Kamis, Desember 2, 2021
BerandaBerita TerbaruBagian Rumah yang Sering Lupa Dibersihkan, Wajib Anda Ketahui

Bagian Rumah yang Sering Lupa Dibersihkan, Wajib Anda Ketahui

Bagian rumah yang sering lupa dibersihkan penting menjadi perhatian Anda. Setiap penghuni rumah tentunya harus memahami pentingnya menjaga kebersihan. Kebersihan rumah dapat mempengaruhi kondisi kesehatan fisik serta mental penghuninya.

Apalagi memiliki rumah yang bersih dan rapi, membantu menurunkan tingkat kelelahan dan stres. Bahkan rumah yang bersih juga menurunkan terjadinya risiko alergi dan gangguan kesehatan. Namun terdapat beberapa bagian rumah yang terkadang luput dari perhatian Anda.

Baca Juga: Desain Rumah 1 Kamar Pilihan Terbaik Bagi Anda yang Belum Menikah

Pada bagian yang luput dari perhatian ini membuatnya jadi berdebu. Sehingga beberapa bagian rumah tampak menjadi kotor. Penting untuk selalu menjaga kebersihan rumah.

Inilah Bagian Rumah yang Sering Lupa Dibersihkan

Menjaga kebersihan rumah memang sangat penting. Pastikan untuk selalu membersihkannya setiap hari agar debu dan kotoran tidak semakin banyak. Untuk itu, ketahui beberapa bagian rumah yang seringkali terabaikan berikut ini.

Gagang Pintu

Bagian gagang pintu ini secara sadar atau tidak mudah terabaikan. Baik pintu depan, pintu kamar, serta ruangan yang lainnya. Terkadang yang menyentuh bagian gagang pintu ini tidak hanya dari keluarga, namun juga orang luar.

Pastikan untuk selalu membersihkannya secara rutin. Hal itu agar kuman dan kotoran tidak bersarang pada bagian rumah ini. Anda juga perlu melakukan penanganan yang tepat. Sehingga tidak membuat bagian gagang pintu rusak.

Ventilasi

Penting untuk menjaga kebersihan ventilasi udara dalam rumah. Biasanya ventilasi ini memiliki jaringan kawat halus. Hal itu sebagai penghalang serangga yang ingin memasuki rumah. Anda dapat membersihkannya menggunakan penyedot debu, maka ventilasi rumah akan bersih kembali.

Bagian Atas Lemari

Bagian rumah yang sering lupa dibersihkan yaitu bagian atas lemari. Anda dapat mengandalkan vacuum cleaner untuk menghisap kotorannya secara perlahan. Pastikan juga untuk menjangkau setiap sudutnya pada bagian belakang lemari. Hal itu berpotensi menjadi tempat berkembangbiaknya kuman serta bakteri.

Tirai dan Jendela

Tirai dan jendela juga termasuk bagian rumah yang seringkali terabaikan. Sebagian orang masih menganggap bagian rumah ini tidak terkena banyak kotoran. Namun akan lebih baik untuk membersihkannya secara rutin.

Baca Juga: Cara Pemasangan Lantai Vinyl yang Tepat untuk Hasil Maksimal

Rak 

Pada bagian rak terbuka memang lebih mudah terpapar debu. Terlebih apabila Anda tidak membersihkannya secara rutin. Untuk itu, Anda dapat membersihkan rak terbuka menggunakan penyedot debu. Alat tersebut mampu menghisap tumpukan debu. Sehingga rumah Anda akan terbebas dari tumpukan debu.

Kran Air

Bagian rumah yang sering lupa dibersihkan lainnya pada bagian kran air. Kran air ini lama-kelamaan akan menjadi kotor apabila jarang membersihkannya. Hal yang perlu Anda lakukan dengan menyikat tubuh kran seluruhnya.

Pastikan Anda melakukannya secara pelan dengan lap halus. Sehingga kran air akan terbebas dari jamur, lumut, dan kuman yang menempel.

Bagian Bawah Furniture

Bagian bawah furniture serta dipan kasur menjadi tempat debu dan remah-remah sampah. Debu yang bersarang pada bagian tersebut tampak tebal dan menjadi sarang serangga. Untuk itu, Anda perlu membersihkannya secara rutin. Caranya dengan menggunakan vacuum cleaner, sapu, dan kain pel.

Baca Juga: Pagar Hebel Unik Minimalis: Berikan Sentuhan Damai Hunian Anda

Langit-langit

Langit-langit rumah juga termasuk bagian rumah yang sering lupa dibersihkan. Laba-laba tentunya sangat menyukai untuk membuat sarang pada bagian tersebut. Apabila Anda tidak dapat menjangkaunya, sebaiknya meminta bantuan pada petugas pembersih.

Menjaga kebersihan langit-langit menjadikan hal yang penting. Hal itu tidak memberikan kesan rumah yang kusam atau seperti tidak berpenghuni.

Pegangan Tangga

Pegangan tangga sangat sering tersentuh, sehingga menjadikannya tidak aman bagi tangan. Hal tersebut seringkali luput dari perhatian Anda. Apabila tidak terlalu kotor, Anda cukup membersihkan debunya saja.

Namun apabila terdapat banyak kotoran, Anda perlu menggunakan cairan untuk membantu membersihkan bakteri yang telah lama mengendap. Pastikan untuk memperhatikan bahannya agar tidak menyebabkan terjadinya kerusakan.

Dinding

Anda juga perlu memperhatikan lebih dekat bagian dinding rumah. Apabila dinding terlihat kusam, maka tandanya terlalu banyak debu yang menempel. Untuk itu, Anda perlu segera membersihkannya. Selain itu, juga jangan lupa bersihkan bagian saklar lampu yang tampak kotor.

Bagian rumah yang sering lupa dibersihkan dapat menjadi masalah untuk kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk selalu menjaga kebersihan rumah. Pastikan setiap rumah tidak luput dari perhatian Anda. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -