Selasa, Desember 7, 2021
BerandaBerita TerbaruApple MacBook Pro 16 2021 Telah Hadir dan Membawa Panel Mini-LED

Apple MacBook Pro 16 2021 Telah Hadir dan Membawa Panel Mini-LED

Apple MacBook Pro 16 2021 akhirnya rilis tepat hari ini 18 Oktober 2021 dan membawa sejumlah fitur menarik yang wajib untuk Anda ketahui.

Meluncurnya produk dari Apple ini ada pada acara Unleashed yang berpusat di Mac serta perusahaan juga mengumumkan varian Pro 14.

Seperti yang kita ketahui bahwa kali pertama Apple membidik iPhone baru juga Apple Watch tahun 2021. Bahkan bocoran mengenai perangkat anyar itu kini sudah tersebar luas di media sosial. Intip spesifikasinya sekarang juga!

Baca Juga: MacBook Apple Silicon Perbaharui Sistem Laptop Apple

Spesifikasi Mumpuni Apple MacBook Pro 16 2021

Rupanya Apple selalu memiliki rencana besar untuk varian MacBook Pro pada tahun ini dengan cara mendesain file ulang lagi. Seperti MacBook Pro 13 inch yang menjadi MacBook Pro 14 inch dan sejumlah fitur terbaru hadir dalam jajaran tersebut.

Sementara di sisi lain, beberapa waktu lalu Apple resmi mentransmisikan perangkat Mac itu dari Intel ke Apple Silicon dan berbasis ARM. Mulai dari chip Apple M1 sampai yang baru yaitu MacBook Pro, tentunya membawa desain tak kalah menarik lagi.

Meluncurnya Apple MacBook Pro 16 2021 ini juga membawa varian layar 14 inch dengan tenaga chipset Apple Silicone terbaru. Lebih lanjut lagi, perusahaan juga sudah mulai memproduksi massal 2 produk MacBook Pro sejak pertengahan 2021.

Hal tersebut telah terungkap oleh Analis Apple yaitu Ming-Chi Kuo, sama halnya yang dilaporkan BDR bahwa Kuo mengatakan penjadwalan ulang. Pada kuartal ke-3 mulai Juli sampai September dan akhirnya mengalami penundaan rilis sampai sekarang baru benar rilis.

Baca Juga: MacBook Pro Terbaru dari Apple, Harganya Sampai Rp.36 Juta

Kabar Penundaan Sebelumnya

Kabar penundaan rilisnya Apple MacBook Pro 16 2021 waktu itu bukan tanpa sebab, akan tetapi karena adanya suatu alasan kelangkaan komponen chipset. Dari minimnya chipset, membuat komponen MacBook Pro sulit diperoleh dalam pasaran.

Sehingga hal tersebut mempengaruhi produksi produk dan mau tak mau perusahaan harus menunda waktu perilisannya. Bahkan penundaan perilisan perangkat laptop tersebut juga tidak hanya pertama kalinya.

Sebab sebelumnya perusahaan Apple juga telah menduga sekali perilisan MacBook Pro generasi terbaru. Rencana awalnya itu varian Pro 14 dan Pro 16 akan meluncur dalam acara Apple Worldwide Developers COnference 2021 pada Juni.

Sementara dari informasi DigiTimes, jadwal atau waktu perilisan terbaru dari varian Pro 16 akan datang bulan Oktober atau November. Hingga pada akhirnya pertengahan bulan Oktober atau hampir akhir bulan ini produk tersebut sudah benar-benar rilis.

Desain Layar dan Bodi

Untuk desain layar pada laptop Apple MacBook Pro 16 2021 membawa ukuran seluas 16 inch, seperti namanya dengan spesifikasi berkelas. Karena hadir dalam varian Pro, maka wajar jika seri yang satu ini juga memiliki tubuh bongsor dan sedikit berat.

Meski demikian, bertujuan supaya perangkat laptop ini juga memiliki komputasi cukup kencang. Dengan ukuran ketebalan mencapai 0,64 inch dan bobot sebesar 2,15 kg, sepertinya tidak begitu berat.

Lebih lanjut lagi, ukuran layarnya itu juga lengkap dengan resolusi sebesar 3.072 x 1920 piksel dan tingkat kecerahan mencapai 500 nits color gamut DCI-P3. Sementara untuk kapasitas baterainya cukup besar yakni 100 watt-hour yang mampu bertahan hingga 11 jam penggunaan.

Lebih menariknya lagi, varian Pro kali ini juga akan muncul dengan tampilan terbaru yaitu lampu latar berupa mini-LED. Bahkan Ruiyi Optoelektronik juga bakalan menjadi pemasok eksklusif untuk panel mini-LED tersebut.

Keyboard dan Fitur Lain

Apple MacBook Pro 16 2021 membawa prosesor jenis Intel generasi ke-9, mulai dari Intel Core i7 6-Core. Bahkan ada juga pilihan seperti VGA AMD Radeon Pro 5300M maupun varian 5500M.

Seperti yang kita ketahui bahwa MacBook Pro 16 adalah salah laptop pertama yang membawa kartu grafis itu dan tak lupa Apple sudah membekali versi standar. Tak lain dengan membawa SSD sebesar 512GB dan kapasitas RAM sebesar 16GB.

Bahkan untuk MacBook Pro edisi terbaru ini sudah tidak akan lagi menggunakan keyboard berupa model Butterfly. Akan tetapi, perusahaan Apple akan mengganti jenis keyboard tersebut dengan Magic Keyboard baru. Berbicara soal harga, untuk Apple MacBook Pro 16 2021 ini memiliki harga sekitar 34 jutaan rupiah. (R10/HR Online)

- Advertisment -