Selasa, Desember 7, 2021
BerandaTeknologiAplikasiBackup Data WhatsApp Ke Google Drive, Pulihkan Chat Lebih Mudah!

Backup Data WhatsApp Ke Google Drive, Pulihkan Chat Lebih Mudah!

Backup data WhatsApp ke Google Drive merupakan salah satu hal penting yang perlu Anda lakukan. Dengan membackup data, semua riwayat obrolan serta file yang telah dikirimkan pun tidak akan hilang saat Anda berganti perangkat HP.

Backup daya merupakan salah satu proses duplikasi serta menyalin suatu data dari perangkat menuju ke media penyimpanan kedua.

Ini dapat menjadi langkah yang tepat untuk melindungi berkas serta data yang kita miliki dari berbagai kemungkinan yang menimpa perangkat kita. Dengan demikian, semua data penting pun akan aman saat kita berpindah perangkat.

Baca Juga: Scan Dokumen dengan Google Drive Manfaatkan Kamera HP, Ini Caranya

Cara Backup Data WhatsApp Ke Google Drive

Bagi Anda para pengguna Android, dapat melakukan pencadangan data melalui Google Drive. Ini merupakan salah satu fitur backup dengan basis cloud. Google Drive telah tersedia secara default pada aplikasi WhatsApp.

Dengan demikian, para pengguna tidak perlu memasang aplikasi lain untuk dapat melakukan backup data. Saat Anda login pada perangkat Android dengan menggunakan Gmail, maka secara otomatis akun Drive pun ikut login.

Anda tidak perlu membuat akun khusus untuk Google Drive. Ketika Anda berganti menggunakan perangkat Android lain dengan akun sama, maka Google Drive akan turut berpindah pada HP Android tersebut.

Proses restore backup dari ponsel sebelumnya pun akan lebih mudah pada ponsel baru. Terkait dengan backup data WhatsApp ke Google Drive, ini dapat Anda lakukan hanya dengan menggunakan HP Android saja.

Hal ini berarti Anda tidak dapat memindahkan file backup dari Android ke iPhone atau sebaliknya. Pasalnya, pada perangkat iPhone menggunakan iCloud untuk layanan cloud.

Baca Juga: Translate Menggunakan Google Drive Mudah, Simak Ulasan Lengkapnya

Langkah Backup Data WhatsApp Ke Google Drive

Berikut ini beberapa langkah mudah melakukan backup data aplikasi WhatsApp menuju Google Drive:

  1. Pertama, buka aplikasi WhatsApp pada perangkat Android Anda
  2. Kemudian klik tiga titik pada bagian atas, lalu pilih Pengaturan
  3. Berikutnya, pilih menu Chat, selanjutnya pilih Chat Backup.
  4. Cara backup data WhatsApp ke Google Drive selanjutnya pilih Cadangkan ke Google Drive
  5. Kemudian Anda dapat melakukan pengaturan frekuensi pencadangan, pilih akun Google serta Izinkan atau Allow
  6. Pada saat akun WhatsApp telah terhubung dengan Google Drive, klik Backup.
  7. Tunggu sampai proses backup selesai. Secara otomatis, semua pesan dan file akan terbackup ke fitur Google Drive.

Saat mencadangkan data ke Google Drive, terdapat beberapa pilihan yang dapat Anda pilih selain “jangan pernah”. Anda dapat memilih diantaranya sebagai berikut:

  • Hanya saat Anda mengetuk “cadangkan” yang berarti data WA tidak akan tersimpan, kecuali Anda memerlukan serta mengetuk “cadangkan”.
  • Harian, dapat Anda pilih jika Anda ingin mencadangkan data WA setiap hari sekali
  • Mingguan, dapat Anda pilih saat Anda ingin mencadangkan data WA setiap minggu sekali.
  • Bulanan, dapat Anda gunakan jika Anda ingin mencadangkan data WA setiap bulan sekali. Selain itu,¬†Anda juga dapat mencadangkan video dengan mengaktifkan fitur “sertakan video” jika memerlukannya. Apabila sudah Anda pilih, maka WA akan menyimpan secara otomatis dalam beberapa waktu tertentu.

Baca Juga: Ganti Nomor WhatsApp di HP Android dan iPhone, Ikuti Cara Ini

Cara Restore Chat WA

Jika kita telah berhasil melakukan backup data WhatsApp ke Google Drive, lalu bagaimanakah cara mengembalikan atau restore chat tersebut?

Dalam hal ini, WA belum menyediakan fitur pemulihan akun pada menu Pengaturan. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir.

Saat proses awal instal aplikasi WA serta telah melakukan verifikasi nomor, pada umumnya akan muncul “pulihkan WhatsApp”. Kita dapat menggunakan menu tersebut untuk restore chat WA.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

  1. Copot pemasangan serta pasang ulang WhatsApp. Bisa juga WA pada HP baru.
  2. Buka WA serta verifikasi nomor
  3. Pada saat diminta, ketuk “Pulihkan”, lalu masuk pada akun Google
  4. Selanjutnya pilih “Lanjut”, tunggu beberapa waktu dan tampilan chat WA akan kembali seperti semula.

Demikianlah tutorial mudah dalam melakukan backup data WhatsApp ke Google Drive. Apabila WhatsApp tidak bisa mendeteksi backup, kemungkinan hal ini terjadi karena Anda tidak terhubung dengan akun Google yang sama. Kemungkinan lain adalah Anda tidak menggunakan nomor telepon yang sama saat melakukan backup. Pastikan akun Google serta nomor HP Anda sama selama menginstall ulang WA atau berganti ponsel. Chat pun dapat Anda pulihkan dan diakses kembali. (R10/HR-Online)

- Advertisment -