Senin, Oktober 25, 2021
BerandaBerita BanjarRatusan Hewan di Kota Banjar Disuntik Vaksin Rabies

Ratusan Hewan di Kota Banjar Disuntik Vaksin Rabies

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjar gelar penyuntikan vaksin rabies untuk hewan guna menanggulangi penyakit menular.

Kasi Keswan Kesmavet, Lela Nurlela, mengatakan, vaksinasi rabies hewan peliharaan tersebut merupakan upaya penanggulangan hewan peliharaan agar terbebas dari penyakit menular.

Selain itu, vaksinasi ini sekaligus dalam rangka memperingati world rabies day atau hari rabies sedunia pada bulan September ini.

“Kegiatan ini rutin setiap tahun dalam rangka penanggulangan penyakit hewan menular rabies,” kata Lela Nurlela saat vaksinasi di Kelurahan Hegarsari kepada wartawan, Senin (27/9/21).

baca juga: Soal Harga Telur Anjlok, Begini Kata Dinas Pertanian Kota Banjar

Beberapa hewan peliharaan mendapatkan vaksinasi penyakit menular, karena berpotensi menularkan virus rabies, seperti hewan kucing, anjing, dan monyet.

Sejauh ini, kata Lela, dari sekitar 300 hewan peliharaan milik warga yang mengikuti vaksinasi rabies belum ditemukan adanya hewan yang memiliki penyakit anjing gila atau rabies.

“Ada sekitar 300 hewan peliharaan yang kami periksa kesehatan dan vaksin. Hingga sekarang kami belum dapat hewan yang terkena rabies,” ujarnya.

Untuk pemeriksaan hewan dan vaksinasi rabies tersebut, masih akan berlangsung sampai tanggal 8 Oktober mendatang dengan lokasi di setiap Desa/Kelurahan masing-masing.

Untuk itu, ia mengimbau kepada warga masyarakat, khususnya mereka yang memiliki hewan peliharaan yang mengalami sakit dan berpotensi penyakit menular, bisa membawanya untuk memeriksa kesehatannya.

“Kami harap warga yang memiliki hewan peliharaan bisa berpartisipasi. Harapannya dengan kegiatan ini juga dapat mewujudkan Jawa Barat bebas rabies pada tahun 2030 mendatang,” katanya. (Muhlisin/R6/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img