Tips Menghafal Asmaul Husna Dijamin Cepat Hafal Tidak Akan Lupa

Tips Menghafal Asmaul Husna Dijamin Cepat Hafal Tidak Akan Lupa
Ilustrasi Tips Menghafal Asmaul Husna. Foto: Ist/Net

Tips menghafal Asmaul Husna penting sekali untuk kita ketahui. Karena hal tersebut merupakan salah satu ilmu pengetahuan tentang Islam yang penting. Kita tahu bahwasannya Asmaul Husna merupakan nama-nama baik Allah SWT. Tidak heran, jika kita wajib mengetahuinya.

Kita juga paham betul bahwasanya Allah itu maha segala sesuatu. Menjadikan yang tidak mungkin menjadi kenyataan. Jumlah dari nama baik Allah ini juga tidak sedikit. Untuk itu, perlu adanya tips, dengan tujuan memudahkan serta juga lebih mudah dalam menghafal.

Bagi Anda, yang masih dalam proses menghafal nama-nama baik Allah ini, akan tetapi belum hafal-hafal, jangan khawatir. Karena sekarang ini terdapat beberapa tips yang bisa Anda amalkan. Supaya lebih mudah dan cepat menghafalkannya.

baca juga: Cara Cepat Menghafal dengan Baik dan Efektif yang Wajib Dicoba

Beberapa Tips Menghafal Asmaul Husna yang Bisa Diamalkan

Beberapa tips menghafal Asmaul Husna ini juga bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Baik untuk Anda yang menjadi guru, mengajarkan kepada murid, ataupun anak Anda sendiri. Simak penjelasan berikut ini.

Perlu Belajar Sejak Dini

Kepada para orang tua ataupun guru, jangan ragu mengajarkan nama-nama baik Allah kepada buah hati Anda sejak dini. Perlu Anda ketahui bahwa tips menghafal Asmaul Husna ini akan mempermudah anak Anda lebih cepat menghafalkannya.

Selain itu, bukankah daya ingat anak kecil itu lebih tajam daripada orang dewasa? Jadi, jangan ragu untuk mengajarkan kepada mereka, sejak dini.

Oh iya, untuk sukses mengamalkan kiat yang satu ini, kuncinya adalah siapapun yang mengajarkan ia harus memiliki tekad atau niat yang bulat.

Hendak mengajarkan kepada mereka. Hal ini nantinya juga akan memudahkan Anda dalam mengajarkan kepada mereka.

baca juga: Doa Bangun Tidur Mudah Dihafalkan untuk Amal Kebaikan

Gunakan Metode Berirama

Kemudian, tips menghafal Asmaul Husna yang bisa Anda amalkan adalah gunakan metode yang berirama. Mengapa demikian? Faktanya menghafalkan dengan menggunakan irama itu lebih mudah untuk diingat.

Metode yang satu ini pastinya juga, sudah tidak asing lagi. Selain lebih mudah dihafalkan, metode ini juga lebih menyenangkan. Jadi, bisa Anda ajarkan untuk anak-anak. Pilihlah irama yang Anda suka. Kemudian, dengarkan dengan seksama dan ikuti. Lakukan tips ini secara rutin.

Alangkah lebih baiknya jika dalam proses menghafalkan tersebut, Anda tidak berganti-ganti irama. Akan tetapi, jika Anda bosan dengan irama yang Anda pilih tersebut, Anda bisa ganti irama lainnya.

baca juga: Doa Setelah Sholat Tahajud Mudah untuk Dihafalkan Lengkap dengan Arti

Bacalah Secara Berkala

Untuk Anda yang tidak suka menghafal dengan irama, Anda juga tetap bisa hafal dengan membaca. Namun, Anda juga harus ingat, untuk mengamalkan tips menghafal Asmaul Husna ini, Anda harus membaca secara berulang. Bahkan menyempatkan membaca di sela kegiatan Anda sehari-hari, juga akan membantu Anda untuk mengingat dan menyimpannya dalam otak.

Misalnya saja begini, sehabis shalat fardhu, Anda harus membacanya. Bisa juga sengaja membacanya pada waktu tertentu. Jangan patah semangat dan teruslah berusaha.

Gunakan Metode Mendengarkan

Mendengarkan juga menjadi tips menghafal Asmaul Husna. Metode yang satu ini juga menjadi rekomendasi terbaik apabila Anda lebih suka dengan audio.

Dengan menggunakan audio ini, Anda bisa memutar dan mendengarnya sembari melakukan aktivitas lainnya. Supaya lebih mudah, silahkan Anda putar secara berulang. Bukan hanya itu saja, akan tetapi jika sedang santai daripada Anda mendengarkan musik, gunakan saja untuk mendengarkan nama-nama baik Allah SWT.

Menghafal dengan Cara Menulis

Selanjutnya, Anda juga bisa mengamalkan tips menghafal Asmaul Husna dengan cara menuliskannya. Cara yang satu ini juga dianggap lebih ampuh. Karena, mungkin akan terasa lama hafalnya. Akan tetapi, daya ingatnya akan lebih lama melekat.

Anda bisa menuliskan satu sampai lima nama-nama baik Allah SWT dalam sehari. Akan tambah baik, jika Anda menulis dengan mengulang-ulangnya. Maka, akan lebih melekat kuat. Ingat, semua atas izin Allah. Tips ini juga bukan hanya membuat Anda menjadi hafal bacaannya, tapi juga tulisannya. Menguntungkan sekali bukan?

Dengan Menyetorkan Hafalan

Banyak juga yang mengatakan bahwa tips menghafal Asmaul Husna ini adalah cara yang efektif. Biasanya setor hafalan ini dilakukan dari murid ke guru. Adik kepada kakak atau anak kepada orang tuanya. Bahkan bisa juga saling setor kepada teman. Hal baik ini nyatanya juga mampu menumbuhkan rasa percaya diri anak.

Selain itu, mereka juga akan berlatih membagi waktunya. Kapan harus belajar, kapan membantu orang tua, bermain, dan kapan harus setor hafalannya. Jadi, sekaligus mengajari bagaimana memanage waktu yang baik dan benar.

Pada intinya, supaya Anda bisa dengan mudah menghafalkan, kuncinya berada di niat. Niatkan yang baik. Dengan begitu, cara atau tips menghafal Asmaul Husna pun akan Allah mudahkan. (Muhafid/R6/HR-Online)