Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBerita TerbaruSuzuki GSX-1000 GT, Motor Sport Touring dengan Desain Agresif

Suzuki GSX-1000 GT, Motor Sport Touring dengan Desain Agresif

Suzuki akhir memperkenalkan seri terbarunya yakni GSX-1000 GT. Motor tersebut merupakan penerus dari GSX-S1000 yang terlebih dulu mengaspal.

GSX-S1000 besutan pabrikan otomotif asal Jepang sendiri hadir pada bulan April 2021 lalu. Suzuki membawa konsep baru yang tajam dari seri GSX-S1000, yang sekaligus sebagai motor naked bike.

Memang kehadiran dari GSX-S1000 sangat menggoda para raider bukan hanya sekadar desainnya saja, namun juga ingin menjajal kemampuan dari motor besutan Suzuki tersebut.

Baca Juga : Suzuki GSX 250 SF yang Lebih Dulu Meluncur di Thailand

Saat pertama kali keluar, pendahulu dari Suzuki GSX-1000 GT ini harganya di Inggris sebesar £ 10.999 atau kurang lebih Rp 221,4 jutaan.

Motor tersebut memiliki kemampuan luar biasa, yang bisa meraih tenaga sampai 152 PS pada 11.000 rpm. Hal tersebut berkat mesin 4 4 silinder paralel, dengan kapasitas 999 cc.

Spesifikasi Suzuki GSX-1000 GT

Sebelum pabrikan otomotif asal Jepang ini mengumumkan kehadiran dari GSX-1000 GT, tidak sedikit yang menyebarkan spek yang motor sport touring ini bawa.

Teka-teki apa saja yang motor ini bawa baik spesifikasi maupun fiturnya, kini terjawab sudah. Hal itu setelah Suzuki mengumumkan produk terbarunya tersebut.

Mesin

Apabila menelisik dari sisi mesin yang motor Suzuki GSX-1000 GT bawa, memang tidak berbeda jauh dari pendahulunya. Namun, untuk motor terbarunya ini merombak beberapa bagian, dan tetap mempertahankan mesin dari GSX-R1000 K5 yang terkenal sebelumnya.

Adapun mesin yang GSX-1000 GT pasang berkapasitas 999 cc DOHC dengan 4 silinder. Selain itu, terdapat juga pendingin cairan.

Sementara untuk kemampuan dari mesinnya itu, maka bisa menghasilkan tenaga maksimal 150 tenaga kuda (tk) pada 11.000 rpm. Sedangkan untuk torsi maksimumnya tercatat 108 NM atau Newton Meter @9.250 rpm.

Walaupun Suzuki GSX-1000 GT berbagi DNA dengan pendahulunya, akan tetapi yang membedakan adalah kelebihan akomodasi yang ramah buat penggunanya yang hobi touring.

Desain dan Bodi

Pemakaian fairing pada motor Suzuki terbaru tersebut, menawarkan nuansa yang berbeda dari seri GSX-S1000. Terlebih, pada bagian desainnya ada penambahan yang membuat lebih keren dan nyaman.

Seperti pada bagian fairing depan dengan desain baru, serta kaca depan yang tinggi. Sehingga dengan tampilan tersebut menjadi lebih berbeda dari yang lainnya.

Baca Juga : Suzuki Inazuma 250 Motor Spesialis Touring Harga Murah, Ini Dia Infonya

Adapun penggunaan kaca depan yang tinggi itu, bisa mengurangi hambatan angin untuk pengendaranya. Sedangkan desain bagian belakang tampilannya lebih futuristis.

Selain itu, Suzuki juga menguji coba pada bagian bodywork motor GSX-1000 GT tersebut dalam wind tunnel atau terowongan angin. Uji coba tersebut untuk memastikan bahwa tingkat aerodinamika pada bodywork lebih maksimal.

Jadi, fitur fairing yang terpasang pada GSX-1000 GT tersebut adalah model teranyar, supaya bisa mengurangi hambatan angin dari arah depan. Sehingga dengan begitu, pengendara akan lebih nyaman saat melajukan motor yang cocok untuk sport touring ini,

Sedangkan pada bagian cluster lampu bagian depan, desainnya hampir serupa dengan motor Yamaha Tracer 7.

Sementara untuk memberikan kenyamanan bagi penggunanya, maka Suzuki GSX-1000 GT memasang pijakan kaki serta setang dengan menambahkan karet.

Sehingga, dengan begitu akan mengurangi efek getaran serta kelelahan bagi pengendaranya yang melakukan perjalanan panjang.

Bahkan, kursi atau jok motor ini juga terbilang model baru. Suzuki mengklaim bahwa jok tersebut mampu memberikan kenyamanan.

Untuk sistem pengereman, GSX-1000 GT mengusung Brembo GSX-S1000. Kemudian sasis mengaplikasikan roda cast-aluminium 6 palang yang ringan, dan pengaturan suspensi KYB. Sedangkan untuk kampunya semua menggunakan LED.

Fitur Unggulan

Suzuki GSX-1000 GT bukan hanya handal dalam dapur pacu serta desain dan rangkanya. Namun, motor terbaru besutan Suzuki ini juga membawa sejumlah fitur terbaru.

Seperti pada bagian mesin yang memiliki fitur standar Euro 5. Kemudian, terdapat pula layar kecil dengan luas 6,5 inci panel TFT, yang sebagai pengganti dasbor LCD pada motor Suzuki seri sebelumnya.

Selain itu, GSX-1000 GT juga dilengkapi dengan fitur untuk menghubungkan smartphone dengan motor tersebut. Sehingga, pengguna dengan lebih mudah mengakses lagu, navigasi, dan juga panggilan telepon masuk User Interface (Pengguna Antarmuka).

Sementara untuk harga dari Suzuki GSX-1000 GT yang akan hadir di pasaran pada bulan November 2021 ini, adalah sebesar USD 19.000 atau kurang lebih Rp 271 jutaan. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img