Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaBerita BanjarTerlibat Laka Lantas di Kota Banjar, Mobil Bus Terguling di Tengah Jalan

Terlibat Laka Lantas di Kota Banjar, Mobil Bus Terguling di Tengah Jalan

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Terlibat kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di Kota Banjar, Jawa Barat, satu unit bus terguling di tengah jalan.

Peristiwa laka lantas tersebut terjadi di Simpang 4 Jalan Sudiro W, Kelurahan Banjar, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Senin (20/9/2021).

Kecelakaan laka lantas itu melibatkan dua kendaraan, yakni mobil truk bermuatan kayu dan mobil bus dengan trayek Tasikmalaya-Cilacap.

Berdasarkan informasi, kendaraan bus jenis Colt Diesel bernomor polisi R 1482 GB, yang dikendarai oleh Yaya Sunarya, datang dari arah timur menuju barat.

Kemudian, dari arah selatan datang mobil truk bermuatan kayu dengan nomor polisi Z 9446 TA yang dikendarai oleh Ias Raskandi. Truk tersebut hendak menuju arah utara.

Namun pada saat di lokasi kejadian, mobil truk terlibat laka lantas dengan menabrak bus bagian belakang sebelah kiri.

Menurut sopir bus, Yaya Sunarya mengatakan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 04.00 WIB, saat kondisi jalan sedang sepi.

“Kebetulan saat itu lampu merah di jalur saya sudah hijau jalan juga lagi kosong. Sedangkan dari arah selatan datang mobil truk dan menabrak bus bagian belakang sebelah kiri,” kata Yaya kepada HR Online, Senin (20/9/2021).

Setelah tertabrak, mobil bus yang berisi 4 orang penumpang, 1 orang kernet dan sopir sempat berputar. Kemudian, bus tersebut terguling di Simpang 4 Jalan Sudiro, tepatnya di depan Rumah Makan H. Ayo.

“Saya membawa penumpang 4 orang dari Tasik. Kondisi mobil itu berputar dulu, setelah tertabrak truk. Dan saya saat itu langsung tidak sadar tahu-tahu sudah terguling,” tuturnya.

Sementara berdasarkan keterangan dari sopir truk, Ias Raskandi, bahwa dirinya akan menuju ke WBI, salah satu pabrik kayu yang ada di wilayah Cilacap, Jawa Tengah.

“Saya dari daerah Parigi bawa kayu mau kirim ke WBI Cilacap. Saya juga sempat berhenti setelah menabrak bus,” ungkapnya.

Faktor Penyebab Truk dan Bus Terlibat Laka Lantas di Kota Banjar

Kanit Laka Lantas Polres Banjar, Ipda Hermawan menyampaikan, bahwa bus dan truk yang terlibat laka lantas tersebut, penyebabnya adalah faktor manusia.

Karena, ungkapnya, arus kendaraan di Kota Banjar saat itu cukup lengang. Jadi pengemudi menganggap remeh situasi arus yang kosong.

“Selain itu, pengemudi juga mengabaikan traffic light (lampu lalu lintas),” ungkap Kanit Laka Lantas Polres Banjar, Ipda. Hermawan.

Lebih lanjut Hermawan menambahkan, dari peristiwa kecelakaan tersebut tidak terdapat korban jiwa. Hanya saja 3 orang penumpang dan 1 orang kernet bus mengalami luka ringan.

“Tidak ada korban jiwa. Sementara ada penumpang dari bus mengalami luka ringan saja,” katanya.

Dari peristiwa truk dan bus yang terlibat laka lanta tersebut, Hermawan mengimbau kepada masyarakat, agar selalu berhati-hati saat berkendara dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

“Utamakan faktor keselamatan dan patuhi peraturan rambu-rambu lalu lintas,” pungkasnya. (Sandi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img