Rabu, Desember 8, 2021
BerandaBerita TerbaruApple MacBook M1 Max Telah Hadir, Intip Spesifikasi dan Harganya!

Apple MacBook M1 Max Telah Hadir, Intip Spesifikasi dan Harganya!

Apple MacBook M1 Max telah rilis sejak 19 Oktober 2021 yang membawa ukuran layar sebesar 14 inch dan hadir bersama varian Pro 16 inch. Tak lupa dengan dukungan bezel yang tipis serta dudukan kamera yang menggantung mampu menciptakan notch (poni).

Bahkan perusahaan juga sudah mengatakan bahwa mereka mampu meningkatkan jumlah piksel pada kedua layar tersebut. Mulai dari semua model yang sudah mendukung refresh rate sebesar 120 Hz.

Baca Juga: Apple MacBook Pro 16 2021 Telah Hadir dan Membawa Panel Mini-LED

Laptop Apple MacBook M1 Max Resmi Hadir

Akhirnya Apple kembali menggelar acara terbesarnya pada 19 Oktober 2021 secara virtual. Perusahaan pimpinan dari Tim Cook ini memperkenalkan varian MacBook Pro baru sesuai dengan rumor.

Selain itu, lini MacBook itu juga dibarengi dengan pengumuman kehadiran chip terbaru besutan Apple bernama M1 Pro dan M1 Max. Dari kedua chip itu nyatanya mampu menawarkan performa yang lebih baik di industri laptop dunia.

Hingga pada akhirnya pengumuman kehadiran Apple MacBook M1 Max ini tak lupa dengan membawa chipset yang sangat mumpuni. Bagaimana tidak, hal ini karena mempunyai kinerja CPU dan GPU yang jauh lebih kencang daripada M1 pada tahun lalu.

Apple telah mengklaim untuk kinerja CPU mencapai 7% lebih cepat dan GPU M1 Pro2x juga kian mumpuni daripada M1. Sementara untuk varian M1 Mac ini melebihi 4 kali lebih cepat daripada varian M1 dulu itu.

Kinerja Lebih Baik

Apple MacBook M1 Max maupun varian Pro ternyata memiliki kinerja yang jauh lebih baik lagi daripada chip PC pada umumnya. Dari sisi GPU, perusahaan telah mengatakan bahwa chipnya mampu bekerja hingga lebih dari 7 kali daripada grafis terintegrasi PC menggunakan daya serupa.

Bagaimana tidak, jenis chipset yang satu ini mampu memberikan data pada tingkat kinerja yang sama dengan kartu grafis diskrit. Meski demikian, juga dengan menggunakan konsumsi daya lebih sedikit setidaknya mencapai 70%.

Daripada dengan PC tercepat oleh Apple, tampaknya chip M1 Max ini sudah menggunakan daya hingga 100W lebih sedikit dan kinerja setara. Itu artinya bahwa jenis prosesor varian Pro 2021 juga mampu menyuguhkan performa yang serupa ketika menggunakan daya baterai.

Tidak hanya itu saja, perusahaan juga sudah menyesuaikan Mac OS guna memanfaatkan sepenuhnya dari chip bari dari setiap level. Apa tujuannya? Supaya kinerjanya jauh lebih optimal.

Baca Juga: MacBook Apple Silicon Perbaharui Sistem Laptop Apple

Jantung Pacu

Untuk Apple MacBook M1 Max ini membawa bandwidth dengan memori sebesar 400 GB per detik dan 57 miliar transistor. Tak hanya itu saja, melainkan juga dengan GPU 32-Core yang dipasangkan dan memori sebesar 64GB bersama dukungan chip M1 Max.

Selain itu, laptop dengan chip M1 Max ini juga telah tersedia dalam konfigurasi 10-Core, GPU 24-Core, maupun 32-Core. Sehingga prosesor tersebut memiliki neural Engine 16-Core yang berguna sebagai akselerasi machine learning dalam perangkat.

Tidak hanya itu saja, melainkan Apple juga sudah membenamkan teknologi keamanan yang bernama Secure Enclave. Dari teknologi tersebut berguna untuk memberi lapisan keamanan yang ekstra serta menjaga keamanan data para pengguna.

Apple juga sudah mengintegrasikan berupa teknologi ProRes ke dalam chip tersebut guna pemrosesan video profesional. Lalu dengan dukungan untuk penggunaan monitor eksternal.

Spesifikasi dan Harga

Apple MacBook M1 Max membawa jenis layar panel Liquid Retina XDR, mini LED backlit, serta tingkat kecerahan hingga 1000 nits. Tidak hanya itu saja, melainkan juga membawa refresh rate sebesar 120 Hz, sama halnya varian Pro.

Dengan teknologi layar tersebut, mampu memudahkan para pekerja kreatif supaya dapat mengolah konten HDR. Sebab perangkat ini juga mampu menghidupkan konten dengan format HDR yang lebih baik lagi sebab warnanya jelas dan menyala.

Dengan luas layar sebesar 14 inch serta membawa lebih banyak port, mulai dari port HDMI, tiga USB-C Thunderbolt 4, hingga slot kartu SDXC. Bahkan touch bar juga akan hilang dan diganti dengan tombol fisik guna mengatur kecerahan volume serta pemutaran media.

Laptop varian Apple MacBook M1 Max juga tersedia dengan upgrade tambahan berupa memori sebesar 64GB mencapai 8TB. Perangkat ini juga telah hadir dengan warna Space Grey atau Silver yang harganya sekitar Rp 28 jutaan saja. Kabarnya akan tersedia pada tanggal 26 Oktober 2021 mendatang. (R10/HR Online)

- Advertisment -