Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaBerita TerbaruAtap Rumah Anti Panas Cocok untuk Anda yang Berada di Iklim Tropis

Atap Rumah Anti Panas Cocok untuk Anda yang Berada di Iklim Tropis

Jenis atap rumah anti panas kini sudah banyak tersedia. Bahkan Anda bisa memilih sendiri jenis yang pas dengan keinginan. Atap rumah tentu menjadi salah satu material yang harus diperhitungkan.

Selain memiliki banyak jenis, ada juga keunggulan dan kekurangannya. Material yang satu ini cukup dipertimbangkan agar pemilik rumah bisa lebih aman dan nyaman.

Sayangnya, sering dijumpai atap berkualitas, namun panas ketika berteduh di bawahnya. Padahal memiliki rumah yang nyaman, sejuk, dan menarik adalah pilihan semua orang.

Untuk bisa memaksimalkan fungsinya, jangan sampai salah pilih. Gunakan material atap rumah yang tepat. Sehingga bisa melindungi Anda dari panas dan hujan.

Baca Juga: Desain Atap Rumah Galvalum Menjadi Solusi Praktis Hunian Masa Kini

Sebenarnya produksi atap rumah juga mengalami banyak perubahan. Hal ini karena permintaan konsumen juga berbeda-beda. Karena fungsinya yang cukup penting dalam memilih material atap rumah.

Anda bisa memilih salah satu yang berkualitas. Bahkan Anda juga bisa memiliki atap rumah anti panas. Apalagi ketika musim tropis atau panas, atap rumah mampu berpengaruh. Untuk itu, gunakan tips yang tepat.

Rekomendasi Jenis Atap Rumah Anti Panas

Dari sekian banyaknya jenis atap rumah, yang semakin dicari yaitu atap rumah yang tidak membuat penghuninya kepanasan. Sebenarnya dalam dunia konstruksi, atap rumah memiliki peran yang cukup penting.

Pemilihannya pun tidak bisa Anda sepelekan. Setiap jenis atap rumah tentu memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Hal ini bisa membantu Anda memilih sesuai dengan kebutuhan.

Namun atap yang baik terbuat dari bahan berkualitas, mampu melindungi rumah dan pastinya anti panas. Sehingga penghuni rumah pun akan merasa nyaman saat berada di dalamnya.

Bagi Anda yang mencari atap rumah tentu harus tahu apa saja jenisnya. Pastikan Anda memilih atap rumah yang memberikan tingkat kenyamanan tinggi.

Berikut ini kami rangkum beberapa rekomendasi jenis atap rumah yang bisa Anda jadikan pilihan untuk menghalau teriknya panas matahari dan hujan.

Bahan Tanah Liat

Rekomendasi atap rumah anti panas yang pertama yaitu terbuat dari tanah liat. Atap yang satu ini biasa disebut dengan genteng. Bahkan keberadaannya cukup populer dan banyak hadir di Indonesia.

Baca Juga: Kolam Ikan Hias dalam Rumah, Sajikan Tampilan Hunian yang Menawan

Selain produksinya yang banyak dan tidak ada habisnya, harga dari jenis ini cukup ekonomis. Keunggulan dari jenis atap dari tanah liat yaitu adem dan harganya murah.

Namun untuk kelemahannya, genteng mudah pecah dan terbelah. Bahkan jika pemakaiannya cukup lama, membuatnya akan berubah menjadi warna kehitaman.

Ketika Anda memilih jenis yang satu ini, pastikan menggunakan kayu atau besi penyangga dalam pemasangannya. Sehingga genteng dapat tersangga dengan baik dan kokoh.

Atap Bahan Metal

Berbagai jenis atap rumah kini bisa Anda dapatkan dengan mudah. Salah satu jenis atap rumah anti panas yang cukup populer yaitu terbuat dari metal. Material ini terbuat dari bahan dasar logam anti karat.

Keunggulannya yaitu memiliki desain variatif sehingga bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Dari segi bobotnya, genteng metal cukup ringan bahkan mirip dengan jenis genteng tanah liat, sirap, dan yang lainnya.

Genteng metal mampu menghalau sinar matahari yang masuk sehingga ruangan akan tetap dingin dan sejuk.

Atap Sirap/Kayu Ulin

Jenis atap di Indonesia cukup beragam. Salah satunya yaitu atap rumah anti panas dari kayu ulin. Kayu asal Kalimantan ini biasa terpasang pada rumah semi tradisional.

Memiliki tekstur berpori dan ramah lingkungan. Sehingga mampu mengalirkan sirkulasi udara dengan lancar. Meski perawatannya tidak mudah, namun untuk menghalau panas cukup bagus.

Jenis Atap Beton

Rekomendasi jenis atap selanjutnya yaitu terbuat dari beton. Jenis atap yang satu ini justru sedang populer. Bahkan banyak terlihat pada rumah dengan konsep minimalis sederhana.

Material pembuatnya dari semen yang terlapisi serat bahan adaptif tertentu. Tidak perlu lagi Anda ragu, bahan atap beton kuat, anti pelapukan, kebakaran, hingga tahan terhadap cuaca ekstrim. Karena keunggulannya tersebut, membuat atap yang satu ini memiliki harga beli cukup tinggi.

Bagi Anda yang sedang mencari atap rumah, tentukan pilihan sesuai kebutuhan. Pastikan Anda memilih atap rumah anti panas agar nyaman berada di dalamnya. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)