Minggu, Juli 3, 2022
BerandaBerita BanjarBBWS Citanduy Pastikan Kapasitas Air di IPA Balokang Patrol Kota Banjar

BBWS Citanduy Pastikan Kapasitas Air di IPA Balokang Patrol Kota Banjar

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- BBWS Citanduy pastikan kapasitas IPA Balokang Patrol, Kota Banjar, Jawa Barat mampu mencukupi kebutuhan air bersih hingga 30 ribu jiwa.

Kepala BBWS Citanduy Kota Banjar, Bambang Hidayah mengatakan, kapasitas 50 liter per detik sudah sampai pada IPA (Instalasi Pengolahan Air) bersih Balokang Patrol.

Sekarang ini tinggal upayanya dalam pemanfaatan instalasi tersebut supaya bisa bermanfaat untuk kebutuhan warga masyarakat.

Adapun untuk pemasangan sambungan ke rumah warga, kata Bambang, nanti teknis pemasangannya oleh Pemkot Banjar melalui Dinas PUPRKP.

“Kita sudah saksikan bersama bahwa 50 liter per detik sudah sampai pada instalasi pengolahan air. Tinggal sekarang memanfaatkan bagaimana agar 50 liter per detik itu bisa sampai ke masyarakat,” kata Bambang saat uji alir IPA Balokang Patrol, Kamis (28/10/2021).

Baca Juga : IPA Balokang Patrol Kota Banjar Resmi Diuji Alir Oleh BBWSC

Menurutnya, dengan kapasitas 50 liter per detik air baku cukup besar. Jika menghitungnya dalam 1 KK ada 7 jiwa tidak hanya mencukupi 4.000 KK saja, tapi juga bisa mencukupi kebutuhan air bersih sebanyak 30.000 jiwa yang bisa menikmati air bersih.

Kemudian, untuk kualitas air juga sudah melalui proses endapan pada IPA. Sehingga nantinya air yang sampai ke rumah warga sudah bersih.

Untuk antisipasi ketika sewaktu-waktu listrik sebagai alat tambahan mengalami gangguan, maka pihaknya juga sudah menyediakan mesin genset. Tujuannya agar operasional tetap bisa berjalan.

“Rencana IPA yang kami bangun ini sebetulnya menjadi 100 liter per detik. Hanya kami juga harus ada keseimbangan. Karena yang melaksanakan pembangunan penyedia air bersih ini bukan hanya kami saja. Tetapi juga ada instansi terkait lainnya,” tandas yang lain,” tandas Bambang. (Muhlisin/R3/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -