Rabu, Desember 8, 2021
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi Pesantren Online Sarana Kelola Pesantren dengan Basis Digital

Aplikasi Pesantren Online Sarana Kelola Pesantren dengan Basis Digital

Aplikasi pesantren online hadirnya sangat membantu dalam pengelolaan pesantren. Mulai dari proses pendaftaran, pembayaran, pencatatan administrasi hingga monitoring santri dengan para pengajar atau ustadz.

Dengan era digital yang saat ini sedang berkembang, tentu akan semakin memberi kemudahan dalam berbagai aktivitas masyarakat agar lebih cepat dan efisien. Hampir setiap hari terdapat aplikasi baru baik yang berbasis mobile atau pun berbasis web.

Tentu masing-masing institusi dan individu tersebut memerlukan adanya aplikasi tertentu untuk mempermudah pekerjaan mereka. Hal ini tidak terkecuali dengan lembaga pendidikan salah satunya yaitu pesantren.

Baca Juga: Aplikasi Screening Saham Terbaik, Penunjang Investasi!

Daftar Aplikasi Pesantren Online Terbaik

Pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan. Biasanya pesantren masih menerapkan unsur tradisional untuk pengelolaan keorganisasian yang ada di lingkup pesantren.

Proses belajar mengajar dalam dunia pesantren saat ini pun mulai menggunakan sistem digital serta mengakomodasi adanya perkembangan teknologi informasi.

Saat kita melakukan pengecekan terhadap aplikasi pesantren online di PlayStore, maka akan terdapat beberapa aplikasi tersebut dalam layanan PlayStore yang bisa Anda temui.

Berbagai pilihan aplikasi tersebut merupakan buatan pesantren dari berbagai wilayah. Adapun pilihan aplikasi untuk pesantren tersebut antara lain:

ePesantren

e-Pesantren adalah salah satu jenis aplikasi online yang hadir untuk membantu dalam administrasi serta manajemen pondok pesantren. Dengan hadirnya aplikasi ini, maka pondok pesantren pun dapat lebih profesional serta siap Go Hijrah menuju era digital.

Selain itu, dengan memanfaatkan aplikasi pesantren online satu ini, maka akan semakin mempermudah dalam mengelola administrasi pesantren kapan saja dan dimana saja secara realtime.

Di dalam aplikasi ini terdapat beberapa fitur yang cukup lengkap yang dapat pengguna manfaatkan. Fitur tersebut terdiri dari manajemen kesantrian, manajemen kepegawaian, manajemen tahfidz, manajemen konseling dan lain sebagainya.

Dengan aplikasi ini, para orang tua dapat memantau perkembangan sang buah hati yang sedang berada di pondok pesantren langsung dari smartphone. Aplikasi ePesantren dapat Anda akses melalui mobile phone, laptop , PC serta tablet.

Baca Juga: Aplikasi Arsip Digital Terbaik, Manajemen Lebih Efektif dan Mudah

Aplikasi Pesantri.com

Merupakan aplikasi berbasis software as a service atau perangkat lunak. Aplikasi ini berbentuk layanan sehingga keseluruhan sistem pesantren akan dapat terintegrasi hanya dalam satu Cloud Service.

Kelebihan aplikasi pesantren online ini adalah para pengguna tidak perlu melakukan adanya instalasi software beserta menyiapkan server. Keuntungan lain yang dapat pengguna peroleh adalah berhubungan dengan keamanan serta maintenance.

Dalam aplikasi Pesantri.com ini berbasis SaaS (software as a service), sehingga keamanan serta maintenance tentu dapat difasilitasi oleh para santri secara langsung. Sistem ini pun dapat dipertanggungjawabkan.

Selanjutnya aplikasi ini dapat melakukan sinkronisasi data secara real time, multi user serta admin. Pengguna dapat mengakses aplikasi dengan device apa saja serta menyediakan laporan secara otomatis.

Selain itu pula, dengan Pesantri.com masih dapat mengakomodir pencatatan yang dilakukan secara manual untuk pembayaran, administrasi dari para santri serta berbagai jenis pencatatan lainnya.

Didalamnya juga terdapat fitur lengkap yang dapat pengguna manfaatkan. Pesantri.com merupakan salah satu aplikasi yang dikembangakan di Sleman, Yogyakarta dan tersedia secara gratis bagi pesantren yang berminat untuk menggunakannya.

Aplikasi Sintren

Sintren merupakan aplikasi pondok pesantren yang hadir dengan basis web dan mobile. Di dalam aplikasi pesantren online ini mengintegrasikan informasi pondok, santri serta orang tua hanya dalam satu platform.

Dengan demikian dapat membentuk sebuah media pengolahan data pondok pesantren yang cukup praktis dan efisien. Aplikasi ini menggabungkan dua modul pokok. Modul pokok tersebut terdiri dari management sistem pondok pesantren dengan eLearning atau media pembelajaran online.

Sintren dapat membangun suatu sistem yang mampu membuat kinerja staf lebih efektif dan cepat serta mempererat hubungan antara wali murid dengan pesantren yang bersangkutan. Fitur yang tersedia dalam aplikasi ini antara lain kesantrian.

Dalam fitur ini memuat pendataan berbagai aktivitas santri pada pesantren hingga rekapitulasi nilai ataupun perkembangan santri seperti tahfidz. Fitur administrasi yang meliputi pendataan biodata santri hingga pendataan identitas pesantren.

Fitur ini memudahkan guru atau ustadz dalam proses penyampaian materi pembelajaran yang dapat mereka lakukan kapan saja dan dimana saja.

Setiap unit pesantren dapat mengakses Aplikasi pesantren online dengan lebih mudah. Keamanan data dari pesantren yang menggunakan aplikasi ini pun lebih terjamin. Di dalam aplikasi pun memiliki auto backup apabila terjadi adanya masalah atau error. (R10/HR Online)

- Advertisment -