Selasa, Desember 7, 2021
BerandaTeknologiSmartphoneAtur Keyboard iPhone Mengetik Lebih Nyaman, Ikuti Tips Mudahnya!

Atur Keyboard iPhone Mengetik Lebih Nyaman, Ikuti Tips Mudahnya!

Atur keyboard iPhone dapat Anda lakukan sebagai langkah untuk menyesuaikan papan ketik pada layar HP dengan sistem operasi iOS. Saat Anda menggunakan papan ketik eksternal yang terdapat pada perangkat iPhone, maka Anda dapat melakukan penyesuaian pintasan papan ketik.

Anda juga dapat mengubah pengaturan seperti laju pengulangan tombol. Selain itu, fitur pengetikan juga bisa Anda atur apakah mau dihidupkan atau dimatikan. Seperti adanya pemeriksaan bagian ejaan serta menambahkan papan ketik bila Anda ingin menulis dengan  bahasa berbeda.

Dalam hal ini Anda pun dapat mengubah tata letak papan ketik pada layar atau nirkabel. Apabila Anda menambahkan papan ketik untuk bahasa lain, maka Anda pun dapat mengetik dalam dua bahasa tanpa harus beralih antar papan ketik. Dengan demikian secara otomatis keyboard Anda beralih antar dua bahasa tersebut yang manakah yang paling sering Anda gunakan.

Baca Juga: Cara Restart iPhone Saat Bermasalah Paling Tepat dan Lengkap

Tips Atur Keyboard iPhone yang Perlu Diketahui

Perangkat iPhone memberi para pengguna sejumlah opsi yang cukup bermanfaat dalam mengatur serta mengelola keyboard sesuai dengan keinginan.

Dalam hal ini, para pengguna dapat dengan mudah beralih dari keyboard internasional, mengubah tata letak tombol serta menambahkan keyboard pihak ketiga dan lain sebagainya.

Seperti yang kita ketahui, keyboard pada perangkat iPhone adalah keyboard yang hadir dengan ukuran yang kecil. Terutama bagi Anda yang baru saja beralih dari perangkat Android ke perangkat iOS, seringkali terjadi typo saat akan membalas pesan dari orang lain.

Oleh karena itu, berikut ini beberapa tips untuk atur keyboard iPhone yang dapat Anda lakukan. Dengan demikian Anda dapat lebih mengenali beragam pengaturan yang terdapat pada perangkat iPhone.

Atur Keyboard iPhone dengan Huruf Besar dan Kecil

Bagi Anda para pengguna iOS 9 atau yang lebih baru maka dapat melakukan pengecekan pada menu settings > general > accessibility > keyboard.

Selanjutnya aktifkan pengaturan Show Lowercase Keys. Ini bermanfaat bagi Anda untuk membuat papan ketik virtual yang terdapat pada perangkat iPhone atau iPad untuk dapat tampil dalam huruf kapital atau biasa.

Keyboard Clicks, Predictive serta Autocorrect

Tips atur keyboard iPhone yang dapat Anda lakukan selanjutnya adalah dengan masuk ke menu Setting > Sounds > Keyboard Click kemudian matikan apabila Anda tidak ingin memperoleh efek suara ketika layar pada saat mengetik.

Jika Anda sering mengetik dalam bahasa Indonesia dan sering mendapatkan koreksi kata dalam bahasa Inggris, maka Anda dapat masuk ke menu Settings > General > Keyboard kemudian mematikan Auto Correction, Check Spelling serta Predictive.

Baca Juga: Cara Menghapus Spam di Kalender iPhone Praktis, Simak Tutorialnya!

Atur Keyboard iPhone dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Dalam hal ini, Apple mengenalkan adanya layanan aplikasi keyboard pihak ketiga untuk iPhone dan iPad sejak hadirnya iOS 8. Para pengguna dapat menginstal aplikasi keyboard third party favorit dari App Store.

Selanjutnya dapat Anda aktifkan melalui settings > General > Keyboard > keyboards setelah proses pengunduhan selesai. Selain itu, jangan lupa untuk beri akses penuh dengan menekan tombol Allow Full Access pada setiap keyboard yang Anda instal.

Berikutnya, setelah memberikan pengaturan Full Access, maka Anda dapat panggil keyboard favorit Anda dengan cara menekan ikon bola dunia saat proses mengetik, Anda juga dapat tekan serta tahan ikon yang sama kemudian pilih dari urutan yang tampil.

Baca Juga: Game Seru iPhone Gratis, Cek Rekomendasinya!

Mengubah Respon Tombol di Keyboard Eksternal

Tips atur keyboard iPhone berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengubah respons tombol di keyboard eksternal. Hal ini dapat Anda lakukan apabila merasa kesulitan dalam menggunakan papan ketik eksternal, dengan demikian Anda pun dapat menyesuaikan pengaturannya.

Caranya cukup mudah, yakni dengan buka pengaturan > aksesibilitas > papan ketik, selanjutnya dapat ketuk salah satu dari hal berikut ini:

  • Tombol Lambat, merupakan salah satu tombol yang dapat Anda gunakan untuk menyesuaikan waktu saat tombol Anda tekan serta saat tombol Anda aktifkan.
  • Tombol Sticky untuk menekan serta menahan tombol pengubah. Seperti Command dan Option pada saat Anda menekan tombol lain
  • Pengulangan Tombol yang dapat Anda gunakan untuk menyesuaikan interval serta penundaan pengulangan.

Demikianlah beberapa tips atur keyboard iPhone yang dapat Anda terapkan sesuai dengan keinginan Anda. Dengan demikian penggunaan keyboard pun akan lebih nyaman bagi Anda. (R10/HR-Online)

- Advertisment -