Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita TerbaruAsuransi HP Hilang Mengurangi Risiko, Ini Manfaat dan Cara Klaimnya

Asuransi HP Hilang Mengurangi Risiko, Ini Manfaat dan Cara Klaimnya

Asuransi HP hilang menjadi sangat penting untuk meminimalisir risiko kehilangan atau kerusakan. Mengingat HP menjadi hal utama sekarang ini yang mendukung kegiatan, tak luput dari kerusakan dan kehilangan di mana saja. 

Terutama bagi Anda yang membeli HP dengan harga cukup tinggi, akan lebih mengerikan jika tidak diasuransikan. Asuransi ini telah beredar di Indonesia. Sehingga siapa saja dapat menikmati layanan terbaik asuransi ini. 

Baca Juga: Menggunakan Android Device Manager, Solusi Pertama saat HP Hilang

Manfaat dan Cara Klaim Asuransi HP Hilang Bagi Pengguna

Pada dasarnya, mendapatkan garansi sudah membuat pengguna aman, namun untuk mencegah risiko kerusakan atau kehilangan yang bisa terjadi kapan saja, perlu adanya asuransi. Manfaat atau keuntungan yang diperoleh apa saja?

Manfaat Asuransi Ponsel

Hal penting inilah alasan kenapa Anda perlu mengasuransikan HP Anda. Pertama adalah memberikan rasa aman bagi pemiliknya. Sehingga ketika mengalami kerusakan atau hilang tidak akan membuat Anda rugi, setidaknya juga lebih tenang dalam menggunakan handphone tersebut. 

Sisi lain dari asuransi HP hilang adalah melindungi unit karena cacat motherboard atau layar dari kerusakan. Jika hal ini terjadi, pemilik dapat mengatasinya dengan mudah. Berbeda dengan menggunakan garansi. Karena garansi tidak cover kerusakan ini. 

Dengan proteksi dari asuransi, maka data-data Anda akan terlindungi. Secara mudah dapat pulih, seperti log panggilan, video, file suara, foto, dan lainnya. Sehingga Anda tak perlu khawatir kehilangan data penting handphone. 

Menariknya, pemegang asuransi akan mendapatkan ganti rugi apabila handphone tersebut rusak total atau hilang. Kriteria penggantian harus tertulis dalam perjanjian polis karena ada beberapa yang tidak masuk cover asuransi.

Penggantiannya juga tergantung dari jenis dan tipe handphone yang Anda miliki. Setelah menggunakan asuransi HP hilang, maka pengeluaran Anda akan lebih hemat. Premi untuk mengasuransikan handphone lebih murah daripada membeli HP baru.

Namun ada beberapa yang merasa keberatan membayar premi karena harus berjalan setiap bulan. Padahal premi tersebutlah yang nantinya dapat menolong Anda dalam keadaan terdesak terkait HP hilang. 

Baca Juga: Cara Melacak Posisi HP Hilang dengan Cepat dan Mudah, Wajib Coba!

Cara Klaim Asuransi HP

Sebelum mengetahui cara membeli asuransi, terlebih dahulu Anda pahami informasi tentang ponsel Anda secara lengkap.

Hal ini untuk menyesuaikan premi dengan kebutuhan. Pertama, Anda perlu memastikan kredibilitas perusahaan asuransi yang Anda pilih. 

Penting juga Anda mengetahui fitur layanan asuransi HP hilang dan fokus pada layanan mitra service centernya. Anda pun dapat menghubungi perusahaan yang Anda pilih untuk asuransi HP. 

Pada umumnya, cara klaim setiap perusahaan berbeda, namun terkait klaim risiko kehilangan kurang lebih sama. 

Langkah pertama adalah membuat laporan risiko. Laporan ini mencakup kronologi tanggal, lokasi, waktu, dan laporan lainnya secara rinci agar klaim tidak ada penolakan. 

Selanjutnya Anda siapkan dokumen klaim berupa form klaim, laporan risiko, fotocopy KTP, nomor sertifikat asuransi, foto fisik HP, dan nomor serinya. Terutama karena Anda kehilangan, maka perlu terlampir surat kehilangan dari kepolisian. 

Kini Anda dapat klaim asuransi HP hilang melalui email perusahaan asuransi. Jika memungkinkan, Anda bisa datang langsung untuk menyetorkan berkas tersebut.

Sementara perbaikan HP di layanan servis resmi bermitra dengan asuransi yang Anda pilih. Biasanya ada pelayanan penjemputan atau Anda mengantarkan sendiri. Hal ini jika HP hanya mengalami kerusakan. Jika kehilangan, maka cukup proses klaim kehilangan. 

Baca Juga: Temukan Perangkat Saya, Solusi Pintar HP Hilang dari Aplikasi Google

Proses Klaim Asuransi

Perlu Anda ingat, biasanya dokumen harus Anda serahkan maksimal 30 hari setelah terjadi kehilangan. Proses klaim asuransi HP hilang biasanya membutuhkan waktu hingga 14 hari kerja.

Apabila klaim Anda disetujui, maka akan mendapatkan klaim dalam bentuk uang uang ditransfer ke rekening pribadi Anda. Semua pemberitahuan, baik disetujui atau tidak, akan diberitahukan melalui email.

Dengan memiliki asuransi, maka Anda bisa menghemat waktu dari seluruh proses transaksi, status, aplikasi, dan pengecekan secara online menggunakan sistem yang sudah terintegrasi. 

Anda tidak akan kesulitan dalam mengurus klaim tersebut, karena pihak asuransi akan memberikan data lengkap tentang polis serta cara klaim yang mudah.

Hal ini memberikan kesempatan sehingga mobilitas Anda tidak akan terganggu dalam mengurus klaim. Bahkan Anda bisa mendapatkan berbagai referensi dari produk asuransi HP hilang yang ditawarkan serta pembelian melalui toko online yang ditunjuk. (R10/HR-Online)