Velg Mobil Panas dan Bagaimana Mengatasinya Secara Tepat

Velg Mobil Panas dan Bagaimana Mengatasinya Secara Tepat
Ilustrasi Velg Mobil Panas. Foto: Ist/Net

Velg mobil panas terjadi karena beberapa faktor. Kondisi ini biasanya terjadi ketika kita baru saja berkendara dalam perjalan jarak jauh, namun juga bisa karena hal lain.

Selain itu, terkadang beberapa kondisi terjadi membuat kondisi membuat velg mudah panas. Tentu hal ini bisa kita gunakan untuk segera mencari tahu apakah ada yang rusak dari salah satu komponen mobil.

Pasalnya, mobil sendiri merupakan kendaraan yang berisikan berbagai komponen saling terkait. Jadi sangat wajar apabila terjadi kerusakan salah satunya bisa membuat masalah lain.

Baca Juga : Jangan Gunakan Sabun Colek atau Deterjen saat Cuci Velg!

Maka dari itu, kita harus memperhatikan dan melakukan servis secara berkala. Hal itu untuk mendapatkan mobil dalam kondisi prima dan tidak mudah rusak.

Faktor Penyebab Velg Mobil Panas

Kondisi ini bisa terjadi ketika kendaraan baru saja kita gunakan dalam perjalanan jauh. Karena pada bagian piston yang terlambat lalu menjadi kembali seperti semua.

Hal ini akan menekan kanvas dan membuatnya panas. Nah, pemicu dari kondisi ini bisa berasal dari berbagai hal. Kita tentu akan segera paham jika menyimak beberapa hal berikut ini.

Sistem Pengereman

Pertama kita perlu memastikannya terlebih dahulu, apabila terjadi velg mobil panas salah satu saja. Coba untuk memeriksanya terlebih dahulu.

Caranya, dengan mendongkraknya lalu perhatikan roda tersebut. Jika salah satu roda yang Anda periksa tersebut sulit untuk berputar, maka bisa kita pastikan bahwa rem mobil sedang terganggu.

Piston Rem

Kondisi ini merupakan akibat dari sebuah tekanan oleh piston rem yang menekan kanvas rem. Ketika hal ini terjadi, maka hidrolik ke tromol atau bahkan disc brake atau piringan rem.

Kemacetan ini berasal dari tekanan ini secara terus menerus. Maka dari itu kita perlu membawanya ke bengkel service agar velg mobil tidak panas lagi.

Selain membuat pengereman bermasalah. Kita tentu akan membahayakan mobil dengan membiarkan hal ini terjadi.

Cara Mengatasi Velg Mobil Panas

Agar tidak terulang kembali setelah kita bawa ke bengkel resmi berpengalaman, bisa melakukan cara agar tidak terjadi kembali. Yaitu ketika menggunakan mobil lebih baik jika memperhatikan kecepatan.

Jadi, usahakan tidak terlalu ngebut dan mengurangi kecepatan secara berkala tentu saja. Selanjutnya ketika menggunakan rem, jangan rusuh dan berlebihan karena akan mudah rusak.

Selain itu, mengaplikasikan rem tangan agar mobil tidak bergerak juga bisa kita jadikan solusi. Sementara dalam sebuah situasi yang membuat rem mudah rusak, bisa membuatnya berasap bahkan memerah.

Namun akan lebih baik jika kita dalam sebuah perjalanan kita segera menghentikan laju kendaraan. Diamkan paling tidak setengah hingga satu jam agar kembali mendingin. Hal ini bisa menjadi solusi untuk Anda yang berusaha untuk membuat kondisi kendaraan semakin memburuk.

Ganti Kampas Rem Malah Membuat Seret

Ketika velg mobil panas kita membawanya ke bengkel, terkadang mereka akan melakukan ganti kampas. Kondisi seret ini, terkadang malah membuat kondisi rem tidak pakem atau bekerja sempurna. Maka dari itu, akan lebih baik kita mencobanya terlebih dahulu.

Terjadinya hal ini bisa berawal dari menumpuknya kotoran pada kalipernya. Ketika hujan maka kotoran akan menumpuk dan piston tidak bekerja secara lancar seperti semula.

Kemudian, ketika service dan pemasangan kampas terkadang tidak dibersihkan terlebih dahulu. Hal ini tentu akan membuat rem baru yang lebih tebal membuat posisi piston masuk ke kaliper. Hal ini yang membuatnya macet dan juga tambah dari kotoran sela piston dan kaliper tadi.

Jika terjadi masalah parah yang membuat kondisi pada mobil dalam perjalanan, Anda tidak paham maka segera untuk menghubungi bengkel terdekat. Velg mobil panas jadi salah satu contohnya, jangan nekat karena justru akan berbahaya.

Usahakan untuk meminimalisir penggunaan rem agar tidak semakin parah suhunya. Selanjutnya kita bisa membuat kendaraan aman dan mendiamkannya sampai tenaga terampil datang.

Karena jika kita nekat untuk membuatnya berjalan justru akan membuat rusaknya semakin parah. Maka dari itu perhatikan beberapa hal yang kita bahas sebelumnya agar perjalanan dengan mobil pribadi aman.

Selain itu menjadi terpenting jangan lupa untuk selalu cek kondisi ketika ingin melakukan perjalanan jauh. Velg mobil panas akan teratasi dengan baik dan tepat. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto