Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaBerita TasikmalayaCara Warga Tasikmalaya Usir Ayam Masuk Teras Rumah Pakai 'Darah'

Cara Warga Tasikmalaya Usir Ayam Masuk Teras Rumah Pakai ‘Darah’

Berita Tasikmalaya (Harapanrakyat.com),- Cara unik dilakukan warga Tasikmalaya untuk usir ayam masuk teras rumah. Carian berwarna merah mirip darah dalam botol air mineral disimpan di depan rumah untuk menakut-nakuti ayam.

Cara itu warga lakukan lantaran ayam sering buang kotoran saat ke teras rumah. Menyimpan cairan ‘darah’ dalam botol ini menjadi kebiasaan warga Kampung Sindang Retet, Desa Ciroyom, Kecamatan Bojonggambir, Kabupaten Tasikmalaya. Hampir seluruh warganya melakukan hal tersebut.

Ternyata cara unik tersebut cukup ampuh. Ayam yang berkeliaran tak ada yang berani masuk ke teras rumah warga.

“Iya pak saya simpan air mirip darah, bahannya itu dari ontan (pewarna tekstil) warna merah dan air. Kemudian larutan pewarna ini saya masukan ke dalam botol, karena kan ayam konon katanya takut darah,” kata Euis salah seorang warga setempat, Jumat (24/9/2021).

Menurut Euis cara itu ada haslinya, ayam tidak berani datang apalagi n ke teras rumah. Sehingga lantai rumah terbebas dari kotoran ayam yang merusak pandangan mata. Lantai yang awalnya bersih ketika ayam datang menjadi jorok.

“Semua warga di kampung ini menyimpan cairan dalam botol ini sudah sejak lama. Jarang naik ke teras rumah kalau lihat botol ini, ayamnya hanya melihat saja dan pergi,” ucapnya.

Warga lain Lutfi, mengaku melakukan hal tersebut sudah sejak lama. Lantaran di kampungnya banyak ayam jadi cape suka bersih-bersih kotorannya.

“Sekarang alhmdulillah ayam tidak berani masuk ke teras rumah karena disangkanya darah. Konon katanya ayam takut oleh darah,” pungkasnya. (Apip/R9/HR-Online)

Editor: Dadang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img