Selasa, Desember 7, 2021
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi Quran Majeed Dihapus dari App Store China, Ini Alasannya!

Aplikasi Quran Majeed Dihapus dari App Store China, Ini Alasannya!

Aplikasi Quran Majeed di App Store akhirnya dihapus atas permintaan Pemerintah China. Sedangkan aplikasi ini telah didownload oleh jutaan umat Islam yang ada di wilayah tersebut.

Berdasarkan laporan BBC, langkah ini mereka lakukan karena Quran Majeed mengandung berbagai jenis konten ilegal yang berdasarkan dari analisa pemerintah China.

Dalam hal ini, situs web Apple Censorship adalah yang pertama mengetahui jika Quran Majeed telah terhapus. Akan tetapi, negara Tirai Bambu tersebut telah secara resmi mengakui Islam sebagai agama.

Meskipun di dunia internasional China seringkali memperoleh kritikan atas pelanggaran hak asasi manusia serta genosida pada penduduk Uighur. Sebagai informasi bahwa penduduk Uighur merupakan mayoritas Muslim di Xinjiang China.

Baca Juga: Aplikasi Baca Berita Dapat Uang Terbukti Membayar, Tanpa Modal!

Alasan Aplikasi Quran Majeed Dihapus

Salah satu aplikasi Al-Qur’an tiba-tiba menghilang dari ponsel iPhone serta gawai lainnya yang merupakan produk Apple China. Terjadinya hal ini merupakan pernyataan dari pemerintah China kepada perusahaan Apple.

Seperti yang kita ketahui, jutaan umat muslim di seluruh penjuru dunia telah menggunakan Quran Majeed. Para umat Islam biasanya akan dengan mudah dalam mengunduh serta menggunakan aplikasi ini pada ponsel cerdas mereka.

Akan tetapi, dalam beberapa waktu terakhir pengguna smartphone jenis iPhone serta produk Apple lainnya di China tiba-tiba tidak dapat lagi menggunakan aplikasi Quran Majeed. Aplikasi ini hilang begitu saja dari daftar pilihan aplikasi yang tersedia di App Store. Lalu apakah alasan penghapusan aplikasi tersebut?

Apa Itu Aplikasi Quran Majeed?

Quran Majeed merupakan salah satu aplikasi esensial bagi umat muslim. Pasalnya, aplikasi ini menghadirkan beragam fitur yang terkait dengan agama Islam. Mulai dari jadwal salat, Al-Qur’an, dan kompas sebagai penunjuk arah kiblat.

Salah satu fitur yang paling bermanfaat pada aplikasi ini adalah jam salat yang mampu memberitahu para pengguna waktu tepat masing-masing salat wajib.

Selanjutnya fitur tersebut memperoleh kelengkapan kompas yang dapat menjamin para pengguna tidak akan pernah ketinggalan waktu salat. Untuk dapat menggunakan beberapa fitur lanjutan di aplikasi Quran Majeed, maka pengguna harus memberikan izin lokasi.

Menariknya lagi, Quran Majeed juga menyertakan versi Al-Qur’an yang dapat pengguna baca kapan dan di mana saja. Aplikasi ini memperoleh kelengkapan versi audio yang memudahkan pengguna untuk mendengarkan arti surah Al-Qur’an dalam beberapa bahasa.

Fitur lain yang tersedia adalah koleksi doa. Melalui aplikasi ini, para pengguna dalam membuka segala macam doa serta informasi untuk hari ini lalu juga pada situasi tertentu.

Baca Juga: Aplikasi Transaksi Properti Pinhome dengan Fitur-Fitur Terbaik

Pemerintah China Menghapus Aplikasi Quran Majeed

Quran Majeed tiba-tiba hilang begitu saja dari pilihan aplikasi di Appstore. Hal ini berawal dari permintaan pemerintah China untuk menghapus aplikasi tersebut. Pasalnya, dalam aplikasi ini diduga memuat berbagai teks-teks keagamaan yang dianggap ilegal oleh pemerintah Xi Jinping.

Dalam hal ini, pengembang aplikasi Quran Majeed, PDMS menjelaskan, aplikasi ini hilang dari App Store China karena mengandung konten yang memerlukan adanya dokumentasi tambahan dari pihak berwajib China. 

Selain itu, pengembang aplikasi ini pun berupaya untuk menyelesaikan masalah dengan Administrasi Ruang Siber Tiongkok (Cyberspace Administration of China).

Sedangkan pihak Apple terkait dengan kebijakan hak asasi manusia menjelaskan bahwa pihaknya memiliki keharusan dalam mematuhi peraturan setempat. Terkadang terdapat persoalan rumit dan Apple tidak sepakat dengan pemerintah maupun pemangku kepentingan lain.

Sebenarnya bukanlah suatu hal yang baru bagi pemerintah China dalam memperketat kontrol internetnya. Melansir dari perkantoran berita Associated Press, melaporkan bahwa Liu Pengyu, Juru Bicara Kedutaan China, menolak memberi penjelasan soal penghapusan aplikasi Quran Majeed.

Akan tetapi, Liu menjelaskan bahwa Pemerintah China selalu mendukung serta mendorong pengembang internet. Namun dalam waktu yang bersamaan, para pengembang internet di China juga harus mematuhi undang-undang serta regulasi.

Meskipun Pemerintah China telah menghapus aplikasi Quran Majeed dari App Store, akan tetapi aplikasi ini masih dapat masih tersedia di App Store negara lain serta layanan Google Play Store.

Selain Quran Majeed, aplikasi keagamaan Kristiani Alkitab Olive juga telah terhapus dari produk Apple di China dalam pekan ini dengan alasan belum memutakhirkan aplikasi tersebut sesuai dengan persyaratan izin dari pemerintah China. (R10/HR Online)

- Advertisment -