spot_imgspot_img
BerandaBerita CiamisTempat Penggergajian Kayu di Lumbung Ciamis Hangus Terbakar

Tempat Penggergajian Kayu di Lumbung Ciamis Hangus Terbakar

- Advertisement -

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sebuah tempat penggergajian kayu di Dusun Nyalindung, RT 01/03, Desa Lumbung, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ludes dilahap si jago merah.

Peristiwa kebakaran yang menghanguskan tempat untuk memotong kayu milik Yudi Ramdan (49), warga Dusun Nyalindung, RT 01/03, Desa Lumbung, terjadi Minggu (5/9/2021) sekitar pukul 18.20 WIB.

Kasubag UPT Damkar Kabupaten Ciamis, Iding Didi mengungkapkan, bahwa penyebab kebakaran yang menghanguskan tempat penggergajian kayu tersebut akibat pembakaran sampah.

“Pemilik sedang membakar sampah yang berada di samping pabrik,” ungkap Iding kepada HR Online, Senin (6/9/2021).

Akan tetapi, sambungnya, karena tiupan angin yang kencang dan tanpa Yudi ketahui, api merambat dengan cepat ke serbuk kayu. Sehingga, api tersebut pun menyambar bahan bakar yang berada di dekat mesin produksi.

Kemudian, api yang sudah membakar tempat penggergajian kayu tersebut tidak terkendali. Akibatnya luas bangunan 15 x 7 meter persegi itu ludes terbakar.

“Bukan hanya menghanguskan tempat untuk memotong kayu, namun api juga menghanguskan mesin produksi kayu,” tuturnya.

Lebih lanjut Iding menambahkan, api yang tidak terkendalikan membuat Yudi merasa panik. Kemudian, ia pun meminta tolong ke warga sekitar.

“Warga yang mengetahui ada kebakaran, langsung melaporkan ke Pos MWK Kawali, Kabupaten Ciamis,” katanya.

Tak berselang lama, petugas kebakaran tersebut datang untuk menjinakkan si jago merah, agar tidak merambat ke lokasi atau tempat penggergajian kayu milik Yudi ini.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian kebakaran ini. namun pemilik pabrik penggergajian kayu mengalami kerugian sekitar kurang lebih Rp 50 juta,” pungkasnya. (Edji/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -