Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita CiamisAgun Gunandjar Bantu Promosikan Mesin Perontok Padi Karya Pemuda Lakbok Ciamis

Agun Gunandjar Bantu Promosikan Mesin Perontok Padi Karya Pemuda Lakbok Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Anggota DPR RI Agun Gunandjar Sudarsa bantu promosikan mesin perontok padi minimalis yang dikembangkan para pemuda Lakbok yang tepatnya di Desa Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Hal itu terungkap saat Agun mengunjungi lokasi produksi mesin itu, dalam agenda penyerapan aspirasi masyarakat yang bertajuk peran pemuda dalam mendorong kolaborasi sosial di era digital.

Agun Gunandjar mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi karya inovasi dari pemuda Lakbok tersebut yang tidak muluk-muluk.

Sebab, kata Ia, mesin tersebut sangat dibutuhkan petani, baik saat panen ataupun ketika musim tanam.

“Kalau musim panen mesin perontoknya sangat membantu sekali petani. Sedangkan ketika tanam bisa buat mengairi air. Sederhana sekali, tapi ini memang yang petani butuhkan,” kata Agun, Minggu (17/10/2021).

baca juga: Pemuda Pelopor Jabar Asal Ciamis Kembangkan Mesin Perontok Padi Minimalis

Apresiasi ke Pemuda Lakbok

Sebagai bentuk apresiasinya, ia pun langsung memesan sebanyak 20 unit yang mana akan dibagikan ke kelompok tani potensial di Kabupaten Ciamis.

Ia menyebut ini sebagai bentuk dukungan pihaknya kepada para pemuda yang inovatif, terutama di bidang pertanian.

Dari 20 unit itu, lanjutnya, dalam waktu 2 kali panen atau selama setahun, ia akan melakukan evaluasi kualitas mesinnya dan hasil produksinya di kelompok tani itu.

Bila hasilnya bagus, maka ia pun akan memesannya lagi sebanyak 20 unit untuk petani di daerah lainnya.

“Jika nanti terbukti selama 2 kali panen masih bagus, maka saya pesan lagi 20. Ini sebagai dorongan semangat, baik bagi petani maupun pemuda Lakbok khususnya,” imbuhnya.

Ia harap, mesin perontok hasil pengembangan Samsul Zuhri dengan komunitas Lare Trebis yang menjadi juara pemuda pelopor Jabar dan saat ini sedang penilaian tingkat nasional, mendapatkan bantuan promosi dari pemerintah.

“Apalagi ini zaman digital. Saya juga tahu ini dari Instagram. Jadi kita harus bantu para pemuda yang kreatif,” pungkasnya.

baca juga: Penilaian Pemuda Pelopor Tingkat Nasional di Ciamis, Dispora Jabar Optimis Juara

Sementara itu, Samsul Zuhri, salah satu pemuda yang memproduksi mesin tersebut, mengaku sangat senang dengan kehadiran wakil rakyat itu.

Menurutnya, ini menjadi kesempatan baik bagi pihaknya untuk menyampaikan berbagai hal terkait pengembangan teknologi di bidang pertanian.

Apalagi, kata Samsul, masa depan petani sangat tergantung dengan pemuda hari ini. Sebab, tidak sedikit yang meninggalkan bidang itu, padahal kata Bung Karno adalah penjaga tatanan negara Indonesia.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pak Agun karena hadir ke sini dan ikut mengenalkan produk kita. Semoga ke depan semakin berkembang lagi dan para pemuda Lakbok semakin bersemangat dalam berkarya,” pungkasnya.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut anggota DPRD Ciamis Maulana Zulfikar, Ketua DPD AMPI Mohamad Ijudi, Kades Baregbeg Rahmat Suhendar, Babinsa, Bhabinkamtibas serta tokoh masyarakat sekitar. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -