Rabu, Desember 8, 2021
BerandaBerita CiamisAntisipasi Musim Kemarau, Petani di Kawali Ciamis Lakukan Ini

Antisipasi Musim Kemarau, Petani di Kawali Ciamis Lakukan Ini

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Para petani di Dusun Indrayasa, Desa/Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat mulai melakukan antisipasi datangnya musim kemarau.

Setiap musim kemarau, para petani ini selalu kekurangan pasokan air ke areal persawahan. Sehingga terkadang mereka tak bisa lagi menanam padi lantaran kekeringan.

Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dari BP3K Kecamatan Kawali, Andri, mengatakan, para petani mulai membahas cara antisipasi musim kemarau. Mereka menggelar diskusi terkait pemanfaatan lahan menjelang musim kemarau di Blok Sawah Indrayasa, Desa Kawali, Kamis (20/10/2021). 

Baca Juga: Innalillahi, Pelajar SMP Tewas Tenggelam di Curug Wadas Ciamis

“Ini sebenarnya diskusi rutin, kali ini yang jadi pembahasan adalah cara mengantisipasi kurangnya pasokan air ke areal persawahan yang berada di Dusun Indrayasa,” katanya.

Menurut, Andri, diskusi tersebut juga membahas dan merencanakan kegiatan bertani yang sedang dilakukan dan rencana ke depannya. 

“Para petani akhirnya sepakat, rencana untuk musim kemarau mereka akan menanam jagung,” lanjut Andri.

Hal tersebut, kata Andri, bertujuan agar para petani tetap produktif dan mendapat penghasilan meskipun musim kemarau.

“Tujuan lainnya adalah untuk pergiliran tanaman dan antisipasi kekurangan air,” tuturnya.

Andri, menambahkan, diskusi juga merupakan bentuk motivasi agar para petani tidak stagnan menanam padi saja.

“Terlebih ketika musim kemarau tiba, dengan motivasi seperti itu dapat dipastikan petani tetap produktif, meski pasokan air berkurang,” tandasnya. (Edji/R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -