Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaBerita CiamisViral, Aksi Anggota TNI di Ciamis Joget-joget Bujuk ODGJ Pakai Baju

Viral, Aksi Anggota TNI di Ciamis Joget-joget Bujuk ODGJ Pakai Baju

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Video aksi unik anggota TNI Kodim 0613 Ciamis yang memakaikan baju kepada perempuan ODGJ (Orang dengan Gangguan Jiwa) di Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat viral di grup pesan WhatsApp dan media sosial.

Uniknya, anggota TNI yang diketahui bernama Peltu Nurjaya ini memakaikan baju kepada perempuan ODGJ dengan cara berjoget-joget terlebih dahulu. Kemudian ODGJ tersebut bersedia memakai baju yang diberikan oleh anggota TNI.

Video yang berdurasi 48 detik tersebut terjadi pada 21 September 2021 dan sudah tersebar di beberapa grup pesan WhatsApp serta media sosial.

Dandim 0613 Ciamis, Letkol CZI. Dadan Ramdani membenarkan, aksi anggota TNI dalam video sedang memberikan pakaian kepada ODGJ itu memang benar anggotanya.

“Iya benar, itu anggota kami, Peltu Nurjaya namanya tapi biasa dipanggil Bang Cengli dia adalah Danpos Baregbeg Kodim 0613 Ciamis,” katanya, Kamis (23/9/2021).

Dadan menjelaskan, saat itu ada perempuan ODGJ yang tidak memakai baju berjalan di wilayah Kecamatan Baregbeg. Melihat hal tersebut, anggota TNI dan Muspika Kecamatan kemudian mencari perempuan tersebut untuk diberikan pakaian.

“Karena kurang etis jika dilihat warga, maka anggota TNI dan Muspika serta Kecamatan inisiatif untuk memberikan pakaian kepada perempuan ODGJ tersebut,” jelasnya.

Namun, saat diberikan pakaian perempuan ODGJ itu menolak dan tidak ingin mengenakan pakaian. Kemudian, karena anggota TNI Peltu Nurjaya pintar membaca situasi saat itu.

Lalu, Lanjut Dadan, Danpos Kecamatan Baregbeg itu berjoget-joget di hadapan perempuan. Namun, ODGJ itu malah mengikuti anggota TNI berjoget dan tidak lama kemudian ODGJ tersebut berkenan memakai baju.

“Itu sebenarnya aksi spontan dari anggota TNI Kodim 0613 Ciamis, tapi dengan aksinya berjoget-joget ODGJ tersebut bisa memakai baju,” ucapnya.

ODGJ yang Dipakaikan Baju oleh Anggota TNI di Ciamis Belum Didata

Dadan menambahkan, setelah memakai baju perempuan ODGJ tersebut malah pergi dan belum sempat didata oleh Dinas Sosial Ciamis.

Namun, dengan aksi unik dan viral dari anggota TNI Peltu Nurjaya ini, Dadan sangat mengapresiasinya.

“Itu merupakan suatu bentuk kepedulian dan memang kita sangat menekankan kepada anggota untuk selalu bersikap humanis kepada siapapun itu. Entah ODGJ dan yang lainya,” pungkasnya. (Ferry/R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img