Tempat Produksi Gula Ambruk, Pemdes Kujangsari Banjar Cari Bantuan

Tempat Produksi Gula Ambruk, Pemdes Kujangsari Banjar Cari Bantuan
Tempat produksi gula di Kujangsari Kota Banjar yang ambruk belum lama ini. Foto: Istimewa

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Rumah tempat produksi pembuatan gula merah milik Muhson warga RT 4 RW 1 Desa Kujangsari, Kota Banjar, Jawa Barat, mendadak ambruk dan tidak bisa lagi digunakan untuk produksi.

Menurut Kepala Desa Kujangsari, Ahmad Mujahid, peristiwa ambruknya rumah produksi pembuatan gula tersebut terjadi sekitar Satu Minggu yang lalu tepatnya pada tanggal 24 Agustus sekitar pukul 16.00 WIB.

Pada saat itu rumah produksi gula merah tersebut masih sempat digunakan untuk produksi oleh pemiliknya.

Namun pada sore harinya tiba-tiba ambruk.

“Sudah satu minggu yang lalu ambruknya. Cuma sekarang memang belum diperbaiki,” kata Mujahid kepada HR Online, Rabu (1/9/2021).

Baca Juga: Pemuda Pelopor 2021, Walikota Banjar Dukung Erpan Maju ke Nasional

Lanjutnya, ambruknya rumah pembuatan gula milik warganya tersebut ambruk lantaran kontruksi bangunannya seperti bagian tembok dan kayu sudah lapuk sehingga tidak kuat menahan beban berat bagian atap.

Akibat peristiwa tersebut, kata Mujahid, bangunan tempat produksi gula rusak parah dan sebagian peralatan juga rusak.

Sementara ini tempat tersebut tidak bisa digunakan lagi untuk produksi.

“Untuk yang ambruknya hanya tempat produksinya saja. Kalau rumahnya permanen dan terpisah. Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa,” katanya.

Saat ini rumah tempat produksi gula tersebut sudah dibersihkan namun untuk sementara belum dibangun lagi karena masih menunggu bantuan dari Pemkot.

“Kami pihak desa sudah memberikan bantuan. Dari BPBD juga kemarin sudah ada. Saat ini juga kami sudah mengajukan permohonan bantuan ke Pemkot,” katanya. (Muhlisin/R8/HR Online)

Editor: Jujang