tanggal, nada dering, pemberitahuan dan lain sebagainya
  • Anda dapat mendownload aplikasi yang Anda perlukan melalui Google Play Store
  • Kemudian Anda dapat install aplikasi serta masuk ke akun Google apabila Anda butuhkan.

Setting Keamanan di HP Android Baru

Anda dapat melindungi ponsel dari tangan-tangan jahil yakni dengan melakukan pengaturan screen lock. Caranya dengan masuk ke setting > security > screen lock.

Anda dapat memilih mengunci layar menggunakan face unlock, password, pattern atau yang lainnya. Hal ini sesuai dengan versi OS pada perangkat HP Anda. Sangat disarankan kepada Anda untuk memilih Password atau PIN sebagai cara paling aman agar isi ponsel Anda tidak bisa sembarang orang lihat.

Baca Juga : Cara Setting APN Xiaomi dengan Tepat, Jaringan Lebih Stabil dan Cepat

Hal penting yang tidak boleh Anda lewatkan dalam proses setting HP Android baru adalah mengaktifkan fitur layanan Google Find My Device. Fitur ini sangat bermanfaat bagi para pengguna HP, karena dapat membantu saat HP yang Anda gunakan tiba-tiba hilang.

Cara menggunakannya cukup mudah. Pertama buka pengaturan pada perangkat HP Anda. Kemudian cari “Temukan Perangkat Saya”, lalu aktifkan dengan memasukkan akun Google. Setelah proses pengaktifan berhasil, maka Anda dapat menuju ke android.com/find dari perangkat lain. Masuk ke akun Google untuk dapat melacak HP Anda yang hilang.

Menghemat Baterai Ponsel

Menghemat baterai juga menjadi salah satu hal penting dalam setting HP Android baru. Dalam urusan ini, Google menyediakan layanan Baterai Adaptif dan Optimasi Baterai.

Dengan menggunakan fitur ini dapat mempelajari bagaimana cara Anda menggunakan HP. Mulai dengan mengetahui aplikasi apa yang Anda gunakan, selanjutnya mengoptimalkan pemakaian baterai pada aplikasi tersebut. Dengan demikian Anda bisa lebih hemat baterai.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan fitur dark mode pada perangkat HP yang Anda gunakan. Menurut Google, fitur ini tidak hanya mampu mengurangi tegangan yang muncul dari ponsel Anda. Akan tetapi juga mampu meningkatkan masa pakai baterai karena memerlukan lebih sedikit daya untuk menampilkan latar belakang gelap pada layar.

Demikianlah beberapa cara setting HP Android baru yang Anda miliki. Dengan mengikuti beberapa langkah di atas, maka kinerja ponsel Anda pun dapat lebih maksimal. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto