spot_imgspot_img
BerandaBerita BisnisSumber Pinjaman Modal Usaha Untuk Dana Awal Bisnis Anda

Sumber Pinjaman Modal Usaha Untuk Dana Awal Bisnis Anda

- Advertisement -

Sumber pinjaman modal usaha tak hanya dari kredit bank saja. Bagi Anda yang membutuhkan uang untuk modal dalam memulai atau mengembangkan bisnis sebenarnya bisa mendapatkannya dari berbagai sumber. Apa saja itu?

Menjalankan maupun mengembangkan bisnis memang sangat membutuhkan modal. Namun kebanyakan orang selama ini lebih tertuju pada lembaga perbankan sebagai penyedia kredit untuk berbagai kebutuhan masyarakat.

Jika kita cukup kaya atau memiliki uang yang cukup tentunya bukan kendala dalam mendapatkan modal. Namun jika tidak ada, maka kita harus mendapatkannya dari berbagai pihak.

Hanya saja karena modalnya dari meminjam, maka Anda harus benar-benar berhati-hati dengan usaha yang akan Anda jalankan nantinya. Dengan modal pinjaman artinya sejak awal memulai usaha sudah ada hutang yang harus Anda bayar.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Kredit Usaha Tanpa Ribet dan Terbukti

Sumber Pinjaman Modal Usaha

Jika Anda ingin mulai menjalankan bisnis akan tetapi terkendala masalah modal, sekarang tak perlu terlalu khawatir. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan modal usaha yang bisa menjadi pilihan Anda.

Berikut beberapa sumber pinjaman modal usaha yang dapat menjadi pilihan untuk mendanai usaha Anda.

Kredit Bank

Jika memang Anda memiliki jaminan yang bisa untuk agunan bisa mencoba kredit bank. Ada banyak perbankan yang memberikan pinjaman modal usaha kepada masyarakat. Bahkan jumlah atau nominal bunganya bervariasi.

Khusus untuk BRI dan BNI, bank tersebut memiliki program kredit usaha rakyat  (KUR) yang khusus untuk kredit modal untuk pelaku UMKM. Nominal bunga kredit ini sangat ringan daripada paket kredit lainnya.

Banyak UMKM yang memanfaatkannya untuk mendapatkan modal usaha. Anda pun bisa menggunakannya asal mempunyai usaha yang telah berjalan.

Pinjaman Modal Usaha dari Koperasi

Alternatif sumber pinjaman modal usaha juga bisa dari koperasi. Jika Anda merupakan anggota koperasi simpan pinjam,  Anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha dari koperasi tersebut.

Ada berbagai jenis pinjaman koperasi yang ada. Namun ketentuan pada setiap lembaga koperasi biasanya berbeda-beda.

Oleh karena itu jika Anda tertarik untuk meminjam modal dari koperasi, pastikan Anda menjadi bagian dari anggota koperasi tersebut terlebih dahulu.

Baca Juga: Cara Memilih Pinjaman Online Terpercaya dan Paling Aman

Sumber Pinjaman Modal dari Gadai Barang

Jika Anda enggan meminjam uang secara kredit atau meminjam teman, sumber pinjaman modal usaha juga bisa dengan menggadaikan barang. Apalagi jika Anda merasa masih punya stok barang berharga yang bisa Anda gadaikan.

Menggadaikan barang bisa berbagai barang. Baik berupa handphone, alat elektronik lainnya, emas, atau kendaraan bisa Anda gadaikan.

Nantinya pihak pegadaian akan menentukan terlebih dahulu nilai barang yang layak Anda gadaikan untuk memberikan pinjaman modal usaha kepada Anda.

Jika Anda tertarik untuk menggadaikan barang, pastikan Anda menggadaikan barang ke pegadaian yang legal. Ini agar sistemnya jelas dan tidak ada potensi barang hilang.

Pinjaman Modal Usaha Berbasis Online

Saat ini semakin banyak tawaran pinjaman modal usaha berbasis online sejalan dengan dunia digital yang juga berkembang pesat. Anda pun bisa memanfaatkan layanan ini.

Persyaratannya umumnya tidak ribet, praktis dan bisa langsung cair menjadi kelebihan layanan ini. Bagi Anda yang tertarik meminjam modal secara online, pastikan meminjam uang melalui aplikasi pinjaman yang terdaftar pada OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Hal ini karena aplikasi atau platform yang belum terdaftar di OJK masih belum terjamin kredibilitasnya.

Pinjaman Modal Usaha dari Keluarga atau Teman

Sumber pinjaman modal usaha selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah dari keluarga atau teman. Daripada kredit perbankan yang memiliki risiko besar, pinjaman modal usaha dari keluarga atau teman jauh lebih lunak pelunasannya.

Apalagi jika Anda belum memiliki kemampuan membayar pada tanggal jatuh tempo cicilan, kredit bank tentu akan memberatkan.

Kalaupun Anda terlambat melunasi pinjaman dari keluarga atau teman, biasanya Anda akan mendapat tenggang waktu beberapa bulan untuk melakukan pelunasan.

Jika pun dalam waktu yang sudah kesepakatan namun belum ada kemampuan pelunasan, Anda bisa bermusyawarah dan mengajukan pelonggaran waktu.  Asalkan ingat, Anda tetap bertanggung jawab dengan hutang Anda.

Itulah beberapa sumber pinjaman modal usaha yang bisa menjadi alternatif Anda untuk mendapatkan kredit usaha secara cepat. Anda bisa menjadikan salah satunya sebagai alternatif mendapatkan modal untuk usaha Anda. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -