Sinopsis Film Sianida, Dua Perempuan Saling Terpaut Berujung Maut

Sinopsis Film Sianida
Sinopsis Film Sianida. Foto: Ist/Net

Sinopsis film Sianida menceritakan tentang sepasang perempuan yang terpaut dalam hubungan percintaan. Film ini turut menjadi perbincangan publik, pasca tahu alur ceritanya mengangkat tindak kejahatan menggunakan racun sianida.

Kisah tersebut hampir menyerupai tragedi kopi sianida. Membuat warganet bernostalgia pada kejadian 5 tahun lalu, yakni tragedi kematian Wayan Mirna Salihin.

Sinopsis Film Sianida: Dua Perempuan yang Saling Jatuh Cinta

Film ini menceritakan tentang dua perempuan bernama Amelia dan Jenny. Mereka adalah pasangan lesbian.

Suatu ketika, Amelia harus menikah karena perjodohan dan paksaan dari keluarganya. Ia menikahi pria bernama David.

Bagi keluarga Amelia, ini adalah salah satu cara untuk memisahkan Amelia dengan Jenny. Namun Jenny yang masih memiliki perasaan kepada Amelia merasa tidak terima.

Baca Juga: Sinopsis The Hurricane Heist, Film Perampokan di Tengah Bencana

Saat lima tahun terbatas jarak dan waktu, Amelia dan Jenny memutuskan untuk bertemu melepas rindu. Pada kenyataanya, mereka tidak sanggup untuk mengakhiri hubungan cinta tersebut.

Sinopsis Film Sianida: Kematian Amelia Karena Racun Sianida

Pada hari pertemuan Amelia dan Jenny di sebuah kafe. Amelia menemui mautnya setelah meneguk kopi yang mengandung sianida di dalamnya.

Semua pihak tertuju pada Jenny dan menuduh bahwa Jenny adalah pelakunya. Akan tetapi, Jenny melemparkan tuduhan tersebut pada David.

Jenny mengatakan bahwa David adalah dalang di balik kematian Amelia. Namun, hal tersebut tidak mudah begitu saja untuk Jenny, setelah David sudah lebih dulu membeberkan pada media massa bahwa Jenny-lah pelakunya.

Lalu, siapakah pelaku sebenarnya? Saat setelah Jenny bersikeras dengan penolakannya dan ia harus mendekam di balik jeruji penjara.

Pemeran Film Sianida

Sinopsis film Sianida, menghadirkan sejumlah artis papan atas Indonesia. Rio Dewanto berperan sebagai David. Suami dari Atiqah Hasiholan ini sempat memuji isu utama dalam cerita film Sianida ini.

Tidak hanya itu, Rio juga menambahkan, dengan kehadiran film Sianida, harapannya masyarakat menjadi semakin tahu akan bahaya dari penggunaannya dan kejahatan dengan sianida bisa berkurang, atau bahkan musnah saja.

Sedangkan aktris yang andil banyak dalam film ini adalah Jihan Almira, pemeran Amelia dan Aghniny Haque sebagai Jenny. Keduanya adalah sorotan utama dalam drama ini.

Baca Juga: Sinopsis Jack and the Cuckoo-Clock Heart, Kisah Pria dan Jam Kukuknya

Awalnya Aghniny sempat meragukan perannya. Karena ini adalah perdana baginya memerankan tokoh lesbi seperti yang sudah kita ulas dalam sinopsis film Sianida di atas.

Aghniny bahkan harus meminta izin kepada orang tua dan datang ke psikolog untuk mempertimbangkan serial ini.

Bukan hanya dialami Aghniny saja, Nasya Marcella yang juga andil dalam film ini, menyatakan ada banyak yang ia pelajari, terlebih tuntutan perannya sebagai seorang polisi. Marcella belajar untuk terlihat natural dalam adegan memegang senjata api.

Selain itu, hadir pula artis lain seperti Michelle Joan, Samuel Rizal, Anastasia Herzigova dan Mike Lucock.

Keterkaitan Film Sianida dengan Kasus Wayan Mirna

Tahun 2016 silam, Tanah Air dibuat gempar dengan adanya kasus pembunuhan yang menimpa Wayan Mirna Salihin. Ia meninggal setelah minum kopi di Olivier Cafe, Grand Indonesia.

Publik beranggapan bahwasanya alur cerita dan sinopsis film Sianida ini mengadopsi dari kasus Wayan tersebut. Namun, Raam Punjabi selaku produser film Siania menampik rumor tersebut.

“Kasus yang berhubungan dengan sianida tidak sedikit. Sehingga saya tegaskan, cerita ini hanyalah ramuan belaka, dan murni dari hasil kerja penulis serta tim,” tuturnya pada Konferensi kala itu.

Baca Juga: Sinopsis Film Keys to The Heart Tentang Arti Sebuah Keluarga

Raam mengakui apabila film Sianida memang sedikit banyak terinspirasi dari kisah nyata, alurnya tidak ada sangkut pautnya dengan kasus Mirna. Justru film ini memiliki nilai moral agar masyarakat tidak main-main dengan apapun yang membahayakan seperti sianida.

Sinopsis film Sianida mempunyai plot twist yang bersanding dengan berbagai konflik. Mulai dari harta, cinta, sahabat, hingga konspirasi yang memicu rasa penasaran penonton.

Sridhar Jetty selaku sutradara film Sianida sukses membangun cinema bertema thriller yang memadukan nilai-nilai kemanusiaan. Menurutnya, film ini adalah menu komplit yang siap menjamu penonton.

Film Sianida menggambarkan kisah pasangan lesbian, akan menjadi movie dengan kisah LGBT yang hadir perdana di Indonesia.

Serial ini mulai tayang di deretan series WeTV dan Iflix Indonesia pada 25 Agustus 2021. Anda bisa menyaksikannya setiap hari Rabu pukul 18.00 WIB dengan satu episode per-harinya.

Demikian sinopsis film Sianida, semoga bisa menambah referensi bagi Anda yang sedang mencari bahan untuk memanjakan mata. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)