Tingkatkan SDM Guru, PerguNU Gandeng Disdik Pangandaran

Tingkatkan SDM Guru PerguNU Gandeng Disdik Pangandaran
Penandatanganan MoU antara PC PerguNU Pangandaran dengan Disdikpora Kabupaten Pangandaran, dalam rangkat tingkatkan SDM guru, di kantor Disdikpora Kabupaten Pangandaran, Rabu (8/9/2021). Foto : Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Pengurus Cabang (PC) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PerguNU) Kabupaten Pangandaran, jalin kerja sama dengan Disdikpora Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Kerja sama tersebut dalam rangka peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) literasi dan numerasi guru-guru SMP swasta.

Ketua PC PerguNU Pangandaran, Noval Muhajir Taufiqurohman mengatakan, MoU dengan Disdikpora tersebut terkait dengan Program Organisasi Penggerak (POP).

“POP ini dalam rangka pengembangan SDM guru-guru swasta yang ada di Kabupaten Pangandaran,” kata Noval usai penandatanganan MoU, di kantor Disdikpora Kabupaten Pangandaran, Rabu (8/9/2021).

Lebih lanjut Noval menambahkan, POP untuk tingkatkan SDM literasi numerasi guru tersebut, sasarannya untuk Jawa Barat baru 2 kabupaten/kota, yakni Pangandaran dan Kota Banjar.

Sementara untuk kegiatannya sendiri, pihaknya akan menggabung antara Pangandaran dengan Kota Banjar, dengan tuan rumah adalah Pangandaran.

“Rencana realisasinya mudah-mudahan awal bulan Oktober 2021 sudah mulai,” ujarnya.

Menurutnya, Disdikpora Kabupaten Pangandaran menyambut baik kegiatan untuk tingkatkan SDM guru ini. Bahkan, Pemkab Pangandaran sangat mendukung, karena demi kemajuan dunia pendidikan.

“Kedepannya kita sepakat akan lebih meningkatkan kerja sama dengan Pemkab Pangandaran, yang berkaitan dengan SDM,” katanya.

Noval menjelaskan, kegiatan tersebut yakni berupa pelatihan guru-guru SMP swasta. Seperti, mengenai pemanfaatan teknologi dalam proses belajar mengajar.

“Sementara untuk sumber anggarannya dari Kemendikbud melalui Ditjen Gtk,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Disdikpora Kabupaten Pangandaran, Agus Nurdin melalui Kasubag Umum Nia Kurniawati mengatakan, pihaknya berperan sebagai mitra.

Jadi, katanya, Disdikpora hanya memberikan arahan dan kebijakan untuk meningkatkan kemampuan atau SDM guru SMP.

“Peran kita dalam hal ini sebagai mitra, untuk mendorong para guru dalam tingkatkan SDM literasi dan kualitas dalam mengajar siswa,” katanya. (Madlani/R5/HR-Online)

Editor: Adi Karyanto