Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBerita TerbaruWaktu Terbaik Shalat Tahajud dalam Islam Agar Do'a Terkabul

Waktu Terbaik Shalat Tahajud dalam Islam Agar Do’a Terkabul

Waktu terbaik shalat tahajud tentunya menjadi hal penting yang harus kita ketahui. Mengapa demikian? Apabila kita mampu melaksanakan amalan tersebut pada waktu terbaik, Semoga Allah mengabulkan apa yang sudah kita usahakan dengan maksimal dan doakan.

Selain menjalankan shalat fardhu, ternyata ada beberapa amalan lain yang bisa menyebabkan kita menjadi penghuni surga. Salah satunya adalah amalan sunnah shalat tahajud.

Walaupun hukumnya sunnah, akan tetapi shalat yang satu ini mempunyai banyak keutamaan yang dahsyat apabila kita mampu melaksanakannya dengan ikhlas dan mengharap ridho Allah SWT.

Banyak juga yang mengatakan bahwasanya, apabila Anda menginginkan sukses dunia dan akhirat, maka hendaknya melaksanakan shalat tahajud.

Karena merupakan salah satu shalat malam yang sangat istimewa, maka sudah seharusnya kita mampu melaksanakan ibadah tersebut setiap hari.

baca juga: Doa Setelah Sholat Tahajud Mudah untuk Dihafalkan Lengkap dengan Arti

Beberapa Waktu Terbaik Shalat Tahajud dalam Islam

Perlu Anda ketahui, shalat tahajud itu bisa dikerjakan kapan saja. Akan tetapi, dalam kurun waktu ba’da isya sampai dengan masuknya waktu subuh.

Walaupun demikian, terdapat waktu yang dianjurkan, untuk kita melaksanakan amalan sunah tersebut.

Sudah tahukah Anda, kapan waktu terbaik untuk shalat tahajud? Apabila Anda belum mengetahui, simak penjelasan berikut ini.

baca juga: Niat Sholat Tahajud, Tata Cara dan Keutamaannya

Sepertiga Malam Pertama

Untuk waktu terbaik shalat tahajud yang pertama adalah di sepertiga malam yang pertama. Rentang waktu ini biasanya setelah shalat isya sampai dengan pukul 10 malam.

Akan tetapi perlu Anda ingat, ketika Anda hendak melaksanakan amalan sunah ini, alangkah lebih baiknya tetap harus diawali dengan tidur terlebih dahulu, walaupun hanya sejenak.

Pada Sepertiga Malam Kedua

Waktu terbaik selanjutnya adalah pada sepertiga malam yang kedua. Untuk rentang waktu sepertiga malam kedua ini adalah pukul 10 sampai dengan pukul jam 1. Lagu tersebut juga dipercaya mempunyai fadilah serta keistimewaan tersendiri.

Hal tersebut, masih menjadi waktu yang sulit diterapkan untuk melakukan amalan sunah tersebut.

Karena, kebanyakan orang pada waktu tersebut sedang enak-enaknya tidur sehingga susah untuk bangun. Padahal, sepertiga malam kedua ini adalah waktu terbaik.

baca juga: Shalat Tahiyatul Masjid, Penjelasan Lengkap Tata Cara dan Keutamaan

Di Sepertiga Malam Terakhir

Perlu Anda ketahui, bahwasanya sepertiga malam terakhir bukan hanya waktu terbaik shalat tahajud saja.

Akan tetapi juga menjadi waktu yang paling utama untuk kita melaksanakan amalan sunnah tersebut.

Banyak yang menjelaskan bahwa rentang waktu untuk sepertiga malam terakhir ini adalah pukul 1 sampai memasuki waktu subuh.

Dalam Surat Al Isra’ ayat 79 menjelaskan:

Berjamaah atau Munfarid

Setelah Anda mengetahui mengenai waktu terbaik shalat tahajud, mungkin anda juga pernah mendengar mengenai, apakah sebaiknya kita itu melaksanakan shalat tahajud dengan berjamaah atau sendirian?

Dalam hal ini Syekh Albatini berpendapat, amalan sunnah tersebut dikerjakan secara berjamaah berdasarkan kajian fiqih klasik ta’qib. Maksudnya adalah, mengerjakan shalat Sunnah berjamaah maupun di luar shalat tarawih.

Sedangkan menurut madzhab Imam Hanafi, hukum dari ta’qib tersebut adalah seperti halnya shalat Tahajud berjamaah adalah makruh.

Alangkah lebih baiknya lagi, jika kita laksanakan sendiri atau munfarid. Hal ini, bukan berarti kita harus menolak apabila terdapat ajakan melaksanakan amalan sunnah tersebut berjamaah.

Hanya saja, munfarid untuk tahajud ini lebih utama. Mungkin juga akan membuat Anda lebih khusyuk lagi.

Bagaimana Tata Caranya

Mengenai tata caranya, memang sama dengan ketika kita melaksanakan shalat fardhu. Hanya saja, perbedaan paling menonjol terdapat di niat. Mungkin juga, bisa dikatakan berbeda pada waktu pengerjaannya.

Keutamaannya juga sangat dahsyat. Karena apapun yang ingin kita capai, karir, jodoh dan lainnya, bisa Allah SWT kabulkan dengan kita melakukan amalan ini pada waktu terbaik.

Semoga, dengan adanya penjelasan mengenai waktu terbaik shalat tahajud tersebut, dapat memotivasi kita untuk melakukannya. Semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan serta wawasan tentang agama Islam. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img