spot_imgspot_img
BerandaBerita TerbaruSinopsis Film Mangi-Mangi: Seri Edukasi Maritim dari Kemenko Marves RI

Sinopsis Film Mangi-Mangi: Seri Edukasi Maritim dari Kemenko Marves RI

- Advertisement -

Sinopsis film Mangi-Mangi akan bercerita terpusat pada karakter tiga anak yang tinggal di daerah pesisir. Mereka tidak lain adalah orang-orang yang sedang dalam perjalanan menemukan jati diri masing-masing.

Mangi-Mangi merupakan film seri proyek dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia (Kemenko Marves RI). Tujuannya adalah untuk meningkatan literasi terkait maritim serta budaya bahari, khususnya Nusantara.

Mangi-Mangi sendiri adalah kata serapan dari bahasa Melayu Kuno yang bermakna Mangrove. Tim produksi menggunakan Desa Kaliwlingi Brebes untuk lokasi syuting.

Baca Juga: Sinopsis The Hurricane Heist, Film Perampokan di Tengah Bencana

Secara virtual pada hari Rabu, 8 September 2021 kemarin, film Mangi-Mangi ini resmi meluncur. Pihak Kemenko Marves juga menggandeng Telkomsel untuk proyek film seri edukasi ini.

Sinopsis Film Mangi-Mangi

Mangi-Mangi memboyong cerita yang mengandung nilai edukasi dan pengetahuan di dalamnya. Film ini berpusat pada tiga sosok yang tengah dilema memikirkan kehidupan di desanya.

Mereka adalah Aris, Raha, dan Laras. Di tengah kehidupan yang mereka jalani, mereka mempunyai pemikiran yang sama tentang desanya. Menurutnya, kondisi desa mereka sedang tidak menghasilkan apa-apa.

Hal tersebut bersumber dari banyaknya pemuda-pemudi yang memilih merantau di kota-kota. Terus terngiang dengan permasalahan tersebut, Aris, Raha, dan Laras mencoba untuk mencarikan solusi.

Pada akhirnya mereka bergerak dan menggerakkan pemuda-pemudi yang masih tersisa di desanya. Dengan begitulah desa mereka bisa lebih produktif sekaligus bisa menjadi penunjang meningkatnya roda perekonomian masyarakat di desanya.

Sinopsis film Mangi-Mangi juga menceritakan bagaimana Aris, Raha, dan Laras menggalakkan kawan-kawannya untuk membudidayakan kepiting soka. Dalam perjalanannya menyukseskan proyek tersebut, mereka mendapati banyak tantangan hingga kegagalan yang tidak hanya satu dua kali.

Akan tetapi, bagi ketiga anak tersebut, itu hanyalah bumbu dalam perjuangan yang sesungguhnya. Hal-hal yang lahir untuk menguji komitmen merekam dalam kesungguhannya memerdekakan desa dari ketertinggalan dan membangun roda perekonomian yang baik.

Tentang Film Mangi-Mangi

Seperti yang kita tahu, Mangi-Mangi merupakan film yang sengaja digarap oleh Kemenko Marves RI bekerjasama dengan Telkomsel Indonesia. Sinopsis film Mangi-Mangi ini menampilkan tiga pemain utama yakni, Laras Sardi, Rinaldy Zulkarnain, dan Fachri Muhammad.

Baca Juga: Review Film Pompeii, Kisah Seorang Gladiator Selamatkan Kekasihnya

Bermain di bawah arahan sutradara Alif Steve dan Kirana Kejora menempati kursi produse, film ini adalah persembahan terbaik untuk para kaum milenial dan generasi Z agar lebih menyadari arti dan kemanfaatan laut yang sebenarnya dengan menyaksikan film Mangi-Mangi.

Kemenko Marves RI, Luhut Binsar Panjaitan, meminta untuk para generasi muda, utamanya, untuk menonton film berdurasi 31 menit di setiap episode. Untuk jumlah episodenya film Mangi-Mangi terbit dengan berjumlah 2 episode.

Film Mangi-Mangi sudah mulai meluncur di layangan Streaming terdepan Telkomsel, MAXstream tanggal 8 September 2021 kemarin.

Sinopsis Film Mangi-Mangi Berkolaborasi dengan Telkomsel

Abdullah Fahmi, selaku Vice President Brand and Marketing Communications Telkomsel mengaku bangga dan antusias menyambut kerja sama dengan Kemenko Marves RI. Terlebih ini adalah kolaborasi serial Mangi-Mangi yang memuat banyak edukasi untuk masyarakat.

“Kerja sama ini akan mempertegas komitmen dan prinsip Telkomsel sebagai Digital Lifestyle Enabler yang continue aktif untuk mendatangkan varian konten hiburan bermutu sehingga tercapai sebuah label “The Home of Entertainment” di seluruh kalangan masyarakat.” Tutur Fahmi kala itu menghadiri acara peluncuran dan sinopsis film Mangi-Mangi.

“Harapannya, konten-konten inspiratif semakin banyak meluncur di platform MAXstream. Di sisi lain, semoga hal itu dapat menguak peluang untuk masyarakat dalam memaksimalkan beragam potensi, baik dari diri sendiri maupun dari segi kearifan lokalnya dan mendatangkan manfaat untuk kepentingan bersama,” lanjutnya.

Kolaborasi sinopsis film Mangi-Mangi  ini menjadi langkah dari Telkomsel untuk terus terbuka dengan para pemangku kepentingan. Nantinya kolaborasi tersebut bisa menjadi tonggak untuk membuka potensi lebih lebar bagi para pelaku industri kreatif lokal sehingga lahir lagi karya yang inspiratif.

“Peluncuran film Mangi-Mangi ini nantinya juga akan meluaskan akses semua kalangan untuk menikmati konten-konten yang sifatnya mengandung edukasi, mendidik, dan bermutu tinggi. Tidak hanya itu, proyek ini akan menjadi salah satu pemanfaatan keunggulan aset layanan digital dan platform beserta kapabilitas Telkomsel sebagai penyedia konektivitas digital terdepan di Indonesia.” ungkap Fahri sebagai penutup pernyataannya.

Demikianlah Sinopsis film Mangi-Mangi proyek konten hiburan merangkap edukasi oleh Kemenko Marves RI. Dialog alur, dan bahasanya sengaja tampil lebih sederhana agar pesan mudah sampai ke audiens.

Pembuatan film ini memang lebih mengutamakan target dan sasaran audiens, yakni para generasi milenial. Sehingga bagi Anda yang sudah familiar dengan gawai dan ranah internet, lebih baiknya apabila Anda meluangkan untuk menyaksikan film ini. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -